Rifan Financindo – 7 Tips Cerdas Ini Bisa Membuatmu Belajar Dengan Efektif

7 Tips Cerdas Ini Bisa Membuatmu Belajar Dengan Efektif – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Setiap orang diwajibkan untuk belajar dan menuntut ilmu. Oleh karena itu, kamu harus bisa memprioritaskan belajar meskipun dengan keadaan yang tidak memungkinkan, salah satunya seperti pandemi sekarang.

Belajar merupakan hal sudah biasa, bahkan banyak orang melakukan segala cara agar bisa belajar. Tapi, kadang kala kamu tidak dapat memahami apa yang telah disampaikan oleh guru atau si pemateri. Dan juga hal ini diperparah dengan keadaan sekarang yang mengharuskan kamu untuk belajar dari rumah menggunakan media online atau biasa disebut belajar secara daring.

Nah, ada tujuh tips nih untuk kamu yang kesulitan belajar dari rumah. Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1. Buat suasana senyaman mungkin

Jika kamu ingin belajar dengan tenang dan bisa memahami materi yang disampaikan dengan jelas, kamu harus bisa mengusahakan suasana yang ada di sekitarmu nyaman. Hal ini akan membuat mood menjadi lebih baik dan juga menambah semangat. Selain itu, membuat suasana yang nyaman juga bertujuan untuk menghilangkan rasa malas dalam diri. Bahkan beberapa orang menyarankan agar mandi dan bersiap terlebih dahulu sebelum belajar daring karena akan membantu menaikkan fokus dan kesiapan mental.

2. Merangkum pembelajaran

Saat pembelajaran online dimulai, kamu bisa mulai mendengarkan dan memahami materi yang disampaikan sambil menuliskan pokok-pokok materinya dalam catatan kecil. Hal ini bertujuan agar setelah pembelajaran selesai kamu bisa kembali mengulang dan mengingat apa yang telah disampaikan oleh guru atau si pemateri.

Saran, lebih baik mencatat pokok materi di buku catatan kecil agar lebih efisien dan mudah saat ingin memahami materi yang telah disampaikan tadi.

3. Gunakan metode klasifikasi

Metode klasifikasi ini adalah metode untuk mencocokkan suatu hal dengan hal yang mudah diingat. Seperti saat pemateri memberikan pengetahuan tentang hal ini, kamu bisa langsung mengklarifikasikan hal tersebut kepada hal yang kamu ketahui atau mudah untuk diingat. Dengan begitu, ingatanmu akan suatu materi yang telah disampaikan akan semakin baik dan mudah untuk dipahami.

4. Belajar menggunakan waktu

Belajar dengan menggunakan adalah metode pembelajaran yang memungkinkan kamu agar dapat mengatur waktu untuk belajar dan mengatur waktu untuk istirahat. Dengan melakukan hal ini, kamu akan dituntut untuk belajar dengan rutin tapi dengan waktu yang singkat. Keunggulan dari metode ini akan membuat orang yang melakukannya menjadi lebih fokus dan giat dalam belajar sehingga akan mudah untuk memahami suatu materi.

5. Memahami bukan menghafalkan

Tips ini kadang menjadi salah paham untuk sebagian pelajar. Banyak dari mereka yang suka menghafal, padahal menghafal akan memakan banyak waktu dan juga pikiran. Untuk itu, saat melakukan pembelajaran cukup pahami saja hal yang disampaikan dan bukan dihafalkan. Tips ini bertujuan untuk mempersingkat waktu dalam pembelajaran dan juga bisa meningkatkan daya ingat akan suatu hal.

6. Belajar dengan praktik

Tips ini adalah opsional, jika materi yang disampaikan bisa dipraktikkan oleh kamu tanpa ada kendala maka lakukan saja. Tapi, jika materi yang disampaikan tidak bisa dipraktikkan atau saat akan kamu melakukan praktik akan ada banyak kendala yang muncul maka jangan memaksakan diri. Hanya gunakan tips ini agar materi yang kamu pahami lebih mudah lagi untuk kamu mendalaminya dengan praktik sederhana yang kamu lakukan.

7. Belajar bersama teman

Bukan hanya menguras pikiran, belajar di rumah juga sangat menguras mental. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama. Dan jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa menghubungi mereka dan bercengkerama lewat media online. Selain bertujuan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih baik, kamu juga bisa berbagi pendapat tentang materi yang disampaikan.

Kamu bisa coba agar bisa belajar dengan efektif dan efisien meskipun hanya belajar dari rumah. Sekian saja untuk tips pembelajarannya, semoga membantu dan juga tetap semangat belajar online-nya – RIFAN FINANCINDO

SumberĀ  : idntimes.com

Rifan Bandung