PT Rifan – Cara Membuat Halaman Di Word Yang Singkat Beserta Fungsinya

Cara Membuat Halaman Di Word Yang Singkat Beserta Fungsinya – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Sebenarnya cara membuat halaman di Word terbilang cukup mudah. Tapi memang perlu dipahami tahap dan fungsi dari tiap menunya. Cara membuat halaman di Word mungkin cukup berbeda dari software lainnya, seperti WPS Office Free, LibreOffice, Apache OpenOffice, SoftMaker FreeOffice, serta software pengolah dokumen lainnya.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah data baik huruf maupun angka. Microsoft Word cukup populer dan sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen atau hal-hal lain yang berhubungan dengan tulis menulis.

Dibandingkan dengan perangkat lunak lainnya, cara membuat halaman di Word justru terbilang paling mudah. Sebab hampir seluruh perangkat pengolah dokumen yang terpasang di komputer dan laptop di masyarakat Indonesia menggunakan Word.

Untuk membahas lebih dalam bagaimana cara membuat halaman di Word tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai cara membuat halaman di Word secara rinci dan mudah untuk dipahami

1. Cara Membuat Halaman Di Word Yang Pertama

Pertama-tama cara membuat halaman di Word mulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain sebagainya. Untuk mengatur nomor halaman tersebut, ini langkahnya:

Klik Insert > Page Number > Bottom of Page > Lalu pilih mana letak nomor yang diinginkan

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghilangkan nomor halaman pada sampul. Caranya cukup mudah, yaitu:

Klik Insert > Header > Edit Header

Kemudian di situ akan muncul tampilan Tab Design. Cukup centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Lalu, hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul dan lalu klik Close Header and Footer.

Apabila halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, cukup lakukan langkah ini:

Insert > Page Number > Format Page Numbers

Selanjutnya, pada jendela Page Number Format ubah Number Format menjadi i, ii, iii, dan seterusnya. Lalu, masukkan ke kolom Start at dengan “i” lalu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

2. Cara Membuat Halaman Di Word Selanjutnya

Langkah selanjutnya, yaitu dengan mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Di bagian ini, format nomor halaman yang digunakan berbeda dari sebelumnya. Apabila sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, untuk bagian ini akan menggunakan penomoran numerik biasa.

Secara umum, pemberian nomor halaman pada isi konten pembagiannya cukup berbeda. Sebagai contoh, pada “Judul Bab” posisinya akan diletakkan pada bagian tengah bawah, lalu isi bab akan diletakkan pada bagian kanan atas.

Langkah di tahap kedua cara membuat halaman di Word ini, pertama-tama dengan membuat “Section” baru. Sebab, jika Anda tidak membuat “Section” baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut berubah. Untuk membuat section baru, cukup lakukan klik pada halaman judul bab pertama, kemudian ikuti langkah berikut ini:

Klik Page Layout > Breaks > Continous

Selanjutnya, sangat diperlukan menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya. Hal ini agar halaman menjadi berbeda dari yang sebelumnya. Kemudian, posisi hanya akan berlaku pada “Section” itu saja dan tidak berlaku pada “Section” sebelumnya. Cara yang perlu diikuti untuk menghapus keterkaitannya yaitu:

Klik Insert > Header > Edit Header

Lalu Anda akan dialihkan ke Tab Design, di mana pada bagian ini Anda bisa klik Link to Previous apabila tombol tersebut dalam keadaan aktif dan memang bertujuan untuk menonaktifkannya. Selanjutnya background tersebut akan menjadi putih. Untuk menambahkan halaman di Word, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3

Halaman yang telah dibuat ini seluruhnya terletak pada bagian kanan atas. Apabila masih membutuhkan halaman judul bab yang berada di tengah bawah, maka Anda perlu melakukan langkah tambahan, yaitu:

Masih di tab Design > centang Different First Page > Hapus nomor halaman yang ada di kanan atas dari halaman judul bab tersebut > klik Page Number > Bottom of page > Page Number 2

Cara ini berfungsi untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Tapi bedanya Anda harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya, caranya yaitu:

Klik pada halaman bab 2 dan seterusnya > klik Insert > Page Number > Format Page Number > lalu pada jendela Page Number Format klik Continue from previous section > klik OK

3. Cara Membuat Halaman Di Word Yang Terakhir

Langkah terakhir dalam cara membuat halaman di Word bertujuan untuk membuat Daftar Pustaka serta Lampiran. Cara membuat halaman di Word pada bagian ini sama saja dengan beberapa langkah yang telah dibahas dari langkah pertama hingga kedua.

Cukup mudah bukan cara membuat halaman di Word? Memang untuk memperlancar penggunaan Word diperlukan latihan terus menerus secara rutin.

4. Fungsi Dari Microsoft Word

1. Membuat surat

Fungsi Microsoft Word yang pertama digunakan untuk keperluan surat menyurat. Fungsi ini seiring dengan kemajuan teknologi, yang dahulu dengan tulis tangan kemudian dan saat ini cukup dengan Word.

2. Membuat dokumen

Segala jenis dokumen formal, semi-formal, maupun tidak formal, bisa dengan mudah dibuat dengan Word. Apabila ingin dicetak, cukup hubungkan komputer atau laptop ke perangkat lain seperti printer.

3. Membuat dokumen jadi lebih menarik

Dahulu untuk membuat dokumen hanya bisa menggunakan mesin ketik atau menulisnya, sehingga variasi atau tampilan dari dokumen tersebut biasa saja. Kehadiran Word membuat dokumen menjadi lebih menarik. Seperti, mengganti font, membuat tulisan menjadi lebih tebal, lebih kecil, atau lebih besar.

Bahkan, di Microsoft Word bisa menyisipkan gambar ke sebuah dokumen. Dahulu gambar hanya bisa ditempel menggunakan lem, kini gambar bisa disisipkan ke dokumen tanpa harus menempelnya dengan lem.

4. Membuat tabel

Microsoft Word akan membantu dalam pembuatan tabel. Dengan kata lain, untuk membuat tabel dalam sebuah dokumen tidak perlu lagi menggambar dengan penggaris – PT RIFAN

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung