0

Rifan Financindo – Jangan Diucapkan, 5 Kalimat Yang Bikin Kamu Tak Profesional Di Tempat Kerja

Jangan Diucapkan, 5 Kalimat Yang Bikin Kamu Tak Profesional Di Tempat Kerja – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNGSaat berada di dunia kerja, kita memang tidak boleh sembarangan untuk berbicara. Meskipun sedang frustasi atau merasa kesal, hindari untuk mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak boleh kita katakan.

Selain itu, kalimat-kalimat yang tidak seharusnya diucapkan dapat membuat kita terlihat buruk dan tak profesional serta menghilangkan citra baik kita di hadapan orang lain. Tentu saja, kita tidak ingin dipandang sebagai orang yang negatif, bukan?
Nah, berikut beberapa kalimat yang harus dihindari diucapkan di tempat kerja. Apa aja sih? Intip yuk di bawah ini

Saya tidak bisa

Tidak ada orang yang suka mendengar ucapan ini. Ucapan tersebut menunjukkan bahwa kita tidak ingin melakukannya. Jika kita benar-benar tidak dapat melakukan sesuatu karena tidak memiliki keterampilan yang diperlukan bisa mengucapkannya dengan solusi alternatif.
Daripada harus mengatakan, “Saya tidak bisa,” cobalah untuk mengganti ucapan tersebut dengan mengatakan, “Saya belum tahu bagaimana menjalankan hal itu. Apakah ada seseorang yang bisa membantu untuk mengajarkan saya terlebih dahulu sehingga saya bisa melakukannya sendiri di waktu berikutnya?” Hal ini membuatmu lebih terlihat bertanggung jawab dan profesional.

Pekerjaan ini mudah dan bisa dilakukan dengan cepat

Selanjutnya, kalimat yang harus dihindari diucapkan di tempat kerja adalah dengan mengatakan bahwa pekerjaan yang diberikan terlalu mudah sehingga dapat diselesaikan dengan waktu yang cepat. Ucapan tersebut akan menunjukkan bahwa kamu terlalu percaya diri dan terkesan sombong.
Cobalah bersikap lebih rendah hati dan mintalah kerangka waktu yang realistis untuk tugas tersebut. Mereka yang ahli dalam pekerjaan tersebut, paling tahu berapa lama tugas tersebut bisa diselesaikan.

Saya tidak tahu caranya

Dalam bekerja pasti kita pernah mengalami hal dimana kita tidak tahu harus melakukan apa dengan pekerjaan yang diberikan. Bukan karena malas, tapi karena pekerjaan tersebut terasa asing dan kita tak tahu cara mengerjakannya.
Jangan pernah mengatakan “saya tidak tahu,” di depan atasan ataupun rekan kerja kamu lainnya. Hal ini akan membuatmu terlihat tak profesional dan tak ingin mencari tahu. Padahal zaman sekarang sudah serba canggih dan maju, sebaiknya apa yang tidak kamu tahu tanyakan terlebih dahulu atau cari di internet.

Saya sedang banyak masalah keluarga

Sebagai seorang pekerja yang profesional, kamu harus mampu menempatkan diri dengan baik. Jika sedang berada di kantor, maka kamu harus fokus bekerja di kantor dan meninggalkan segala masalah di luar kantor.
Terlebih jika memiliki masalah dengan keluarga. Jangan pernah membawa masalah tersebut ke ranah pekerjaan. Jika memang masalah tersebut sangatlah mengganggu, mintalah waktu untuk menyelesaikan, tetapi jangan sampai pekerjaan terbengkalai. Hal ini akan membuatmu semakin terlihat profesional.
Yang terakhir, jangan pernah mengucapkan bahwa apa yang kita berikan kepada pekerjaan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan, pernyataan ini hanya akan membuat kita terlihat tidak berkualitas.
Ingat, ketika sedang bekerja, kita diajarkan untuk melakukan hal yang terbaik. Lebih baik minta waktu atau bertanya apa yang bisa dilakukan dikemudian hari.
Nah itu dia beberapa kalimat yang sebaiknya tidak kamu ucapkan saat sedang berada di tempat kerja. Berhati-hatilah dalam berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor. Pilih kata-kata yang lebih bijak dan tidak memberikan kesan untuk menghakimi – RIFAN FINANCINDO
Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung

Leave a Reply