PT Rifan Financindo Berjangka – 5 Tips Mengendalikan Emosi Di Tempat Kerja, Bikin Kerja Lebih Menyenangkan

5 Tips Mengendalikan Emosi Di Tempat Kerja, Bikin Kerja Lebih Menyenangkan – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNGPerempuan dikenal sebagai makhluk hidup yang sulit untuk mengontrol emosinya ketika berada dalam kondisi yang marah, kecewa, ataupun sedih. Saat di tempat kerja sekalipun, tidak dapat dipungkiri bahwa mengendalikan atau mengontrol emosi akan menjadi hal yang semakin sulit.

Terlebih apabila kamu bertemu dengan rekan kerja yang dirasa memiliki ketidakcocokan sifat denganmu sehingga seringkali memicu perdebatan. Jika sudah seperti itu, sebagai seseorang yang profesional, kamu harus mengendalikan emosi agar pekerjaan jadi tidak terganggu.
Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengendalikan emosi di tempat kerja agar tetap terlihat profesional? Mengutip Healthxchange, berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa tips untuk kamu.

1. Tenangkan diri terlebih dahulu

Ketika berada di situasi yang membuat emosi kamu terpancing, akan lebih baik kamu menenangkan diri terlebih dahulu dengan menarik napas dan pelan-pelan mengeluarkannya. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan otomatis emosi akan mereda daripada sebelumnya.
Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan lagu atau berbicara dengan seseorang yang dapat menenangkanmu. Meski dirasa sulit, cara seperti ini juga bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih jernih dan bisa bertindak positif.

2. Jangan mengambil keputusan

Ketika berada dalam emosi yang tidak terkendali, jangan sekali-sekali kamu mengambil keputusan. Sebab keputusan yang diambil hanyalah pemikiran pendek yang kemungkinan besar akan kamu sesali.
Dibandingkan mengambil sebuah keputusan, akan lebih baik untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu. Jika pikiran dirasa sudah lebih jernih, pikirkan kembali keputusan yang kamu buat secara matang termasuk risikonya.

3. Saling menghormati

Satu hal yang membuat emosi di dalam diri muncul adalah perbedaan pendapat yang tidak bisa diterima oleh salah satu pihak. Alih-alih menunjukkan perasaan tidak suka dengan pendapat yang dilontarkan, akan lebih baik apabila kamu menghargai pendapat itu terlebih dahulu.
Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menghambat emosi yang hampir saja muncul dan membuat kamu menjadi sosok yang profesional dengan menghargai pendapat satu sama lain.

4. Ucapkan maaf

Apabila kamu mengalami ledakan emosi yang cukup besar, sebaiknya segera meminta maaf kepada seluruh rekan kerja yang terkait agar tidak ada gap di antara pihak-pihak lain. Dengan meminta maaf pun kamu sudah menjadikan diri sendiri menjadi pribadi yang lebih dewasa.
Permintaan maaf juga membawa kamu tidak terlarut dalam emosi yang terlalu lama. Sehingga kamu akan lebih mengerti cara untuk mengontrol emosi untuk ke depannya agar tidak terulang kembali.

5. Alihkan pikiran dengan berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk mengalihkan pikiran terbaik agar tidak terlalu berlarut dalam emosi negatif. Terlebih olahraga menghasilkan endorfin yang mampu membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia.
Pikiran bahagia akan menghilangkan emosi negatif yang sebelumnya menguasai diri. Sehingga emosi kamu yang sebelumnya merajalela akan secara perlahan mereda – PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung