Rifan Financindo Berjangka – 5 Tips Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara Kerja

5 Tips Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara Kerja – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Alasan melamar pekerjaan sering kali menjadi pertanyaan ketika kita menjalani wawancara kerja. Jawaban atas pertanyaan alasan melamar pekerjaan bisa sangat luas dan jawaban yang baik bisa meningkatkan peluang kita untuk diterima di perusahaan tersebut.
Ketika mendapatkan pertanyaan ini pada sesi wawancara kerja, kita mungkin berpikir bahwa pewawancara ingin mengetahui apa yang kita ingin lakukan untuk pekerjaan selanjutnya.
Anggapan ini tidak salah. Sebab, perusahaan tentu ingin memastikan apakah tujuan karir kita selaras dengan kebutuhan mereka. Namun, pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan sebetulnya juga mengukur seberapa banyak kita mengetahui informasi tentang perusahaan yang dilamar, misinya, dan bagaimana perusahaan itu beroperasi.
Alasan melamar pekerjaan sebetulnya merupakan bentuk pertanyaan berbeda dari “mengapa Anda ingin bekerja di sini?”. Pewawancara ingin tahu apakah kita sudah berinisiatif untuk mempelajari perusahaan dan memikirkan apa yang membuat kita tertarik bekerja untuk mereka.
Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang dapat diterapkan:

1. Pelajari tentang perusahaan

Pewawancara ingin kita menanggapi dengan pernyataan yang menunjukkan bahwa kita sudah melakukan riset sebelumnya tentang perusahaan mereka. Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita mengetahui setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar. Kita juga mungkin perlu membaca beberapa artikel baru tentang perusahaan tersebut untuk memahami tujuan dan proyek yang sedang berlangsung di sana. Selain itu, pastikan pula membaca ulang lowongan pekerjaan yang dilamar. Jadi, ketika menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan, kita bisa menyebutkan aspek-aspek perusahaan secara spesifik dan posisi yang menarik bagi kita.

2. Jelaskan mengapa cocok untuk posisi tersebut

Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan adalah menjelaskan mengapa kita cocok dengan pekerjaan yang dilamar. Untuk mempersiapkan jawabannya, buatlah daftar syarat pekerjaan yang ada dalam lowongan pekerjaan, kemudian catat persyaratan mana yang sesuai dengan pengalaman dan keahlian kita. Ketika menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan, soroti beberapa kemampuan kita yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Kita juga bisa menyertakan contoh sukses dari pekerjaan sebelumnya.

3. Jelaskan apa yang bisa kita kontribusikan

Jawaban atas pertanyaan alasan melamar pekerjaan juga harus menekankan tentang apa yang bisa kita kontribusikan untuk perusahaan. Sebutkan keterampilan atau pengalaman kerja apa pun yang membuat kita menjadi kandidat unik dan kuat untuk mendapatkan posisi tersebut. Jika memungkinkan, gunakan angka untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi kita untuk menambah nilai bisnis perusahaan mereka. Misalnya, jika di perusahaan sebelumnya kita pernah melakukan suatu proyek yang dapat menghemat pengeluaran perusahaan, katakan bahwa kita juga ingin melakukan hal serupa untuk perusahaan mereka.

4. Hindari fokus pada diri sendiri

Ketika menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan, hindari terlalu fokus pada diri sendiri. Sekalipun yang diungkapkan adalah fakta, hindari menyebut gaji, jam kerja, atau perjalanan kerja sebagai alasan utama kita menginginkan pekerjaan tersebut. Ingatlah bahwa kita perlu fokus mengungkapkan bagaimana kita bisa membantu perusahaan untuk lebih untung dan sukses, bukan bagaimana perusahaan itu bisa menguntungkan kita.

5. Jangan banyak mengulangi apa yang ada di CV

Meskipun dalam menjawab alasan melamar pekerjaan pewawancara akan menyinggung sedikit tentang pengalaman kerja, mereka melakukannya hanya untuk mengetahui bahwa kandidat memenuhi kualifikasi minimal. Sekali lagi, fokusnya adalah pada perusahaan yang akan memekerjakan kita dan nilai apa yang kita bisa berikan kepada mereka. Jadi, usahakan selektif dan ringkas dalam membahas atau membagikan tentang riwayat pekerjaan kita – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : kompas.com

Rifan Bandung