Harga Emas Naik Setelah BOE Pangkas Suku Bunga

RIFAN FINANCINDO – Harga Emas Naik Setelah BOE Pangkas Suku Bunga

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Harga emas berbalik lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat dinihari tadi setelah Bank of England memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2009, meskipun keuntungan diredam oleh kekuatan dalam dolar setelah data pekerjaan optimis Amerika Serikat hari sebelumnya.

Selain pemotongan suku bunga ke rekor rendah 0,25 persen, BoE mengatakan akan membeli 60 miliar pound utang pemerintah untuk meringankan tekanan dengan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Harga emas spot melonjak 0,36 persen pada $ 1,362.40 per ons, anjlok di awal pada $ 1,348.50.

Lihat Juga :Indonesia dan Aljazair sepakat kerja sama sektor industri

Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Desember meroket 0,32 persen pada $ 1,369.10 per ounce. Mereka menetap di $ 1.367,40 per ons.

Kebijakan pelonggaran lebih lanjut di Inggris membantu mendorong bursa saham Eropa anjlok 0,6 persen, sementara dolar meroket 0,19 persen terhadap sekeranjang mata uang, terdorong kekuatan dari sejumlah pekerjaan ADP kuat dari perkiraan pada hari Rabu.

Laporan ADP mengangkat spekulasi bahwa non-farm payrolls Amerika Serikat pada hari Jumat mungkin cukup kuat untuk menghidupkan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga Fed akhir tahun ini, setelah mengangkat suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade di bulan Desember.

The Fed telah menunjukkan bahwa laju kenaikan suku bunga sebagian besar akan ditentukan oleh data ekonomi, dengan non-farm payrolls bulanan salah satu titik data yang penting.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, mengalami penurunan 0,3 ton untuk 969,65 ton pada hari Rabu.

Di antara logam mulia lainnya, perak hampir datar di $ 20,39, sementara platinum spot turun 0,16 persen lebih rendah pada $ 1149 dan paladium spot turun 0,59 persen pada $ 704,60 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan bergerak lemah dengan potensi penguatan dollar AS jelang rilis non farm payrolls Amerika Serikat yang diperkirakan menguat. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,360-$ 1,358, dan jika harga melejit akan menembus kisaran Resistance $ 1,364-$ 1,366.

 

sumber : vibiznews.com

IT RFB BDG