0

PT Rifan Financindo Berjangka – 3 Tips Scaling Tim Ini Perlu Diketahui Startup

3 Tips Scaling Tim Ini Perlu Diketahui Startup – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Sebagai startup, kamu perlu memperhatikan setiap langkah yang akan diambil untuk mengembangkan dan memajukan startup-mu. Salah satu cara untuk meningkatkan bisnismu adalah dengan melakukan scaling pada tim.

Jika saat ini kamu merasa perlu meningkatkan jumlah anggota tim kamu, ada beberapa tip yang perlu kamu perhatikan, agar kamu tidak termasuk startup yang prematur dalam scaling. Berikut tips menambah jumlah tim, seperti dikutip dari TechinAsia.com.

1. Carilah ahli yang bisa mendorong tim terus maju

Engineering Director Facebook, Tim Howes, sempat berbagi pengalaman dan tip melakukan scaling di acara First Round CTO Summit. Berdasarkan pengalamannya memimpin tim engineering pada beberapa startup sebelum bekerja di Facebook, memahami psikologi dan cara mengelola sumber daya manusia (SDM) merupakan langkah yang amat krusial.

Howes mengidentifikasi tiga penyesuaian yang perlu dipertimbangkan saat melakukan scaling tim engineering:

Memiliki engineer ahli merupakan suatu keunggulan, tetapi itu saja tidak cukup. Peningkatan jumlah anggota tim dalam perusahaan lebih membutuhkan orang yang punya inisiatif membagikan insight kepada timnya, bukan sekadar ahli dalam pekerjaannya.

Tak hanya memecahkan masalah, tim engineer dalam perusahaan yang melakukan scaling juga dituntut untuk bisa mengukur dan menganalisis penyebab masalah muncul daripada sekadar mengidentifikasi dan menanganinya.

Semakin besar perusahaanmu, kamu memerlukan engineer yang memiliki skill yang bagus, sekaligus sanggup menularkannya secara cepat kepada seluruh anggota tim.

Jika kamu melihat seseorang dengan pengaruh seperti ini, beri mereka penghargaan dan sediakan platform agar ia bisa melakukan lebih banyak lagi.

2. Pentingnya soft skill, culture, dan komunikasi yang efektif

Sejalan dengan peningkatan jumlah anggota tim engineering di perusahaanmu, kamu perlu menemukan cara yang tepat untuk menanamkan soft skill, culture, dan pola komunikasi yang efektif.

Perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran, Stripe, membagikan strategi untuk membiasakan hal tersebut kepada para anggota baru:

Untuk seluruh karyawan baru, Stripe mengadakan Stripe 101, yaitu program orientasi umum yang memungkinkan mereka untuk mengenal perusahaan sekaligus berkolaborasi dengan karyawan dalam berbagai fungsi.

Bagi anggota engineering, Stripe telah menyiapkan panduan khusus mengenai beberapa tool, seperti GitHub atau JIRA, serta aktivitas umum lain seperti review kode pemrograman.

Penyediaan panduan ini bertujuan mempermudah tiap anggota tim untuk menyetujui proses di tahap awal pengembangan, meminimalkan persetujuan secara lisan, serta mempercepat proses scaling.

3. Pendekatan berbeda untuk tiap tim

Setiap perusahaan tentunya memiliki strategi yang tidak selalu sama dalam melakukan scaling terhadap tim engineering masing-masing. Beberapa tip di atas bisa jadi kurang sesuai untuk diterapkan pada tim pengembangan produkmu.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari strategi yang berbeda di setiap perusahaan, sehingga kamu bisa menemukan kiat yang paling tepat untuk melakukan scaling pada tim kamu.

Sumber : investing.com

Rifan Bandung

Leave a Reply