PT Rifan Berjangka – Jadi Freelance? Jangan Sampai Ganggu Pekerjaan Utama, Simak 5 Tips Ini

Jadi Freelance? Jangan Sampai Ganggu Pekerjaan Utama, Simak 5 Tips Ini – PT Rifan Berjangka

PT RIFAN BERJANGKA BANDUNGTerkadang, gaji dari hanya menggeluti sebuah pekerjaan pokok saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Terlebih, masa pandemi Covid-19 yang belum usai kini juga menambah beban perekonomian kita. Mau tidak mau, kita membutuhkan penghasilan tambahan.

Selain dengan berwirausaha, salah satu cara yang biasanya kita ambil untuk memperoleh penghasilan tambahan adalah dengan menjadi seorang freelance atau pekerja lepas. Dimana, menjadi freelance dapat dilakukan dengan waktu yang lebih leluasa dibanding pekerjaan utama.
Meski begitu, terkadang beberapa orang justru terganggu pekerjaan utamanya karena malah jatuh dalam kesibukkan menjadi freelance. Terlebih, dengan adanya pekerjaan tambahan, otomatis waktu dan tenaga yang terkuras juga lebih banyak.
Lantas, bagaimana tips untuk menjadi freelance tanpa harus mengganggu konsentrasi pekerjaan utama?

1.Ambil jenis pekerjaan yang tak lebih berat dibanding pekerjaan utama

Karena disebutnya sebagai pekerjaan sampingan, maka jangan sampai mengambil jenis pekerjaan yang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar dibandingkan pekerjaan utama. Jangan sampai pekerjaan sampingan menjadikan kita lelah sehingga malah mengacaukan pekerjaan utama alih-alih membantu menambah suntikan dana.
Sesuaikan dengan tenaga dan waktu yang kita keluarkan di pekerjaan utama. Semisal pekerjaan utama kita adalah karyawan kantoran, maka untuk pekerjaan sampingannya kita bisa mengambil pekerjaan yang lebih condong ke hobi dan menyenangkan, seperti fotografer lepas atau penulis artikel misalnya.

2.Kerjakan usai pekerjaan utama tuntas

Meski freelance merupakan bentuk pekerjaan sampingan yang notabene santai, terkadang terdapat waktu-waktu dimana kita dikejar tuntutan dari tempat kita bekerja lepas. Misal jadi penulis artikel di media, kita diminta untuk mengirim tulisan sesegera mungkin.
Maka dari itu, alangkah lebih baiknya apabila pekerjaan sampingan itu langsung kita kerjakan usai pekerjaan utama kita tuntas. Hal ini guna menghindari penumpukan pekerjaan yang mampu membuat diri kita kacau, bahkan berdampak ke pekerjaan utama kita.
Meskipun lelah karena waktu istirahat setelah pekerjaan utama agak berkurang karena digunakan untuk freelance, namun hal itu adalah konsekuensi yang harus kita ambil.

3.Gunakan akhir pekan dan hari libur

Konsekuensi dari menambah pekerjaan dengan menjadi freelance adalah terpakainya waktu yang lebih banyak. Bahkan bisa jadi mengambil jatah waktu di hari libur. Terlebih bila proyek freelance sedang menumpuk.
Meski begitu, hal tersebut jauh lebih baik bagi kita yang membutuhkan penghasilan tambahan dibandingkan dengan membuang waktu libur untuk hal-hal yang kurang bermanfaat atau bahkan menguras biaya.

4.Hindari kerja sampingan di tempat kerja utama

Bekerja sampingan bukan berarti mengacaukan pekerjaan utama kita, terlebih kita menggarap dua pekerjaan sekaligus di kantor tanpa persetujuan dari atasan. Banyak atasan yang tidak akan mengizinkan kita untuk mengambil pekerjaan sampingan di tempat pekerjaan utama kita.
Selain karena alasan profesionalitas, hal tersebut juga dapat merusak konsentrasi kita untuk pekerjaan utama. Meskipun terdapat waktu luang di kantor, sebaiknya jangan dicampur adukkan dengan freelance.

5.Disiplin

Karena kita butuh mengorbankan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk lebih dari satu pekerjaan, maka sudah seharusnya kita bersikap disiplin. Hal ini berguna agar baik waktu maupun kondisi kita tidak kacau untuk dapat melaksakan seluruh pekerjaan tersebut.
Disiplin seperti tidur dan bangun tepat waktu, istirahat dan makan yang cukup, tidak berlebihan namun efektif, serta mengatur waktu dan kondisi kita seefisien mungkin supaya seluruh pekerjaan kita berjalan lancar tanpa harus merusak diri kita sendiri.
Yang terpenting adalah menjaga kesehatan. Karena apabila kita sakit, baik pekerjaan utama maupun freelance tidak akan mampu kita lakukan. Sebaliknya apabila tubuh kita sehat dan kuat, kita akan mampu melalui berbagai jenis pekerjaan meskipun berat – PT RIFAN BERJANGKA
Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung