Interkoneksi Turun, Telepon Banting Harga? Belum Tentu!

RIFANFINANCINDO – Interkoneksi Turun, Telepon Banting Harga? Belum Tentu!?

RIFANFINANCINDO BANDUNG – Biaya interkoneksi memang jadi salah satu faktor untuk menentukan tarif retail yang ditawarkan kepada pelanggan. Namun ketika biaya interkoneksi turun, apa lantas secara otomatis tarif retail bakal banting harga?

Ketika hal itu ditanyakan ke Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah, ia justru menyangsikannya. “Gak menjamin,” tegasnya saat ditemui sejumlah media di sela acara Komitmen Bersama Membangun Kawasan Perbatasan Negara Menjaga Kedaulatan NKRI di Kalabahi, Alor yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Ririek berasalan, tarif interkoneksi berkontribusi tidak signifikan terhadap penentuan tarif retail ke pelanggan, hanya di kisaran 10-15%. Sedangkan komponen lainnya didominasi oleh margin profit, biaya pemasaran, dan lainnya.

“Dengan tarif off-net (lintas operator-red.) sekitar Rp 1.500-2.000 per menit tarif interkoneksi gak terlalu signifikan. Sebenarnya ada komponen cost yang lain (bisa dilirik) kalau mau menurunkan tarif retail,” ujarnya saat di konfirmasi.

Bahkan, lanjut Ririek, ada operator lain belum lama ini ketika diwawancara soal ‘apakah tarif interkoneksi bakal otomatis menurunkan tarif retail?’ juga menjawab tak bisa memberi jaminan katanya.

“(Sebab) kalau niatnya bakal menurunkan tarif pasti dijawab tegas,’ ya turun’ (tarif retail bakal turun-red.). Cuma ini kan masih mengambang,” sebutnya.

Namun selain soal tarif, isu yang dinilai sebenarnya patut dikhawatirkan adalah dari sisi keinginan operator untuk membangun jaringan dan menjaga agar industri terjamin tetap sehat.

“Kalau ada operator yang punya 10 BTS dan 1.000 BTS dibayar sama maka yang punya BTS sedikit gak bakal mau bangun agresif, ‘ngapain bangun banyak kalau pada akhirnya dibayar sama dengan punya 1.000 BTS?’. Padahal seharusnya, interkoneksi gak boleh ambil untung karena itu cost recovery,” kata Ririek.

Sementara untuk tarif retail ? baik voice atau data ? yang berlaku di Indonesia sejatinya sudah merupakan salah satu yang termurah di dunia. Memang, tidak nomor satu paling murah, tetapi berada di nomor tiga atau empat.

sumber : inet.detik.com

IT RFB BDG