Rifan Financindo – Ini Bedanya Self Healing, Self Care, Self Love & Self Reward

Ini Bedanya Self Healing, Self Care, Self Love & Self Reward – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Setiap orang pasti memiliki waktu dimana Ia merasa tertekan dan stres karena permasalahan yang sedang dialami. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana dan seperti apa orang lain merasa tertekan dengan masalahnya karena setiap orang memiliki batasannya masing-masing.

Dengan masalah yang terjadi, terkadang orang memerlukan hal-hal lain yang mengalihkan dirinya dari rasa stres. Seperti self healing, self care, self love dan juga self reward. Kamu baru mendengar istilah-istilah tersebut? Bingung dengan arti dan perbedaannya? Yuk Kita bahas.

1. Apa Itu Self Healing?

Self healing adalah proses penyembuhan luka batin atau mental yang disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi karena memendam perasaan sedih yang mendalam, merasa diri selalu gagal, mengalami kecemasan dan bisa mengarah pada depresi.

Sesuai dengan namanya, self healing dilakukan oleh diri sendiri demi kesembuhan diri sendiri. Ketika melakukan self healing, Kamu akan belajar memahami diri sendiri, menerima kekurangan diri sendiri dan membentuk pemikiran positif tentang kehidupan yang dijalani.

Lakukan pemeriksaan psikologis untuk mendapatkan rekomendasi dari ahli atau profesional seperti psikiater dan psikolog.

2. Apa Itu Self Care?

Self care memiliki arti merawat diri sendiri. Bagaimana sih merawat diri sendiri? Kamu akan melakukan hal-hal yang melindungi diri Kamu. Dengan tujuan menginginkan kesehatan secara fisik, mental dan spiritual.

Saat Kamu melewati hari yang padat, Kamu tidak lupa untuk memerhatikan tubuhmu seperti tetap makan yang teratur, tidur cukup, banyak minum air putih dan sebagainya yang bersangkutan dengan merawat tubuh mu.

3. Apa Itu Self Love?

Banyak yang salah mengartikan bahwa self love sama dengan sombong. Padahal mencintai diri sendiri adalah hal yang wajib dilakukan. Tentunya bukan bertujuan untuk merasa egois.

Tetapi self love adalah cara Kamu untuk lebih mengenal dirimu, mengetahui batasan-batasan yang bisa diterima oleh dirimu, fokus pada kelebihan yang Kamu miliki sehingga tidak tenggelam pada kekuranganmu, bisa memaafkan diri sendiri hingga menentukan lingkungan yang positif untuk kepentingan diri sendiri ke depannya.

4. Apa Itu Self Reward?

Reward berarti penghargaan. Self Reward artinya adalah Kamu memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri karena sudah mencapai impian yang Kamu inginkan.

Misal, karena Kamu sudah berhasil melewati hari-hari yang sulit saat bekerja, setelah mendapatkan hasilnya Kamu memberikan penghargaan kepada diri Kamu dengan makan makanan favorit atau melakukan traveling singkat.

Tapi jangan sampai Kamu terlena dan berujung boros ya! Kamu harus tetap berusaha menyeimbangkan self reward dengan dana yang Kamu miliki.

Itu dia perbedaan antara self healing, self care, self love dan juga self reward. Pada intinya, semua berkaitan dengan tujuan memerhatikan diri sendiri dan mencintai diri Kita. Kamu bisa belajar untuk menghargai diri sendiri dan menerimanya dengan segala kekurangan yang ada – RIFAN FINANCINDO

Sumber : cnbcindonesia.com

Rifan Bandung