PT Rifan Financindo – Dear Brand, Begini 5 Langkah Untuk Bikin Bisnis Gacor Dari Google

Dear Brand, Begini 5 Langkah Untuk Bikin Bisnis Gacor Dari Google – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Orang Indonesia ingin merek lebih memahami berubahnya kebutuhan hidup selama pandemi, serta berempati terhadap kecemasan konsumen di masa yang akan datang.

Begitulah isi laporan Year in Search 2020 dari Google yang berisi tren-teren di masyarakat dengan 5 tema utama di dalamnya.

Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand

Berdasarkan data Google Trends, eConomy 2020, dan Think with Google pada November 2019-Oktober 2020, berikut ini sejumlah tren dalam laporan itu:

  • Orang Indonesia lebih memprioritaskan kesehatan mental dan mulai mengedukasi diri terkait beberapa isu. Buktinya, penelusuran kesehatan mental naik 70% dan naik 45%
  • Orang Indonesia mencari cara membantu masyarakat sekitar dan lingkungan karena pencarian kata meyumbangkan naik 150%
  • Pandemi mengaburkan pembatas kehidupan kantor dan rumah, membuat orang berperan sebagai orang tua di rumah, pencarian “kegiatan anak di rumah” meningkat 330% dan “e-learning” naik 180%
  • Orang Indonesia pun mencari cara relaksasi selain liburan keluar rumah, sebab pencarian “tanaman rumah” naik 120% dan “hewan peliharaan” pun meningkat 95%
  • Masyarakat juga banyak mencari kata “daftar usaha” (200%) dan “digital marketing” (35%), menunjukkan minat mereka mempersiapkan masa depan.

Tak cuma itu, sejumlah sektor utama pun mengalami perubahan selama setahun belakangan. Berikut ini rinciannya:

  • Perawatan Kecantikan dan Tubuh

Selama pandemi, penelusuran “cara mewarnai rambut sendiri” meningkat 95%, begitu pula dengan “cara menghilangkan gigi hitam” yang naik 30%.

  • Keuangan

Warganet pun mulai mencari tahu informasi keuangan guna menyiapkan masa depan. Itu terlihat dari naiknya pencarian “reksadana” (210%), “tips menabung” (140%), “dana darurat” (140%), dan “beli emas online” (85%).

  • Makanan dan Minuman

Pandemi telah membuat konsumen memesan makanan/minuman dari rumah. Penelusuran pesan antar naik 35%.

  • Media dan Hiburan

Makin banyak konsumen yang beralih ke internet untuk mencari informasi dan hiburan. Penelusuran meningkat untuk kata kunci gaming (210%), olahraga 200%), dan musik (240%).

  • Belanja

Belanja daring menjadi pilihan daripada pergi ke swalayan, karena sejumlah pencarian terkait belanja kebutuhan pokok meningkat sebagai berikut: produk segar (90%), deterjen (26%), dan ergonomis (115%).

  • Teknologi

Orang-orang semakin mengandalkan teknologi di berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Penelusuran untuk robot vacuum naik 80%, webcam naik 40%, dan air purifier naik 45%.

  • Transportasi dan Pariwisata

Para wisatawan hanya bepergian ke tempat wisata yang dekat dari rumah, tapi juga tetap menginginkan pengalaman baru (penelusuran tiket wahana terdekat naik 90%). Di sisi lain, proses pembelian dan perawatan kendaraan bermotor juga berpindah ke online dengan meningkatnya penelusuran motor bekas (11%) dan perpanjang sim (25%).

Melihat Tren Itu, Apa yang Harus Merek Lakukan?

Google merekomendasikan 5 langkah yang dapat merek ambil demi meningkatkan strategi bisnis mereka. Apa saja?

1. Berempati terhadap tantangan yang dihadapi konsumen;

2. Tingkatkan tujuan merek Anda;

3. Telaah kembali norma-norma yang ada di industri;

4. Pikat konsumen Anda dengan cara yang mengena;

5. Pahami cara pikir konsumen dalam menyongsong masa depan – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing.com

Rifan Bandung