e-Commerce UKM Lirik Bisnis Busana Muslim USD 230 Miliar

PT RIFAN FINANCINDO – e-Commerce UKM Lirik Bisnis Busana Muslim USD 230 Miliar

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Tingginya nilai transaksi dari bisnis busana muslim yang mencapai USD 230 miliar membuat Kriya Indonesia, startup e-commerce khusus usaha kecil menengah (UKM), kepincut menjajaki bisnis ini bersama sejumlah desainer ternama.

Desainer yang digandeng antara lain Itang Yunasz, Ghea Panggabean, Norma Hauri, Silka Mitrasari, dan beberapa desainer muda lainnya. Mereka bisa diajak bergabung berkat kerja sama antara Kriya dan Okky Asokawati yang meluncurkan Lini Busana Muslim di portal jual beli online tersebut.

Selain punya kedekatan dengan para desainer, Okky yang sudah lama malang melintang di industri fashion, juga pernah ditunjuk oleh Menteri Koperasi dan UKM sebagai Duta Koperasi.

“Tantangan terbesar dari UKM Indonesia adalah mendapatkan akses yang lebih luas dan terstruktur baik ke pasar domestik maupun global,” ujarnya kepada detikINET di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Hal itu yang membuat Okky optimistis dengan kerja samanya bersama Kriya Indonesia. Karena, e-commerce itu telah mencanangkan beberapa program untuk UKM Indonesia agar bisa ekspansi ke mancanegara.

“Lini Busana Muslim Kriya hadir untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat dari bisnis busana muslim dunia yang beberapa tahun terakhir ini berkembang dengan sangat signifikan dengan nilai transaksi mencapai USD 230 miliar,” kata CEO Kriya Indonesia Mario Sugianto.

Kriya sendiri yakin bisa menembus pasar busana muslim dunia, seperti Turki, Timur Tengah, serta beberapa negara di Afrika, di samping pasar Asia Tenggara sendiri seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Kami memahami sepenuhnya bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara eksportir terbesar busana muslim kelas dunia dan memiliki kesempatan untuk menjadi kiblat busana muslim internasional. Oleh sebab itu kami terus berupaya untuk mengembangkan brand para mitra kami, menjaga mutu dan kualitas produk, serta menjamin proses pengiriman yang lancar baik domestik maupun luar negeri serta pembayaran yang aman bagi konsumen,” lanjut Mario.

Untuk tahap pertama, komposisi mitra busana muslim Kriya sudah mencapai 30% dari keseluruhan mitra yang bergabung di Kriya Indonesia yang baru diluncurkan tanggal 20 Juli 2016. Usaha rintisan digital ini menargetkan akuisisi mitra berkualitas sebanyak 2.000 mitra per tahun dengan pertumbuhan 20% per tahun.

IT RFB BDG