Rifan Financindo Berjangka – Lakukan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Waras Dan Bahagia

Lakukan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Waras Dan Bahagia – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Kamu sering merasa tertekan karena jalanan macet? Atau merasa tertekan karena beban kerja di kantor? Jangan khawatir, karena kamu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang sering merasa seperti itu. Kehidupan kita saat ini, terutama bagi kita yang tinggal di daerah urban, selalu dituntut untuk serba cepat dan menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan. Tentunya sangat membuat kita tertekan dan justru membuat kita tidak dapat bekerja secara optimal, bukan?

Kondisi tertekan tersebut sering kali disebut sebagai stres, sebuah kondisi mental yang tidak seimbang dan membuat kita tidak mampu berpikir dengan jernih. Akibatnya, dalam kondisi stres seperti ini, sering kali kita tidak dapat bekerja dengan baik, sering lupa, atau bisa saja kehilangan nafsu makan sampai mengarah ke gangguan mental yang lebih parah jika tidak tertangani dengan baik.

Agar dapat bekerja secara optimal, kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengatasi stress serta merawat kesehatan fisik dan mental kita sendiri (self-care). Secara umum, self-care dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk merawat kesehatan mental kita, dengan mengambil waktu sejenak untuk memperhatikan diri sendiri dan memastikan kita memiliki waktu berkualitas untuk diri kita sendiri.

Berikut 5 cara self-care yang bisa bikin kamu makin bahagia.

1. Berlatih menerapkan mindfulness

Ini adalah salah satu cara untuk merasakan kembali tubuh dan jiwa kita. Rasakan setiap momen yang ada di sekeliling kita, tarik nafas panjang, dan cobalah untuk merelaksasi bagian tubuhmu yang terasa tegang. Ini bisa membantu meredakan kecemasan dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang mengganggu. Kuncinya adalah ambil waktu sejenak untuk meredakan kecemasan dan ketegangan.

2. Rawatlah tubuh dan pikiranmu

Jangan lupa untuk makan makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup, ya. Meskipun sibuk dan tuntutan kerja, tinggi kedua hal penting ini tidak boleh kita lupakan. Olahraga secara teratur juga bisa membatu kita merasa senang karena dengan gerak tubuh, hormon endorfin atau hormon kebahagiaan akan dilepaskan dari otak.

Kamu juga bisa curhat dengan teman-temanmu jika sedang punya masalah, atau bisa juga menulis jurnal harian yang berisikan tentang perasaanmu atau pengalamanmu hari itu. Ini bisa membantu meredakan emosi-emosi negatif, loh dan juga bisa membuat kamu lebih lega pastinya.

3. Tentukan batas maksimum

Ini artinya adalah kita perlu mengenali diri kita sendiri, memahami batasan diri, dan menentukan batasan. Menetapkan batasan bukan hanya berarti mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang memang kamu tidak bisa melakukannya atau kamu tidak memiliki waktu, tetapi juga membatasi orang-orang yang hanya mengambil keuntungan dari dirimu.

4. Rencanakan liburan

Kalau bicara soal liburan, kadang kala semua hanya wacana. Tapi ternyata, mau tidak mau kita memang memerlukan waktu liburan dan melakukan sebuah kegiatan yang di luar biasanya agar lebih fresh.

Tidak perlu merencanakan liburan yang panjang dan mahal. Kamu bisa juga melakukan kegiatan yang murah meriah, bahkan tanpa biaya untuk liburan. Lihatlah daerah sekitarmu apakah ada museum, teater, atau taman terdekat yang sesuai dengan minatmu. Bisa juga kamu melakukan hobimu yang selama ini tertunda, lho. Atau bisa saja kamu hanya berjalan-jalan, dan lihat di mana kamu akan berhenti. Seru bukan?

5. Ingatlah untuk tertawa

Tertawa adalah obat yang paling manjur dan tidak memerlukan biaya maha. Tertawa juga merupakan obat yang paling ampuh untuk mengatasi kesedihan. Cobalah untuk menertawai dirimu sendiri, terkadang ini juga diperlukan agar kita tidak terlalu tegang dan cemas akan suatu hal. Tertawalah bersama dengan teman, keluarga, atau hewan peliharaan.

Perlu diingat melakukan self care bukan berarti kita egois, tapi memang sesuatu yang kita perlukan agar dapat bekerja lebih baik dan membatu orang-orang yang membutuhkan kita. Sudah ada hari peringatan internasional self-care juga loh di tanggal 24 Juli, untuk mengingatkan kita pentingnya kesehatan mental dan self care.

Ingatlah selalu, bahwa walaupun hari self-care international  sudah berlalu, pastikan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman yang membuatmu tertawa, cobalah untuk tidak menganggap dirimu terlalu serius, dan rencanakan liburan seru ala dirimu sendiri untuk menjaga kita tetap happy dan sehat mental tentunya – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : hipwee.com

Rifan Bandung