Rifan Financindo – Ini Bocoran Strategi Investasi Saat Pandemi Covid 19

Ini Bocoran Strategi Investasi Saat Pandemi Covid 19 – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Instrumen investasi dewasa ini kian beragam, mulai dari saham, reksadana, properti hingga emas, berikut dengan jenisnya baik yang syariah atau non-syariah.

Direktur Strategi Investasi Bahana TCW Investment Management, Budi Hikmat mengatakan, dari sekian banyak instrumen investasi yang beredar, menurutnya tidak bisa disebut mana yang terbaik diantara pilihan tersebut.

“Ada banyak tinggal nanti terus kita sosialisasikan bahwa investasi emas atau saham atau properti, masalahnya adalah dan, tinggal proporsinya,

Pandemi Covid-19, Peluang atau Ancaman Investasi?

Banyaknya produk investasi di pasar keuangan menurutnya harus terus ditingkatkan jumlahnya. Hal ini agar masyarakat semakin mengenal produk investasi tersebut. Dengan cara ini diharapkan membuat masyarakat semakin sadar pentingnya investasi.

Orang bagus punya awareness, dan dia membuat plan, bisa banyak sekali apakah dana pensiun, atau investasi emas, kita harus melanjutkan masyarakat perlu edukasi, dengan krisis ini bisa mahir.

Investasi di Tengah Pandemi, Ada Potensi Keuntungan Lebih Besar Dari Kondisi Normal!

Saat pandemi atau krisis, bursa efek biasanya anjlok, dan inilah yang terjadi saat ini, kondisi ini terjadi karena aktivitas jual yang lebih besar dibanding aktivitas beli, sehingga bursa kelebihan penawaran yang mengakibatkan Emas turun.

Hal itu biasa terjadi saat krisis karena investor memilih untuk mengalihkan uangnya ke bentuk yang lebih aman seperti emas dan dollar,

Perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi cenderung lebih aman saat krisis daripada yang kurang likuid. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya, yaitu hutang. Di poin berikutnya, ada indeks yang memuat saham-saham dengan likuiditas terbaik.

Trading Emas Online

Trading emas online adalah cara berspekulasi pada pergerakan harga emas jangka pendek yang cocok untuk anda berimvestasi saat pandemi seperti sekarang. Trading emas online memungkinkan anda untuk melakukan transaksi jual dan beli emas tanpa perlu memiliki emas fisik, di mana semua transaksinya dilakukan secara elektronik, dan keuntungan serta kerugiannya akan dicerminkan pada akun trading.

Trading Emas online menghemat biaya untuk membayar penyimpanan Emas. Selain itu, memberi anda kesempatan untuk trading Emas online dengan dua arah. Tidak peduli apakah anda memiliki pandangan positif atau negatif terhadap perkiraan dan prediksi harga Emas, anda dapat mencoba mengambil keuntungan dari pergerakan naik atau turunnya harga di masa depan.

Contoh Trading Emas Online

XAU/USD (CFD Emas) diperdagangkan pada harga 1205.80 (harga jual) / 1206.20 (harga beli).

Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam 100 ons Emas karena anda memperkirakan harganya akan naik.

Nilai pip anda dalam contoh ini akan menjadi 0,01 x 100 (ukuran transaksi) = $1

Contoh 1: Transaksi Untung

  • Prediksi anda benar, di mana harga Emas naik ke 1224.50/1224.90, dan anda memutuskan untuk menutup transaksi yang untung dengan menjual di harga 1224.50 (harga jual saat ini).
  • Harga Emas naik 1830 pip (1224.50 – 1206.20) sesuai keinginan anda.
  • Keuntungan anda adalah ([1224.50 – 1206.20] x nilai pip $1) = $1830

Contoh 2: Transaksi rugi

  • Prediksi anda salah, di mana harga Emas selama beberapa jam berikutnya turun ke 1187.90/1188.30, anda menganggap bahwa penurunan akan berlanjut dan memutuskan untuk menutup transaksi tersebut di harga 1187.90 (harga jual saat ini) untuk membatasi kerugian anda.
  • Harga Emas turun 1830 pip (1206.20 – 1187.90) melawan anda.
  • Kerugian anda adalah ([1206.20 – 1187.90] – x nilai pip -$1) = $1830

Harap dicatat, untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian, gunakan Stop Loss dan Trailing Stop Order yang tersedia pada platform.

Emas, Reksa Dana Saham, dan Saham Emas

Cara lain untuk memulai trading emas online adalah melalui reksa dana yang diperdagangkan di bursa saham, seperti SPDR Gold Trust (GLD). Jika anda memiliki akun trading saham, anda dapat melakukan trading emas online syariah juga.

Trust menyimpan cadangan emas, dan karenanya, nilainya mencerminkan harga Emas. Harga SPDR Gold Trust adalah sekitar 1/10 dari harga emas. Jadi jika emas berjangka diperdagangkan pada harga $1.500, maka Gold Trust akan diperdagangkan pada rentang harga $150.

Perdagangan trust sama seperti trading saham. Pergerakan harga minimumnya adalah $0,01, oleh karenanya anda bisa untung atau rugi sebesar $0,01 jika setiap saham yang anda miliki berubah satu sen. Saham dan ETF biasanya diperdagangkan dalam 100 lembar saham (disebut lot), sehingga jika harga bergerak satu sen, dan anda memiliki 100 lembar saham, anda akan untung atau rugi sebesar $1.

Jika harga bergerak $1, dari $120 ke $121, anda untung atau rugi $100 dari posisi 100 lembar saham anda tersebut. Jika anda memegang 500 lembar saham, anda untung atau rugi $500 dengan pergerakan harga yang sama. Jumlah dana yang anda butuhkan untuk trading ETF emas tergantung pada harga ETF, leverage, dan ukuran posisinya dalam lot.

Untuk trading saham atau ETF di Indonesia, anda diharuskan memiliki saldo minimum sebesar $1.000. Bergantung pada seberapa banyak pendapatan yang ingin anda hasilkan, dan leverage, anda mungkin ingin menghasilkan lebih dari $5.000.

Memahami cara mulai trading emas online terpercaya adalah penting, tetapi jika anda membutuhkan bantuan, sebagai tambahan, gunakan Expert Advisor Generator untuk membuat strategi trading emas otomatis dalam beberapa klik, tanpa perlu menulis kode – RIFAN FINANCINDO

Sumber : cnbcindonesia.com

Rifan Bandung