PT Rifan – Apa Benar Investasi Saham, Kinerja Investor Perempuan Lebih Baik Dari Pada Pria

PT Rifan – Apa Benar Investasi Saham, Kinerja Investor Perempuan Lebih Baik Dari Pada Pria

PT RIFAN BANDUNG – Gender, ternyata mempengaruhi cara dan prilaku seseorang saat berinvestasi saham. Mengingat investasi saham dahulu kala didominasi oleh kaum pria, nyatanya saat ini wanita tidak kalah hebat dari pria ketika menjadi investor saham.

Investasi saham yang sifatnya berisiko tinggi kini mulai dilirik kaum hawa. Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan per akhir Maret 2019 lalu saja jumlah investor perempuan di Indonesia telah mencapai 40 persen dari total investor pasar modal, jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan angka sebelumnya yang memperlihatkan jumlah investor laki-laki di angka 70 persen dibanding investor perempuan yang baru di angka 30 persen dari total investor pasar modal.

Kemudian pada akhir tahun (data per 27 Desember 2019) yang diperoleh dari KSEI menunjukkan porsi pria investor pasar modal, 59,41 persen dan jumlah investor perempuannya naik menjadi 40,59 persen, meski jumlah investor laki-laki hingga kini masih lebih banyak dibanding investor perempuan, namun investasi kaum hawa lebih baik dibanding kaum adam.

Rata-rata nilai kinerja investor perempuan 0,4 persen lebih baik dibanding laki-laki, lalu, apa yang membuat kinerja investor wanita lebih baik daripada pria?

1. Wanita Lebih Sabar

Investor wanita pada dasarnya mempunyai sifat lebih sabar dibanding investor pria yang cenderung agresif. Wanita pada umumnya selektif dengan segala hal yang memiliki risiko, berbeda dengan pria yang cenderung pede dalam mengambil risiko.

Hal ini membuat wanita penuh pertimbangan untuk berinvestasi secara berlebihan, tampa pemikiran yang matang, tidak heran, transaksi jual-beli saham perempuan lebih sedikit dibanding laki-laki. Kesabaran pada perempuan pada dasarnya menandakan pertimbangan matang dibanding laki-laki.

2. Wanita Lebih Disiplin

Pria mudah terpengaruh Wanite cenderung memiliki sifat disiplin ketika berinvestasi jangka panjang. Maka itu, perempuan cenderung lebih membeli dan menahan investasi yang ia miliki. Berbeda dengan pria yang cenderung gampang tergoda dan terpengaruh mengenai investasi jangka panjang, dan mudah merubah orientasi dari investasi jangka panjang ke investasi jangka pendek.

Tidak heran, investor perempuan cenderung konservatif dan wajar kiranya jika ada data yang menunjukkan kalau investor laki-laki banyak bertransaksi saham 45 persen lebih banyak dibanding perempuan

3. Wanita Terbuka Dengan Investasinya

Pria lebih pede Paramita juga menjelaskan, ciri khas investor wanita lebih memiliki keterbukaan, dibandingkan sifat investor laki-laki yang cenderung pede dalam melakukan transaksi. Keterbukaan yang dimaksud ini adalah sifat mau menerima dan mendengarkan masukan dari pihak lain, namun realistis dengan keputusan yang akan diambil.

Sementara pria, jarang mendengar masukan dan cenderung pede dengan keputusan transaksinya, keterbukaan perempuan menjadi salah satu pertimbangan untuk keputusan yang secara komprehensif lebih terukur dan terencana. Ini berbanding 180 derajat dengan laki-laki yang cenderung membuat keputusan jangka pendek dan spekulatif – PT RIFAN

Sumber : kompas.com

Rifan Bandung