PT Rifan – Cara Merayakan HUT RI Ke 76 Di Tengah Pandemi COVID-19

Cara Merayakan HUT RI Ke 76 Di Tengah Pandemi COVID-19 – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun ini masih harus dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Hari Ulang Tahun Republik Indonesia setiap 17 Agustus biasanya diperingati secara meriah dari ujung Sabang sampai Merauke. Namun, peringatan tersebut nampaknya tidak dapat dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19 yang melanda 6 bulan terakhir ini. Meski dilakukan di tengah pandemi COVID-19, banyak hal menarik yang bisa kita lakukan untuk tetap memeriahkan HUT RI ke-76.

Mulai dari mengikuti upacara online hingga memasang bendara di depan rumah bisa jadi alternatif cara untuk merayakan HUT RI ke-76 di tengah pandemi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-76 di tengah pandemi COVID-19.

1. Perayaan HUT RI ke-76 bersama

Rumah Digital Indonesia Pemerintah Republik Indonesia melalui sejumlah kementerian membuat laman web Rumah Digital Indonesia pada bulan Agustus sebagai upaya untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-76 tahun secara virtual karena pandemi COVID-19. Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, selama satu bulan penuh, masyarakat dapat berpartisipasi secara daring di Rumah Digital Indonesia dengan berbagai macam program dan fitur menarik di laman rumahdigitalindonesia.id tersebut. Semuanya berpartisipasi, itulah bulan kemerdekaan. Akan ada acara yang festive, dan acara kenegaraan juga seperti biasa untuk merayakan hari kemerdekaan. Masyarakat bisa berpartisipasi selama satu bulan penuh,” kata Mensesneg Pratikno seperti dilansir Antara.

2. Upacara bendera secara virtual

Masih melalui laman rumahdigitalindonesia.id, nantinya acara kenegaraan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya meliputi doa kebangsaan, pidato kenegaraan, upacara bendera detik-detik proklamasi, hingga penurunan bendera, nantinya juga akan dapat diikuti oleh masyarakat secara daring melalui laman khusus tersebut. Mensesneg mengatakan, esensi dan kekhidmatan akan kemerdekaan diharapkan tidak hilang karena berbagai pembatasan dan protokol kesehatan ketat serta pergeseran perayaan di ruang digital. “Pasti semarak. Upacara kenegaraan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Pada tahun 2020 lalu kita sudah memasuki masa pandemi, waktu itu, upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera dilakukan fisik secara minimal. Tahun ini diharapkan sudah bisa luring, namun kenyataannya pandemi masih berlanjut, sehingga pemerintah masih jalankan (upacara) secara minimalis sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat yang berpartisipasi secara daring,” jelas dia.

3. Lomba 17-an hingga pameran foto secara virtual

Staf Khusus Presiden RI Putri Indahsari Tanjung mengatakan, terdapat sejumlah ruang yang bisa dikunjungi masyarakat di Rumah Digital Indonesia. Mulai dari Arena Perlombaan yang memungkinkan masyarakat ikut lomba 17-an secara virtual; Ruang Seni Budaya yang menampilkan pertunjukan tari, puisi, musik, hingga film pendek; lalu ada juga Ruang Pasar Lokal yang mewadahi para pelaku UMKM untuk berjualan secara daring. Lebih lanjut, Ruang Petualangan Nusantara yang merupakan peta interaktif dengan berbagai informasi seperti kuliner dan wisata khas, serta wajah Indonesia atau sosok local heroes yang berdampak bagi daerahnya. Selanjutnya, ada Ruang Komunitas yang bisa diisi oleh masyarakat serta pojok soal literasi digital; lalu Pameran Foto Wartawan Istana; dan terakhir adalah Panggung Nasional yang nantinya akan menampilkan konten utama seperti konser puncak kolaborasi antar-seniman, dan sejumlah agenda kenegaraan. Masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengisi konten di Ruang Seni Budaya dan Komunitas, dengan pengumpulan karya ditunggu hingga 20 Agustus. Info lebih lanjut bisa menuju ke Instagram @ruangdigitalindonesia.id.

4. Nikmati promo online

Perayaan HUT RI ke-76 bisa Anda lakukan dengan menikmati beragam promo menarik, baik itu promo makanan hingga promo belanja dari beragam UMKM. Promo-promo tersebut bisa Anda nikmati dengan mengakses e commerce yang ada, mulai Tokopedia hingga Shopee.

5. Ikut lomba virtual untuk anak-anak

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menggelar lomba menyanyi dan mewarnai secara virtual untuk anak-anak usia 5-7 tahun dengan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Periode pendaftaran lomba bagi anak-anak dibuka 7-14 Agustus 2021. “Tentu saja akan ada hadiah menarik yang akan disediakan, mulai dari uang tunai, tiket rekreasi Ancol dan juga pernak-pernik (merchandise) keruntuk juara 1, 2, 3, dan juara harapan,” melansir Antara.

Selain dapat mengikuti lomba/kompetisi, peserta juga akan memperoleh tips menarik tentang menyanyi dan mewarnai. Sebelum mengikuti lomba ini, berikut merupakan syarat dan ketentuannya:

– Pendaftaran dibuka pada tanggal 7 -14 Agustus 2021 melalui www.ancol.com – Peserta berusia 5-7 tahun – Tema Acara “Anak Indonesia Merdeka, Anak Indonesia Kreatif” – Biaya pendaftaran sudah termasuk tiket masuk Gerbang Ancol dan Sea World Ancol untuk satu orang peserta tanpa kendaraan dan berlaku setelah Ancol kembali buka hingga 31 Desember 2021 – Materi lomba akan dikirimkan melalui email setelah peserta selesai melakukan pembayaran pendaftaran – Mengirimkan materi lomba dan fotokopi Kartu Keluarga/Akte Lahir/KIA (pilih salah satu) paling lambat tanggal 15 Agustus 2021 – Pengumuman pemenang akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2021 pada pukul 09.00 WIB, seluruh peserta wajib hadir melalui Zoom dan wajib menggunakan latar belakang (background) aplikasi Zoom yang sudah diunduh (download) oleh peserta. – Menggunakan pakaian dan aksesoris yang bertema kemerdekaan – PT RIFAN

Sumber : tirto.co.id

Rifan Bandung