PT Rifan Financindo – Pentingnya Investasi Dalam Membangun Kekayaan Anda

Pentingnya Investasi Dalam Membangun Kekayaan Anda – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Pertama kali saya terjun ke dunia pasar modal menjadi trader saham. Dan saya bertanya-tanya, buat apa sih investasi saham? Toh hasil dari saya trading saham banyak dan jauh lebih dari cukup

Lalu saya coba untuk investasi dan sekaligus trading, pada 2 rekening saham yang berbeda. Pada akun untuk investasi saham, saya terapkan strategi investasi, pada akun trading saham saya terapkan strategi trading. Apa yang terjadi?

Melalui investasi saham jangka panjang, yang jarang saya utak-atik, ketika di cek lagi saya terkejut melihat pertumbuhannya.

Oleh karena itu, sekarang selain dari trading sebagai yang utama, saya juga mulai investasi saham jangka panjang. Dan saya selalu mengingatkan para trader untuk menyisihkan sebagian asetnya untuk investasi saham jangka panjang

Apa keuntungan investasi saham ?

Banyak orang malas investasi saham jangka panjang, katanya ngga seru trus baru bisa dapat untungnya lama. Padahal strategi investasi saham itu sangat mudah dan cocok untuk pemula.

Strateginya yaitu pilih saham berfundamental bagus, tunggu harga saham terdiskon, buy and hold. Buat pemula yang belum mengerti fundamental, Anda bisa memilih perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, pangsa pasar besar,dan kebal krisis. Contohnya ? Investasi saham-saham blue chips seperti BBRI, BBCA, UNVR, KLBF, INDF, JSMR dan masih banyak lagi. Lalu tunggu value terdiskon untuk buy.

Jika Anda tidak mengerti cara untuk menghitung valuasi, Anda bisa menggunakan strategi nabung saham yang sedang saya tulis secara lengkap di buku saya yang baru. Nantikan yaa…

Kesulitan dalam investasi bukan pada menerapkan strateginya, namun pada emosi dan sifat tidak sabar. Inti keberhasilan dari investasi jangka panjang adalah KESABARAN, komitmen, konsistensi, dan disiplin.

Investasi Dan Trading

Apabila Anda seorang trader, Anda pasti tahu trading saham sungguh mengasyikkan. Hal ini karena kita dapat melipatgandakan asset dan merealisasikannya dengan cepat. Saya juga masih mendapatkan

Namun bagaimana dengan investasi ?

Mindset seorang investor saham memang berbanding terbalik dengan trader saham. Seorang investor dalam membeli saham pikirannya adalah membeli sebuah bisnis. Oleh karena itu, investor yang percaya dengan fundamental suatu perusahaan akan membeli suatu saham pada waktu yang tepat dan menyimpannya dalam waktu lama.

Beberapa trader pasti bertanya tanya, cukupkah saya trading saham saja?

Menjadi trader memiliki keunggulan sedangkan menjadi investor juga memiliki keunggulannya sendiri. Kalau jadi trader kita hemat hemat waktu dan bisa merealisasikan profit kita dengan cepat. Sedangkan jadi seorang investor kita tidak perlu pusing dengan pergerakan atau fluktuasi pasar. Investor percaya bahwa bagaimanapun fluktuasi harian pasar, harga saham akan kembali ke fundamentalnya.

Saya sendiri lebih banyak mendapatkan keuntungan melalui trading saham. Saya bisa mendapatkan untung ratusan persen dalam waktu beberapa bulan saja. Walaupun begitu saya juga tetap berinvestasi saham.

Anda juga bisa menentukan untuk trading saham atau berinvestasi saham dengan melihat dari profil resiko Anda. Semakin konservatif profil resiko Anda semakin cocok Anda untuk melakukan investasi. Semakin agresif-moderat, semakin cocok Anda untuk trading saham. Saran saya adalah lakukan keduanya! Tips nya adalah pisahkan akun untuk investasi dan akun untuk trading. Gunakan mindet seorang trader dalam trading dan gunakan mindset seorang investor untuk berinvestasi,

Bagaimana caranya saya bisa mulai memilih saham-saham untuk investasi ?

Dalam memilih saham untuk investasi jangka panjang harus melihat FUNDAMENTAL perusahaan. Jangan sampai Anda beli kucing dalam karung.

Untuk mengetahui fundamental perusahaan yaitu : rajin-rajinlah baca riset dari sekuritas, bukan sekedar rumor. Bagaimana cara mendapat riset dari sekuritas ? Anda bisa buka rekening saham dan biasanya sekuritas-sekuritas akan mengirimkan riset rutin ke email Anda.

Namun hal ini tidak berarti Anda harus buka akun di semua broker, cukup 1 atau 2 broker saja, sudah cukup – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing.com

Rifan Bandung