PT Rifan – Meningkatkan Strategi Bisnis dengan Content Marketing

Meningkatkan Strategi Bisnis dengan Content Marketing – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Content marketing (pemasaran konten) adalah salah satu dari urusan digital marketing yang saat ini banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dan pengusaha. Digital marketing dipilih karena menjawab kemajuan teknologi yang semakin canggih dan semua urusan dikerjakan secara digital.

Hal ini akan meningkatkan prospek dari proses pemasaran pada sebuah usaha dan bisnis. Oleh sebab itu, penggunaannya dirasa memiliki dampak yang baik dan besar bagi berjalannya usaha serta promosi dari para pelaku usaha. Penerapan content marketing tentunya harus sesuai dengan usaha apa yang dijelaskan atau dilakukan promosi pada usaha tersebut. Lalu apakah pengertian dari content marketing itu sendiri?

Pengertian Content Marketing

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa content marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan konten sebagai sarana atau alat untuk melakukan pemasaran tersebut. Konten yang digunakan tentunya konten yang akan memiliki tujuan promosi atau memasarkan produk dan jasa dari sebuah website tersebut.

Pada pemasaran ini dilakukan juga untuk melibatkan target atau konsumen agar menggunakan atau memakai produk dan jasa yang dimiliki. Oleh sebab itu, penerapan content marketing dirasa berdampak besar bagi proses serta kemajuan bisnis. Content marketing dirasa lebih efektif dan efisien dikarenakan saat ini semua proses dilakukan secara digital yang memanfaatkan teknologi dan internet dalam penggunaanya.

Pada dasarnya content marketing merupakan sebuah promosi atau iklan dari produk atau jasa, namun perbedaannya yaitu penerapannya tidak langsung menuju ke arah promosi atau periklanan. Namun memberikan informasi terlebih dahulu tentang produk tersebut atau penjelasan lainnya mengenai informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dipromosikan.

Contoh Content Marketing

Penggunaan konten sebagai media promosi serta pemasaran sangatlah memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi brand atau produk suatu bisnis, dalam hal ini konten yang digunakan harus mampu menarik target atau konsumen dalam melakukannya. Seperti tujuan awal dari content marketing yaitu sebagai media atau cara untuk mendapatkan banyak pelanggan serta pengguna dari barang dan jasa bisnis kita.

Oleh sebab itu contoh pemasaran konten yang diterapkan haruslah memiliki fungsi menaikkan keterkaitan dengan target. Content marketing yang digunakan dapat memanfaatkan banyak platform atau situs-situs website sebagai cara untuk lebih memudahkan promosi. Seperti penggunaan sosial media, website resmi dari bisnis, ataupun dengan penerapan fitur-fitur ads atau iklan pada media sosial.

Contoh dari content marketing adalah sebagai berikut:

  1. Infografis

    Dengan menyajikan data-data, info, dan pengetahuan yang akan membantu memudahkan customer mengetahui informasi dengan lebih cepat serta mudah, dalam hal ini info yang diberikan disusun sedemikian rupa seperti bentuk grafik atau diagram yang akan membantu proses promosi lebih mudah tersampaikan.

  2. Video

    Dalam hal pemasaran, video juga dapat sebagai cara pemasaran yang dapat dimanfaatkan dengan diunggah melalui berbagai platform seperti Youtube, Instagram, Facebook dan sosial media lainnya. Dalam hal ini, isi video yang diterapkan juga harus tetap melibatkan proses pemasaran atau marketing produk tersebut, selain itu dengan video akan memudahkan para pelanggan mengetahui produk secara jelas dan visual karena sudah tergambarkan di dalam video.

  3. Blog atau Website

    Menggunakan blog atau website sebagai content marketing juga menjadi pilihan yang baik serta mampu mendatangkan banyak pelanggan karena banyak dari para konsumen akan mengunjungi website ketika membutuhkan sesuatu atau produk.

Strategi Content Marketing untuk Bisnis

Taktik atau strategi yang harus diterapkan dalam penerapan content marketing antara lain adalah:

  1. Menentukan tujuan dari pembuatan content marketing

    Memiliki tujuan bisnis yang tepat akan memudahkan proses pemasaran yang dilakukan serta akan menjadikan proses pemasaran sesuai dengan tujuan awal dibuat atau tujuan dari pemasaran tersebut.

  2. Membuat konten berkualitas

    Pembuatan konten yang berkualitas serta dapat meningkatkan performa dari bisnis akan sangat dibutuhkan, dalam urusan ini proses pembuatan konten harus tetap mempertimbangkan unsur promosi dengan tidak melupakan memberikan informasi terhadap konsumen. Sehingga konten yang dihasilkan akan bermutu serta berkualitas dan dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mencapai proses pemasaran.

  3. Memiliki target konsumen

    Dengan memiliki target konsumen, proses marketing akan lebih jauh terarah serta tertata dan tidak keluar dari jalur yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan demikian menyusun target konsumen sangatlah membantu dan penting dalam proses pengelolaan content marketing suatu bisnis.

  4. Melakukan promosi yang tepat

    Dalam hal ini proses promosi atau proses penyebaran konten harus dilakukan dengan tepat dengan memperhatikan cara serta strategi yang sesuai. Bagaimana cara mempromosikan, waktu dan melalui apa proses promosi tersebut harus disesuaikan dan benar-benar diperhatikan dengan tujuan menaikkan usaha.

  5. Evaluasi konten

    Proses evaluasi penting dilakukan sebagai cara untuk mengetahui kekurangan atau hal apa yang perlu dikembangkan dalam pembuatan sebuah konten. Evaluasi diterapkan untuk meningkatkan kunjungan dari konsumen serta memberikan dampak yang besar bagi pelaku usaha.

Beberapa strategi ini tentunya akan membantu meningkatkan proses dan usaha bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan tetap memperhatikan strategi marketing yang ada saat ini. Oleh sebab itu memahami proses marketing adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan bisnis.

Kesimpulan

Content marketing diperlukan sebagai sarana promosi bisnis di era digital, penerapan content marketing dirasa efektif dan mendatangkan banyak manfaat dibanding dengan proses marketing konvensional, proses marketing yang dilakukan harus memperhatikan banyak faktor serta memiliki strategi-strategi untuk menaikkan proses penjualan – PT RIFAN

Sumber : sekawanmedia.com

Rifan Bandung