Jarang diekspos, ternyata trek mountain bike ini ramai digandrungi

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Melihat aksi mountain bike di video yang tersebar viral di YouTube tampaknya memang jarang ada yang mengekspos lokasi di Indonesia. Bagi yang kurang memahami atau jarang mengikuti informasi mountain bike mungkin pernyataan tersebut benar adanya.

Tapi, bagi penggemar sepeda gunung, Indonesia ternyata punya trek mountain bike yang ramai digandrungi dan tak kalah menantang dengan trek yang ada di luar negeri.

Gunung Papandayan, Garut

Gunung yang terletak di Garut ini bukan saja terkenal keindahannya. Gunung Papandayan juga tidak hanya terkenal untuk kegiatan paralayang. Rupanya, Gunung Papandayan juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk bersepeda gunung. Jalur Cisurupan menuju puncak Papandayan setinggi 2664 meter sangat cocok didaki dengan sepeda. Rata-rata pesepeda gunung membutuhkan waktu 4 jam untuk sampai ke puncak.

Rindu Alam Puncak, Bogor

Setiap akhir pekan pagi Puncak selalu dipenuhi ratusan pesepeda gunung. Tepatnya di Tugu Selamat Datang yang terletak dua kilometer di atas Restoran Alam, Puncak, Bogor, para mountain biker berkumpul. Mereka akan menyusuri trek menurun di antara hamparan kebun teh yang hijau, menerobos udara Puncak yang sejuk dengan kecepatan 20 km/jam. Ada beberapa trek yang bisa dicoba. Dan, yang paling terkenal adalah trek Rindu Alam.

Gunung Halimun, Bogor

Jika Puncak sudah terlalu padat, Taman Nasional Gunung Halimun Bogor bisa dijadikan pilihan yang tak kalah menantang untuk bersepeda gunung. Tidak seperti Puncak, trek di Gunung Halimun cukup berat, yaitu gabungan tanjakan dan turunan. Butuh teknik bersepeda gunung yang mumpuni jika ingin mencoba mountain biking di sini.

Universitas Indonesia, Depok

Lokasi mountain biking paling mudah dijangkau dan tidak kalah populer ternyata ada di Universitas Indonesia kampus Depok. Dibanding tiga trek sebelumnya tentu trek di UI ini tidak ada apa-apanya. Namun, bagi pesepeda gunung pemula, trek bernama UI Bike Park ini layak dijadikan sarana penunjang keahlian bersepeda gunung.

Bagi yang ingin mengasah skill bermain sepeda gunung, keempat trek tersebut layak dicoba. Jangan lupa, persiapkan segala sesuatunya sebelum mulai bermain seperti air minum. Vaseline Men Facial foam juga jangan sampai ditinggalkan.

Terjalnya trek berpadu debu pegunungan yang bertaburan rentan membuat kulit wajah terpaksa #beranirusak akibat paparan debu. Hadirnya Vaseline Men Facial foam dapat membantu memperbaiki kulit rusak akibat paparan debu, polusi dan juga sinar matahari.

 

sumber : merdeka.com

IT RFB BDG