PT Rifan Financindo – 3 Tips Menjaga PIN Kartu ATM Agar Gak Kebobolan

3 Tips Menjaga PIN Kartu ATM Agar Gak Kebobolan – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Menjaga Nomor identifikasi pribadi atau personal identification number (PIN) sangatlah penting, terutama untuk PIN kartu ATM agar rekening gak kebobolan.

Nah, menjaga PIN itu tak hanya dengan merahasiakan dari orang lain, tapi ada juga tips lain, lho!

Menurut Cyber Security Analyst Samsaraji Deyanbunayya alias Deyan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan PIN kartu ATM. Bagaimana caranya?

1. Jangan buat PIN yang punya kaitan dengan data diri

Deyan menegaskan, nomor atau huruf yang digunakan dalam PIN jangan sampai berkaitan dengan identitas atau data diri. Hal ini bisa memberikan peluang lebih besar untuk para hacker membobol kartu ATM kita.

“Jangan pakai data pribadi kita. Masih banyak saya temui orang pakai PIN ATM pakai tanggal lahir, tanggal pernikahan, atau nomor telepon rumahnya, itu sering banyak saya temui. Jadi selalu pakai nomor random, dan jangan sampai nomor itu terasosiasi dengan diri kita,” terang Deyan kepada IDN Times.

2. Ganti PIN kartu ATM secara berkala

Mengganti PIN secara berkala sangatlah disarankan agar kartu ATM terjaga dengan aman. Deyan mengatakan, tips ini pun selalu disarankan oleh masing-masing perbankan.

Dengan mengganti secara berkala, maka kartu ATM milik kamu bisa terhindar dari percobaan pembobolan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

“Kalau ganti secara berkala, logikanya kalau ada penjahat mencoba cari tahu PIN kita berulang kali, kalau kita gak ganti, suatu saat dia akan sampai pada posisi dia tahu PIN kita. Kalau kita ganti, orang itu sudah ketemu PIN lama kita, kita sudah ganti, dan dia bakal gagal, harus mengulang dari awal, dan itu terus menerus. Jadi dia sudah mau finish, ulang lagi dari start,” kata pria yang juga aktif membuat konten edukasi di Instagram¬†@deyanbunayya tersebut.

Nah, agar lebih aman Deyan menyarankan untuk melakukan pergantian PIN minimal tiga bulan sekali. Dia mengingatkan sekali lagi, jangan buat PIN yang ada kaitan dengan identitas pribadi.

3. Simpan PIN di tempat yang aman

Tentunya mengganti PIN secara berkala juga bisa memberikan kesulitan pada pemilik kartu ATM untuk menghafalkannya. Nah, Deyan menyarankan untuk simpan PIN kartu ATM di tempat yang aman agar kamu tidak lupa.

Tempat yang aman itu bisa ditulis di kertas, lalu kertas tersebut disimpan di tempat yang paling aman. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi di handphone yang bisa menyimpan PIN dengan aman.

“Untuk menyimpannya biar gak gampang lupa, ya selalu dicatat. Kalau di kertas, ya kertas tersebut simpan di tempat yang aman, atau pakai password manager. Karena password manager itu ada fitur untuk menyimpan kartu. Jadi kartunya, PIN, disimpan dalam situ, saya menyarankan Bit Warden itu bagus,” pungkas Deyan – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : idntimes.com

Rifan Bandung