PT Rifan Financindo Berjangka – Beragam Tips Hadapi Musim Hujan Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Beragam Tips Hadapi Musim Hujan Yang Sebaiknya Kamu Tahu – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Musim hujan sudah tiba dengan membawa beragam masalah yang harus kita hadapi. Masalah jamur hingga kebocoran atap dan dinding lembab, seringkali menghantui kita di musim ini.
Belum lagi musim hujan yang memengaruhi kondisi furnitur, pakaian, barang-barang listrik kita dan sebagainya, terutama jika kita tinggal di dekat laut. Tapi jangan khawatir, beberapa tindakan pencegahan dapat membantu kita semua menghindari dampak musim hujan tahunan. Berikut adalah lima tips yang bisa membantumu menghadapi musim hujan

1. Perawatan Pakaian

Seperti kita tahum pakaian harus dicuci, dikeringkan, dan disimpan dengan benar sepanjang tahun, ini terutama saat musim hujan. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengeringkan pakaian di musim hujan. Hal ini membuat pakaian sering berbau tak sedap. Namun sebenarnya, bau tak sedap yang tak terhindarkan dari pakaian selama musim hujan dapat dan harus dicegah. Mencuci pakaian secara teratur selama musim hujan saja tidak cukup. Tapi kadang-kadang, mencuci pakaian secara berlebihan membuat pakaian cepat rusak. Karenanya, kamu harus menggunakan detergen sesuai dengan takaran, terutama untuk kamu yang menggunakan mesin cuci. Untuk menghindari bau tak sedap, kamu bisa menambahkan sedikit cuka pada tahap pencucian. Cuka akan membantu menghilangkan bau, saat pakaian tidak langsung kering.

2. Menyimpan makanan

Penyimpanan makanan harus diperhatikan selama musim hujan. Keripik yang tak lagi renyah, atau adanya jamur pada toples selai menandakan adanya masalah kelembaban karena musim hujan.
Untuk itu gunakanlah wadah kedap udara agar kamu bisa menyimpan makanan lebih lama. Lapisi juga toples dengan kertas tisu serap minyak untuk mencegah kelembaban yang membuat makanan kering tak lagi renyah. Kertas blotting adalah kertas yang sangat menyerap yang sering digunakan untuk blotting zat yang berbeda untuk menghilangkan kelebihan cairan. Kamu bisa dengan mudah membungkus kue, keripik, sereal, dll. dalam kertas tisu dapur selama musim hujan agar tetap segar. Pastikan disimpan di tempat kering alias wadah kedap udara. Selanjutnya, simpanlah sayuran berdaun di gulungan koran. Cara ini sangat berguna selama musim hujan untuk mencegah kelembaban berlebih dan mencegah pembusukan.

3. Perawatan furnitur

Selama musim hujan, furnitur kayu, kayu lapis (lemari, pintu, pagar, dll), dan pelapis cenderung rusak karena kelembaban di udara. Perabotan bahkan mungkin menjadi pengap dan penuh dengan jamur dan rayap. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan bola kapur barus, cengkeh atau daun nimba di lemari untuk mencegah kelembapan. Jika kamu ingin mencegah furnitur kayu membengkak di musim hujan (karena penyerapan air), sebaiknya gunakan lilin semprot atau minyak di atasnya. Cara ini benar-benar bekerja, jadi cobalah di rumah.

4. Mengatasi serangga

Lingkungan yang hangat dan lembab selama musim hujan sangat cocok untuk berkembang biaknya serangga dan hewan pengerat. Beberapa serangga ini juga memiliki kemampuan untuk merusak furnitur, dinding, dan lain-lain. Untuk itu, kamu harus melakukan pencegahan agar serangan hewan ini tidak akan merusak perabotan dan juga mengganggu kesehatan keluarga. Yang pertama, hindari genangan air di rumah selama musim hujan, jangan ada ember air di kamar mandi, pendingin air terbuka, dan tanpa penutup. Pasalnya, wadah air yang terbuka akan digunakan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk. Ide lain yang bisa kamu coba adalah memasang kelambu sehingga ventilasi yang memadai dipastikan sambil mengusir nyamuk.

Menjaga kamar mandi tetap bersih dan kering setiap saat dan menutup saluran air juga memastikan perlindungan dari serangan serangga.

5. Mencegah jamur di dinding

Jamur yang menyebabkan kotor dan kehitaman seringkali terlihat di dinding selama musim hujan. Selain tidak indah, jamur hitam juga tidak sehat dan memiliki efek samping yang berbahaya. Jadi, kamu perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah pertumbuhan jamur terjadi. Salah satunya adalah dengan menggunakan pemutih untuk menghilangkan jamur pada dinding dan ubin. Pemutih adalah cairan yang membantu dalam membunuh organisme seperti jamur. Cara lainnya adalah menggosok area yang terkena dengan larutan boraks dan cuka. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memperbaiki kebocoran di dapur dan kamar mandi dan memasang kipas pembuangan kamar mandi. Ini akan membantu mencegah risiko dinding lembab selama musim hujan – PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Sumber : kompas.com

Rifan Bandung