PT Rifan – 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Menabung Mulai Sekarang

7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Menabung Mulai Sekarang – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Dengan kredit yang begitu mudah didapat, mengapa ada orang yang mau menabung dan membeli dengan uang tunai? Jika Anda menginginkan sesuatu, kemudian dapat membayarnya tentu akan menyenangkan. Namun, kita tidak tau berapa lama uang kita bertahan.

Menabung merupakan salah satu alternatif agar Anda selalu memiliki uang untuk disimpan yang digunakan untuk keadaan darurat atau bekal masa depan, berikut sepuluh alasan mengapa Anda harus menabung

1. Mandiri Secara Finansial

Tongkat pengukur untuk menjadi kaya berbeda tergantung dengan siapa Anda berbicara. Namun, satu hal yang dimaksud dengan kaya bagi kebanyakan orang adalah memiliki kemandirian finansial dan menabung untuk diandalkan. Memanggil kesempatan Anda sendiri, secara finansial, berarti memiliki kebebasan untuk membuat pilihan dalam hidup terpisah dari mendapatkan gaji pokok.

Ini dapat digunakan untuk berlibur kapan pun Anda mau, meninggalkan pekerjaan dan kembali ke sekolah untuk berganti karier, memulai bisnis atau berinvestasi.

2. Membeli Barang Sesuai Pilihan

Jika mengandalkan kartu kredit untuk membiayai gaya hidup, hentikan kebiasaan kredit mahal dengan menabung sebelumnya untuk pembelian Anda. Dengan tabungan, Anda dapat membeli barang-barang saat obral dan meluangkan waktu untuk membuat pilihan pengeluaran yang lebih baik. Orang yang memiliki tabungan juga dapat menimbun bahan makanan saat sedang diobral.

3. Beli Rumah

Bank tidak akan meminjamkan uang untuk membeli rumah kecuali Anda memiliki uang muka.  Biasanya, uang muka minimal harus 5 persen dari harga beli rumah, dan kemudian bank akan mempertimbangkan untuk meminjamkan 95 persen lainnya kepada Anda.

Ada berbagai macam biaya dan ongkos lain yang perlu bayarkan saat membeli rumah, jadi perlu tambahan uang lagi hanya untuk biaya-biaya tersebut. Tabungan inilah yang akan membuka pintu untuk memiliki rumah.

4. Beli Mobil

Saat ingin atau perlu membeli mobil baru, Anda perlu memiliki uang muka untuk mendapatkan pinjaman mobil dengan tingkat bunga yang wajar. Tentu saja dapat “meminjam” uang dari kartu kredit. Namun, bagaimana hal itu membuat Anda maju?

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menabung sebesar yang Anda mampu, dan kemudian mempertimbangkan pilihan. Mungkin membeli mobil bekas yang berkualitas daripada yang baru akan menjadi cara yang diperlukan untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan.

5. Keluar dari Utang

Jika ingin keluar dari hutang, harus memiliki simpanan uang. Kedengarannya ironis, namun kartu kredit tidak akan pernah lunas jika terus digunakan untuk setiap segala hal.

Jadi sebelum mulai secara agresif melunasi kartu kredit, Anda harus menabung hingga  sebagai dana cadangan. Kemudian ketika hal-hal yang tidak terduga muncul, Anda dapat membayarnya dari dana cadangan yang ada. Mempertahankan dana cadangan juga akan membantu memperhatikan jika pengeluaran semakin tidak terkendali.

6. Bisa Kehilangan Pekerjaan Kapan pun

Di saat-saat baik, semua orang berpikir bahwa pekerjaan mereka aman, tetapi di saat-saat buruk, banyak yang mulai menyadari bahwa hal-hal buruk dapat menimpa siapa saja. Anda bisa tiba-tiba kehilangan pekerjaan, bisnis, atau mungkin terluka secara fisik atau psikologis.

Semua hal ini dapat terjadi pada Anda. Kemudian ketika akhirnya mendapatkan penghasilan, apa yang dulu cukup tidak membuat bertahan karena Anda memiliki semua pembayaran hutang baru yang harus dilakukan setiap bulan.

7. Memiliki Kehidupan yang Baik

Ada konsekuensi emosional, psikologis dan fisik yang sangat besar untuk selalu hidup dengan stres, dari tangan ke mulut, bayar cek untuk bayar. Orang yang tidak merencanakan masa depannya tampaknya lari dari krisis ke krisis.

Ada sedikit kebenaran yang diketahui bahwa kebahagiaan bisa datang dari keteraturan. Menjadi terorganisir tidak akan membuat bahagia dengan sendirinya, tetapi pasti bisa membantu.

Ada begitu banyak di masa depan yang tidak dapat dikendalikan, jadi menyisihkan uang untuk dibelanjakan saat Anda membutuhkannya sebenarnya adalah mengatur dan mengendalikan masa depan dan urusan keuangan. Anda tidak akan rugi dengan menabung dan setelah itu akan mendapatkan masa depan yang lebih bahagia – PT RIFAN

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung