RIFANFINANCINDO – Pelajaran Berharga dari 4 Miliarder Dunia

RIFANFINANCINDO -Pelajaran Berharga dari 4 Miliarder Dunia

RIFANFINANCINDO BANDUNG – Dari 2.604 orang berstatus miliarder, lebih dari 67 persen miliarder tersebut berhasil mencapai statusnya lantaran usaha sendiri. Sepanjang 2019, sebagian dari para miliarder berbagi berbagai pelajaran hidup tentang bagaimana dia mencapai kesuksesannya.

Kisah sukses dari para miliarder kerap menjadi acuan bagi banyak orang untuk mencapai kesuksesan. Berikut pelajaran yang bisa diambil dari para miliarder terkaya dunia sepanjang 2019, dilansir CNBC Make It.
1 dari 4 halaman
Warren Buffett

Pelajaran: Berinvestasilah pada diri sendiri

Buffett mengatakan investasi terbaik yang bisa Anda lakukan sama sekali tidak ada hubungannya dengan uang. Menurutnya, sejauh ini, investasi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah investasi pada diri sendiri.

Buffett mengatakan, pelajaran pertama untuk berkomunikasi lebih baik baik melalui tulisan atau secara langsung adalah dengan meningkatkan kualitas diri Anda sendiri. Tak hanya cukup ilmu, Anda juga harus bisa menyampaikan gagasan Anda dengan baik.
2 dari 4 halaman
Jeff Bezos

Pelajaran: Ubah cara pikir Anda

Bezos mulai membangun perusahaannya sejak 1994. Kini ia memiliki harta lebih dari USD 111 miliar. Bezos mengatakan, dirinya telah belajar dari berbagai pengalaman, bahwa sangat penting untuk membuka diri dan bersedia berubah pikiran.

Faktanya, Bezos mengatakan, orang-orang cenderung bekerja keras untuk mengenali apa yang mereka yakini. Tapi mereka harus senantiasa berusaha mencari bukti untuk menemukan apa yang benar.
3 dari 4 halaman
Bill Gates

Pelajaran: Kelilingi diri Anda dengan orang yang tepat

Gates mengatakan, dia menemukan cara untuk menahan egonya sejak menjadi miliarder di usia 31 tahun. Gates tetap menjadi sosok yang rendah hati dengan melakukan hal normal seperti cuci piring atau mengantar anak ke sekolah.

Dia juga membiarkan dirinya dikelilingi orang-orang yang bisa menahan egonya seperti sang istri dan sahabat baiknya Warren Buffett. Hingga kini, lantaran ia dikelilingi orang yang tepat, dia merasa selalu bisa bersikap rendah hati.
4 dari 4 halaman
Jack Ma

Pelajaran: Siapa saja bisa sukses asal kerja keras

Pendiri Alibaba, Jack Ma, yakin siapapun bisa sesukses dirinya. Bagaimana tidak, Ma pernah ditolak 30 perusahaan sebelum akhirnya menjadi guru bahasa Inggris. Baru kemudian pada 1995 ia berkenalan dengan internet dan muncul gagasan untuk memulai situs e-commerce di China, tanpa kemampuan dan uang.

Kini Jack Ma merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan harta senilai USD 46 miliar. Dari situ ia yakin bahwa siapapun bisa sukses selama dirinya mau bekerja keras.

sumber : merdeka.com

IT RFB BDG