PT Rifan Financindo – Ini 7 Tips Asyik Siap Hadapi Ramadan 2021

Ini 7 Tips Asyik Siap Hadapi Ramadan 2021 – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Bulan Suci Ramadan 2021 akan jatuh pada tanggal 13 April mendatang. Meskipun Ramadan tahun ini masih harus kita lewati di bawah bayang-bayang pandemi, namun tidak mengurangi semangat untuk menyambut bulan penuh dengan ampunan.

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi bulan Ramadan dan puasa. Selain mempelajari resep sahur dan buka puasa, tentunya selalu menjaga kesehatan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadan.

1. Bertaubat dan Berdoa

Bukalah lembaran baru di Ramadan tahun ini. Tidak hanya untuk menghapus dosa besar, tapi bertaubat lah sesering mungkin. Bertaubat bisa dimulai dengan langkah sederhana seperti memperbanyak istighfar, melakukan salat taubat, dan juga berdoa untuk memohon ampunan.

2. Memperbaiki Kualitas Ibadah

Tidak hanya memperbanyak amalan sunnah, memperbaiki ibadah wajib sehari-hari juga perlu untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat di awal waktu. Cobalah untuk tidak menunda shalat, membaca surat yang lebih panjang, dan meningkatkan kekhusyukan dalam melaksanakan shalat.

3. Memperbanyak ibadah

Selain memperbaiki kualitas, cobalah untuk memperbaiki kuantitasnya. Mulailah untuk memperbanyak zikir, membaca Al-Qur’an, dan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat sebelum dan setelah shalat wajib. Memperbanyak sedekah juga bisa Anda lakukan untuk memperbanyak amalan sunnah.

4. Membiasakan diri berpuasa

Membiasakan diri untuk berpuasa bisa dimulai dengan melakukan puasa sunnah atau bahkan mengganti puasa tahun lalu. Hal ini bisa membuat tubuh terbiasa untuk berpuasa dan tidak kaget saat melaksanakan puasa selama 30 hari berturut-turut

5. Makan sehat dan memperbaiki pola tidur

Kebiasaan makan sehat dan makan secukupnya perlu untuk dibiasakan. Saat melakukan puasa pola makan harian akan berubah,. Dengan membiasakan makan makanan sehat, maka tubuh kita akan beradaptasi lebih baik dengan perubahan ini.

Selain itu, memperbaiki pola tidur juga dapat dilakukan. Selain untuk menjaga kesehatan, memajukan jam tidur menjadi satu sampai dua jam lebih cepat akan membiasakan kita untuk tidur dan bangun lebih cepat saat sahur di bulan Ramadan.

6. Periksakan kondisi kesehatan Anda

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa untuk dikonsultasikan ke dokter apakah Anda diperbolehkan untuk berpuasa. Mintalah rekomendasi agar Anda bisa tetap berpuasa dengan aman.

7. Luruskan niat dan tujuan

Meskipun banyak orang yang memanfaatkan puasa untuk menurunkan berat badan, namun jangan sampai lupa esensi dari Ramadan itu sendiri. Yakni untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Mulailah dengan target sederhana seperti shalat tepat waktu, memperbanyak sedekah dan zikir, membaca Al-Qur’an, dan pergi tarawih setiap hari selama Ramadan.

Jangan lupa juga untuk mengatur jadwal dan kegiatan dengan baik selama Ramadan. Karena biasanya rutinitas dan kegiatan kita juga akan berbeda selama menjalankan puasa. Bagilah pekerjaan berat menjadi beberapa hari agar Anda tidak melewatkan esensi Ramadan yang sesungguhnya.

Semoga puasa tahun ini senantiasa dilancarkan dan memberikan keberkahan pada kita semua – PT RIFAN FINANCINCO

Sumber : rifan financindo berjangka

Rifan Bandung