Rifan Financindo Berjangka – Marak Praktik Skimming, Ini Tips Menghindarinya

Marak Praktik Skimming, Ini Tips Menghindarinya – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo menjelaskan dalam satu tahun terakhir, marak terjadi ATM Skimming. Bagaimana cara menghindarinya?

Indra menjelaskan ATM skimming adalah suatu tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debet dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debet secara ilegal, Jadi skimming ini kejahatan yang sudah lama dilakukan oleh sindikat dan biasanya mencuri datanya dari ATM bank yang bersangkutan atau dari bank lain.

Biasanya sindikat itu menempatkan perangkat di leher atau untuk memasukkan kartu itu dan nanti ada kamera yang menangkap PIN yang nanti di entry-kan melalui keyboard, cara itu yang kemudian dimanfaatkan oleh sindikat dan data itu dibuat dengan kartu palsu.

Sekarang modus ATM Skimming, kata Indra bukan hanya terjadi di daerah-daerah pariwisata dan kota-kota besar, tapi juga sudah mulai terjadi di daerah-daerah terpencil.

Kendati demikian, kata Indra ada tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk bisa terhindar dari sindikat ATM Skimming.

Pertama, masyarakat harus berhati-hati setiap memasukan kartu ke mesin ATM, dicek terlebih dahulu, ada gak yang mencurigakan. Kemudian dalam mengetik PIN, jangan terbuka dan lebih tertutup, sehingga tidak mudah ditangkap kamera atau sensor yang dipasang,” tuturnya.

Kedua, masyarakat perlu curiga ketika saat memasukkan kartu ke dalam mesin ATM dan saat memasukkan kartunya susah atau agak seret, itu bisanya sudah ada perangkat yang ditanam di mesin ATM, jadi kalau saat memasukkan kartu itu agak seret, itu biasanya sudah ada perangkat yang sudah ditanam, itu tanda-tanda yang harus diwaspadai,” kata Indra melanjutkan.

Salah satu bentuk operasi skimming juga bisa dilihat dari janggalnya keadaan fisik sebuah mesin ATM, bisa dikarenakan adanya mesin skimmer yang dipasang pada mulut mesin ATM atau pada tombol angka yang terpasang di mesin ATM. Perhatikan kondisi mesin ATM apakah ada kejanggalan seperti kabel yang terlepas atau ada yang berbeda.

Juga tidak kalah penting, perhatikan lokasi dan lingkungan ATM berada. Lokasi ATM yang cenderung gelap dan tanpa pengawasan seperti keberadaan security dan kamera CCTV juga rawan menjadi tempat operasi skimming – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : cnbcindonesia.com

Rifan Bandung