Rifan Financindo Berjangka – Begini Cara Benar Membangun Koneksi Dengan Rekan Bisnis

Begini Cara Benar Membangun Koneksi Dengan Rekan Bisnis – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Koneksi dalam bisnis menjadi hal terpenting demi menggapai kesuksesan. Memiliki koneksi yang tepat dapat membuat perbedaan besar antara bisnis Anda bisa diterima atau tidak.

Ketika datang untuk membuat koneksi tersebut dan belajar tentang peran pekerjaan, jaringan adalah kuncinya. Tentu, kredensial masih penting, tetapi jika seseorang tahu cara membuat jaringan dengan benar, mereka memiliki keuntungan yang akan menjadi manfaat serius sepanjang kehidupan profesional mereka.

Jangan hanya membangun jaringan saat Anda membutuhkan pekerjaan. Menjangkau jaringan hanya saat membutuhkan sesuatu tidak akan membantu menumbuhkan koneksi yang asli.

Jaringan harus tentang membangun hubungan yang saling menguntungkan, bukan yang melayani diri sendiri.

Melansir dari laman lifehack, berikut cara-cara membangun koneksi dengan baik dan benar.

1. Buatlah Daftar Yang Sudah Kenal

Ada kemungkinan besar Anda sudah mengenal lebih banyak orang daripada yang kita kira. Salah satu cara terbaik untuk membangun jaringan dan memperluas koneksi adalah dengan menghubungkan kembali dengan orang-orang yang sudah kenal sebelumnya.

Idenya di sini adalah memulai dengan siapa yang sudah Anda kenal terutama mereka yang mungkin ada atau memiliki koneksi ke bidang karier. Membuat jaring lebar lebih baik daripada satu.

2. Menjangkau Koneksi Yang Sudah Ada

Mulailah untuk membangun komunikasi kembali dengan beberapa orang yang sebelumnya adalah koneksi lama Anda. Percayalah bahwa mereka mungkin akan senang bertukar kabar dan mengobrol kembali bersama.

Ini bukan hanya tentang siapa yang Anda kenal, tetapi siapa yang mereka kenal juga. Tanyakan apakah mereka mengenal seseorang di bidang terkait yang dapat mereka perkenalkan kepada Anda.

Ingat, orang yang kita kenal adalah sekutu dalam hal memperluas jaringan dan membangun hubungan profesional baru.

3. Dengarkan dan Belajar

Memperluas dan membangun jaringan koneksi yang kuat melibatkan pola pikir yang berfokus pada mendengarkan dan belajar. Tunjukkan bahwa Anda memiliki minat alami pada orang lain dan apa yang mereka lakukan.

Jika orang tersebut bekerja di bidang yang sama, ini saatnya mengajukan beberapa pertanyaan tentang seperti apa peran mereka atau saran apa pun yang mungkin mereka miliki tentang bidang tersebut. Belajarlah mendengar dua kali lebih banyak daripada bicara.

4. Tunjukkan Kesuksesan 

Ada kemungkinan bagus bahwa pada suatu saat selama berjejaring, seseorang akan bertanya tentang apa yang Anda lakukan. Ini adalah kesempatan untuk berbagi apa yang spesial. Ceritakan apa yang telah Anda lakukan di masa lalu dan mengapa menyukai bidang tersebut.

5. Menindaklanjuti dan Memupuk Koneksi

Orang-orang tidak hanya duduk sambil memikirkan cara-cara yang bisa mereka tawarkan untuk pekerjaan yang bagus. Anda harus mempresentasikan kemungkinan hal itu terjadi dan ini berarti tetap berhubungan dengan koneksi tersebut.

Luangkan waktu untuk sesekali menyentuh dan mempertahankan koneksi baru, tetapi bersabarlah. Ingat, membangun jaringan dengan cara yang benar adalah tentang membina hubungan profesional secara organik.

6. Jadikan Everyday Networking Bagian dari Hidup

Tidak ada alasan untuk menunggu acara jejaring besar, ada peluang untuk berjejaring, membangun, dan memperkuat koneksi setiap saat. Jadikanlah tujuan Anda untuk menjangkau beberapa kontak lama yang mungkin hilang. Berkomunikasilah dengan tetangga pria atau wanita dengan ditemani secangkir kopi, dan lakukan itu berulang kali.

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung