Bursa Eropa Akhir Pekan Naik

RIFAN FINANCINDO – Bursa Eropa Akhir Pekan Naik

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Bursa Saham Eropa ditutup naik lebih tinggi pada akhir perdagangan akhir minggu hari Jumat, setelah investor menyambut berita bahwa Amerika Serikat telah menciptakan 287.000 pekerjaan selama bulan Juni.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.590,64, meningkat 56,85 poin atau 0,87%
Indeks DAX berakhir di posisi 9.629,66, meningkat 210,88 poin atau 2,24%
Indeks CAC berakhir di posisi 4.190,68, meningkat 72,83 poin atau 1,77%
Indeks IBEX 35 berakhir di posisi 8.185,90, meningkat 177,70 poin atau 2,22%
Indeks Pan-Eropa STOXX 600 selesai 1,6 persen lebih tinggi; dengan semua sektor membukukan keuntungan yang tajam. Meskipun kelonjakkan Jumat, gejolak sekitar Brexit mendorong STOXX 600 untuk menutup turun? 1,5 persen untuk minggu ini.
Laporan kerja Jumat mengejutkan investor setelah Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat mengumumkan bahwa ekonomi AS telah menambahkan 287.000 pekerjaan pada bulan Juni, mengalahkan ekspektasi. Para ekonom memperkirakan nonfarm payrolls menunjukkan pertumbuhan 175.000 untuk bulan, menurut jajak pendapat Reuters. Tingkat pengangguran datang di 4,9 persen, juga di atas ekspektasi.

Data pekerjaan sangat penting karena kejutan pelambatan dalam data pekerjaan Mei adalah salah satu alasan Federal Reserve AS untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan bulan lalu. Referendum yang menghasilkan Brexit di Inggris Raya juga memberi alasan Fed untuk berhenti sejenak sebelum pengetatan suku bunga lebih lanjut.

Sementara angka mengesankan telah mendorong pasar, terutama di AS, analis tidak sepenuhnya yakin bahwa itu akan mengubah prospek jangka pendek ketika datang ke The Fed dan menaikkan suku bunga.

Bank juga menjadi fokus utama bagi investor Jumat, terutama di Italia. Saham Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) melonjak 5,5 persen setelah bank berjuang mengatakan ?bekerja intens? dengan pihak berwenang untuk mencari solusi kredit yang buruk. Pemberi pinjaman telah diberitahu oleh Bank Sentral Eropa (ECB) untuk memotong utang sebesar 30 persen dari 2,5 tahun.

Banco Popolare mengatakan pada Kamis bahwa mereka telah melakukan tes tegangan internal yang mengkonfirmasi ketahanan bank terhadap guncangan merugikan. Berita itu mengirim pemberi pinjaman ke atas STOXX 600, menutup 18,4 persen lebih tinggi.

Goldman Sachs memangkas target harga untuk sejumlah bank Inggris, termasuk Royal Bank of Scotland, Barclays dan Lloyds. Meskipun demikian, saham semua bank ditutup naik tajam.

Sektor lain yang naik adalah otomotif, menyelesaikan 3,9 persen lebih tinggi secara keseluruhan. Hal ini muncul setelah data dari Asosiasi Mobil Penumpang China mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan di China naik 19,4 persen bulan lalu, dibandingkan dengan Juni 2015. Porsche, Fiat Chrysler dan Renault semua di atas ditutup masing-masing 5 persen.

Sementara itu, sejumlah penambang menerima peringkat yang positif dari broker. RBC menaikkan target harga untuk Glencore, BHP Billiton dan Rio Tinto, membantu mendorong saham perusahaan lebih tinggi sepanjang perdagangan.

Prancis Sodexo mengatakan bahwa seperti-untuk-seperti sembilan bulan penjualan naik sebesar 3,3 persen dan itu terus tujuan setahun penuh. Saham perusahaan ditutup lebih dari 1,5 persen ke atas.

Saham properti dan housebuilders London beberapa pemain terbaik Eropa, termasuk Taylor Wimpey, Bellway dan Bovis Homes Group, semua berakhir di atas masing-masing 7,5 persen. Ini datang meskipun UBS memangkas target harga pada semua saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan harga minyak mentah, bursa Asia, juga perkembangan Brexit.

IT RFB BDG