PT Rifan Financindo – Cara Melindungi Dokumen Word, PDF, Dan Excel Agar Tidak Gampang Di Copy Teman

Cara Melindungi Dokumen Word, PDF, Dan Excel Agar Tidak Gampang Di Copy Teman – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Pada zaman teknologi modern seperti sekarang ini, semua orang akan gampang banget menyalin (copydan paste) hasil karya orang lain, termasuk untuk urusan tugas sekolah atau kuliah

Siapa yang pernah mengalami saat hasil tugasmu diminta oleh teman untuk dijadikan contoh, tapi ternyata malah disalin tanpa sepengetahuan kamu? Kalau sudah begini, pasti kesel, kan?!

Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa melindungi dokumen yang kamu buat sebelum diberikan kepada orang lain. Berikut caranya, terutama untuk melindungi dokumen Word, PDF, dan Excel supaya susah untuk disalin.

1. MELINDUNGI DOKUMEN WORD MEMAKAI MICROSOFT WORD

Pertama, pilih dokumen yang akan diproteksi. Kemudian pilih tab “review” dan menuju pilihan “protect”. Setelah itu pilih “restrict editing”. Selanjutnya pada Microsoft Word akan muncul tab sebelah kiri dengan beberapa kotak yang harus dicentang. Centang bagian “limit formatting to a selection of styles” dan bagian “allow only this type of editing in the document”.

Berikutnya, pastikan pilihan berada pada “filling in forms”. Terakhir, klik bagian “yes, start enforcing protection” lalu buat kata sandi (password) dan pilih tombol “oke” kalau kata sandi sudah diisi. Dengan cara ini, tugas yang sudah dibuat di Microsoft Word tidak bisa disalin dan diubah.

2. MELINDUNGI DOKUMEN PDF DENGAN PDF-XCHANGE VIEWER

PDF-XChange Viewer merupakan aplikasi gratis dan gampang dipakai untuk melindungi dokumen PDF. Pertama, pilih file PDF yang akan diproteksi ,kemudian pilih bagian “document properties” lalu pilih tabsecurity” dan “password security” di bagian “security method”.

Selanjutnya, isi kolom “passwords and permissions” dengan kata sandi yang mau digunakan. Pilih dari beberapa pilihan proteksi bergantung pada keinginanmu. Pilihannya adalah dibutuhkan kata sandi ketika membuka dokumen; dibutuhkan kata sandi kalau ingin mengubah pengaturan izin file dokumen; izin atau tidak mengizinkan dokumen dicetak; izin atau tidak mengizinkan dokumen diubah; jika menginginkan teks, foto, dan konten lainnya tidak dapat dicopy; dan pilihan centang untuk dapat mengaktifkan akses teks untuk perangkat pembaca layar untuk tuna netra.

Jika sudah memilih, selanjutnya klik “ok”. Dokumen PDF pun sudah terproteksi kalau kita tidak mencentang pilihan “enable copying of text images, and other content”.

3. MELINDUNGI DOKUMEN EXCEL MEMAKAI MICROSOFT EXCEL

Dokumen Excel juga bisa diproteksi melalui Microsoft Excel. Caranya, pilih tab “review” lalu klik bagian “protect sheet”. Setelah itu kamu akan diminta untuk membuat kata sandi. Centang bagian “protect worksheet and contents of locked cells” lalu klik “ok”.

Terakhir, kamu hanya diminta untuk mengonfirmasi kata sandi kemudian klik “ok” dan selesai. Dokumen Excel kamu sudah aman dan akan sulit disalin dan diubah – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : sindonews.com

Rifan Bandung