0

Rifan Financindo – Google Bagikan 7 Tips Praktikkan Kesejahteraan Digital Lewat Ponsel

Google Bagikan 7 Tips Praktikkan Kesejahteraan Digital Lewat Ponsel – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Kehadiran alat digital dapat membantu kita menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih efisien, dan membuat hidup kita lebih mudah secara keseluruhan. Kemudahan akses membuat kita punya ruang untuk fokus pada hal lain yang lebih penting. Sayangnya, teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu.

Tak sedikit orang yang terlalu asyik menggunakan gawainya sehingga fungsi kehidupannya terganggu. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, Google membagikan beberapa tips menjaga kesejahteraan digital yang dapat kita praktikkan lewat ponsel, demi menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam penggunaan teknologi.

Lebih sadar dalam menggunakan teknologi

Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan. Melalui ponsel, kita bisa mengecek beberapa informasi seperti berapa lama kita menggunakan ponsel dan seberapa sering kita menggunakan berbagai aplikasi. Beberapa pengaturan yang dapat diterapkan, antara lain:

Menggunakan fitur timer di ponsel

Setelah mengetahui berapa lama kita mengakses ponsel dan beberapa aplikasi, kita dapat mengatur batas waktu pemakaian dengan fitur timer di ponsel. Dengan begitu, setelah kita mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap. “Jadi, Anda hanya akan menghabiskan waktu yang Anda inginkan, tepat di waktu yang Anda inginkan.

Mengatur mode waktu tidur di ponsel

Penggunaan teknologi yang berlebihan juga bisa menyebabkan waktu tidur seseorang terganggu. Untuk mengatasi atau mencegahnya, kita bisa mengatur mode waktu tidur di ponsel. Atur pukul berapa kita tidur setiap malamnya, sehingga ponsel akan secara otomatis mengubah layar menjadi skala abu-abu (grayscale) dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb. Cara ini dapat mencegah adanya gangguan yang membuat kita tetap terjaga di malam hari.

Batasi profil waktu tonton di YouTube

YouTube adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk menikmati konten video. Sayangnya, ketika menonton video, waktu terasa bergulir dengan cepat dan pada akhirnya kita menyadari bahwa sudah menghabiskan berjam-jam untuk menyaksikan video. Jadi, cobalah batasi profil waktu tonton di platform tonton video, seperti di YouTube. Profil waktu tonton memungkinkan kita memeriksa rata-rata waktu tonton harian dan menunjukkan berapa lama kita telah menonton video di YouTube dalam satu hari tersebut, kemarin, dan selama tujuh hari terakhir. Fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler.

Membatasi gangguan agar bisa lebih fokus

Notifikasi ponsel dan godaan untuk mengakses konten dapat menjadi gangguan besar jika kita sedang menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Beberapa pengaturan yang bisa diterapkan antara lain:

Mengatur mode Fokus di ponsel

Mode Fokus memungkinkan kita memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika kita ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, kita bisa mengaktifkan mode ini. Tak hanya itu, kita bahkan bisa mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

Mode “jangan ganggu”

Mode Do Not Disturb atau jangan ganggu bisa membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Kita bisa memilih apa yang kita blokir dan apa yang izinkan.

Pengingat istirahat di YouTube

Setelah tahu berapa banyak waktu yang kita habiskan saat menggunakan aplikasi tertentu, kita mungkin ingin menetapkan batas waktu penggunaan. Namun selain itu, kita juga bisa lupa waktu ketika sedang menikmati hiburan di YouTube. Mengatur pengingat istirahat dapat membantu kita menyiapkan untuk mengingat kapan waktu untuk beristirahat. Caranya, buka menu pengaturan dan pilih jumlah waktu akses YouTube yang diinginkan. Setelah mencapai batas itu, pengingat akan muncul di layar ponsel.

Notifikasi: ringkasan terjadwal

Secara default, semua suara dan getaran dari aplikasi YouTube akan dinonaktifkan antara pukul 22.00-08.00. Kita bisa menyesuaikan waktu mulai dan berakhir untuk memastikan bahwa notifikasi dari aplikasi YouTube dikirim secara diam-diam ke ponsel selama waktu yang ditentukan setiap hari. Jika ingin lebih mengontrol notifikasi yang diterima dari YouTube, kita dapat menggabungkan semua notifikasi YouTube ke dalam satu notifikasi setiap hari dan menyetel waktu tertentu untuk menerima ringkasan notifikasi tersebut. Ini dapat ditemukan di pengaturan akun YouTube. Menerapkan strategi di atas dapat membantu kita mencapai keseimbangan dalam penggunaan teknologi dan menjalani peran sehari-hari, yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan mental – RIFAN FINANCINDO

Sumber : kompas.com

Rifan Bandung

Leave a Reply