PT Rifan – 3 Tips Palsu Pencegahan Virus Corona Covid 19

PT Rifan – 3 Tips Palsu Pencegahan Virus Corona Covid 19

PT RIFAN BANDUNG – Pandemi virus corona covid-19 yang melanda seluruh dunia masih belum berakhir. Beragam informasi seputar virus berbahaya ini terus beredar, termasuk informasi hoaks.

Beragam hoaks muncul mulai dari cara penyembuhan, obat yang bisa melawan virus corona covid-19, hingga makanan penangkal virus corona covid-19.

1. Memakan bawang putih bisa mencegah covid-19

Banyak unggahan di Facebook yang menyebut memakan bawang bisa mencegah virus corona covid-19, WHO memang pernah bilang beberapa makanan sehat mungkin punya sifat antimikroba. Namun belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan memakan bawang putih bisa melindungi orang dari virus corona covid-19.

Meskipun memakan bawang putih tidak berbahaya namun dampaknya bila dikonsumsi berlebihan selalu ada, salah satu surat kabar di China, The South China Morning Post melaporkan seorang wanita harus dirawat di RS karena mengonsumsi 1,5 kg bawang putih mentah.

2. Membuat hand sanitiser sendiri

Banyak unggahan di media sosial yang memperlihatkan cara membuat hand sanitiser dengan mudah di rumah. Terutama saat hand sanitiser langka beberapa bulan lalu, sayangnya resep hand sanitiser racikan sendiri itu tidak semuanya benar. Bahkan beberapa diantaranya mengandung disinfektan yang lebih cocok di permukaan barang dan bukan kulit.

Sementara hand sanitiser yang biasa beredar di pasaran mengandung emolien sehingga aman untuk kulit, Profesor Sally Bloomfield dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyatakan tak percaya ada orang yang bisa membuat hand sanitiser yang efektif dan aman meski sudah berbahan alkohol lebih dari 40 persen.

3. Meminum air putih setiap 15 menit

Salah satu unggahan yang sempat viral di Facebook mengutip “seorang dokter Jepang” yang merekomendasikan meminum air putih setiap 15 menit untuk memerangi virus di mulut. Bahkan versi bahasa Arab dari unggahan tersebut dibagikan sebanyak 250 ribu kali, profesor Trudie Lang dari University Oxford mengatakan tidak ada mekanisme biologis yang bisa mendukung ide untuk meminum air setiap 15 menit dan virus akan mati di perut.

Apalagi virus corona covid-19 memasuki badan kita melalui saluran pernapasan. Mungkin beberapa memasuki mulut namun meminum air putih secara konstan bukan solusi membunuh virus tersebut.

Meskipun demikian meminum air putih agar tidak dehidrasi merupakan saran medis yang baik – PT RIFAN

 

Sumber : liputan6.com

 

PT RIFAN

Rifan Bandung