PT Rifan – Dapat Undangan Grup WhatsApp Dari Nomor Tak Dikenal? Ini Cara Mengontrolnya

Dapat Undangan Grup WhatsApp Dari Nomor Tak Dikenal? Ini Cara Mengontrolnya – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh pengguna WhatsApp saat ini adalah banyaknya grup yang notifikasinya seringkali bikin ponsel berat, atau malah membuat pusing pemakai aplikasi chat ini.

Tidak jarang juga, pengguna mendapatkan undangan untuk bergabung dengan grup WhatsApp dari orang yang nomornya tidak ia simpan.

Memang, aplikasi milik Facebook itu mengizinkan siapa pun yang memiliki nomor kamu untuk mengirimi pesan atau menambahkan kamu ke grup.

Pengaturan itu sendiri memang secara default diatur oleh WhatsApp, dengan tujuan agar kamu dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga, meskipun mereka tidak ada dalam daftar kontak kamu.

Meski begitu, dalam laman resminya, dikutip Senin (9/8/2021), WhatsApp mengatakan bahwa pengguna tetap memiliki wewenang untuk mengontrol siapa yang bisa menambahkan mereka ke grup.

Bisa Dilakukan di Ponsel

Untuk mengatur siapa saja yang bisa menambahkan Anda ke grup chat-nya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Patut diingat bahwa mengatur fitur ini tidak bisa dilakukan di WhatsApp Web atau Desktop. Namun, pengaturan dari ponsel akan tersinkronisasi dengan pengaturan di dua aplikasi tersebut.

1. Pergilah ke Settings dengan masuk ke ikon tiga titik vertikal di kanan atas aplikasi, pilih Settings, kemudian pilih Account, lalu pilih Privacy, dan masuklah ke Groups.

2. Kamu akan menemukan beberapa opsi berikut.

Everyone

Jika kamu memilih opsi ini, maka semua orang termasuk yang tidak ada di dalam kontak bisa memasukkan kamu ke grup tanpa persetujuan.

My Contacts

Jika memilih opsi ini, hanya orang-orang yang berada di kontak kamu yang bisa menambahkan kamu ke grup tanpa persetujuan.

Jika admin grup tidak memiliki kontak kamu, maka dia akan mendapatkan pop-up yang menyebut bahwa dia tidak bisa menambahkan kamu, dan akan diminta mengetuk ‘Invite to Group’ atau ‘Continue’, diikuti tombol kirim untuk mengirim undangan grup secara pribadi melalui obrolan individu.

Kamu akan memiliki waktu tiga hari untuk menerima undangan sebelum kedaluwarsa.

My Contacts Except…

Untuk opsi ini, kamu bisa memilih siapa saja orang di dalam kontak yang boleh memasukkan ke dalam grup tanpa persetujuan.

Jika admin grup yang mengundang dikecualikan, dia akan mendapat pop-up yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat menambahkan kamu dan akan diminta mengetuk Invite to Group atau Continue, diikuti tombol kirim untuk mengirim undangan grup secara pribadi melalui obrolan individu.

Sama seperti sebelumnya, kamu akan memiliki waktu tiga hari untuk menerima undangan sebelum kedaluwarsa.

3. Jika sudah memilih opsi yang paling tepat untuk kamu, pilih Done dan klik OK – PT RIFAN

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung