PT Rifan – Cara Tetap Produktif Saat Work From Home

Cara Tetap Produktif Saat Work From Home – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Rutinitas sehari-hari seringkali membuat kita jenuh. Apalagi jika kita tidak bisa mengelola waktu dengan bijak. Setumpuk pekerjaan maupun kegiatan lainnya bisa jadi membuat stres. Terlebih lagi jika ternyata di hari libur, kamu masih harus kerja karena pekerjaan belum selesai.

Meskipun kita sedang bekerja dari rumah atau WFH (work from home), kita juga perlu waktu luang untuk menyegarkan pikiran. Misalnya, waktu luang untuk santai atau berkumpul bersama keluarga, ketahui bahwa produktif itu bukan berarti bekerja tanpa henti. Justru tidak bisa disebut produktif jika ternyata kita mengorbankan waktu luang. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat tapi malah bekerja.

Pengertian makna produktif yang baik itu lebih menekankan pada hasil yang baik, yang melibatkan proses yang baik pula, lantas bagaimana caranya agar kita bisa kerja produktif tapi waktu luang tidak tersita? Simak tips menjadi produktif saat WFH tanpa mengorbankan waktu luang :

1. Buat Rencana Kerja

Demi kelancaran bekerja, buatlah perencanaan. Contoh, buat jadwal tugas-tugas apa yang harus kamu lakukan setiap harinya. Jangan lupa berikan target waktu pengerjaannya, Berikan juga urutan prioritas, kerjakan berdasarkan prioritas tersebut. Plus, hal yang terpenting adalah hindari menunda-nunda.

Disiplinlah dengan jadwal rencana kerjamu. Jadi kemungkinan tugas kantor menumpuk itu kecil. Ingat, goal saat weekend kamu bisa tenang tanpa beban kerjaan.

2. Fokus Saat Bekerja

Salah satu faktor terhambatnya sebuah pekerjaan adalah karena kurang fokus. Jika ingin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu maka dibutuhkan fokus pada tujuan utama. Ketika kamu fokus, semua akan lebih terasa mudah dan cepat selesai.

Jadi, miliki tujuan seperti hari ini apa yang ingin diselesaikan. Lalu cobalah fokus saat mengerjakannya. Hindari hal-hal yang membuatmu gagal fokus, seperti main game, main sosial media atau cek keranjang belanjaan online.

3. Pastikan Istirahat Cukup

Terlalu keras bekerja juga tidak baik untuk tubuh dan jiwa. Kamu tetap membutuhkan istirahat, sepadat apapun aktivitas atau pekerjaanmu. Ingat ya, menjadi produktif bukan berarti lalai istirahat.

Usahakan untuk tidur cukup setiap hari, idealnya 6-8 jam. Jangan memaksakan hanya tidur 3- 4 jam saja gara-gara mengejar target pekerjaan. Sadari bahaya efek kurang tidur, badan menjadi lebih cepat lelah, imun tubuh gampang turun dan mood kacau, mulai sekarang, jangan sepelekan istirahat. Pastikan istirahat yang cukup supaya produktivitas bekerja bisa meningkat.

4. Terapkan Prinsip Pareto

Prinsip Pareto diperkenalkan oleh Vilfredo Pareto. Intinya adalah jangan menyia-nyiakan waktu dan fokus mengambil kesempatan yang paling besar. Waktu yang dikelola dengan tepat akan membantu efektivitas dalam bekerja.

Sadari buang-buang waktu hanya akan merugikanmu. Menurut Pareto, 20% dari tindakan yang kita lakukan akan mempengaruhi hasil sebesar 80 persen. Jadi, manfaatkan 20 persen untuk melakukan hal-hal yang baik sesuai dengan waktu yang ditentukan supaya hasilnya efektif.

5. Disiplin

Sehebat apapun kamu dalam perencanaan kerja, semua itu percuma jika tidak disiplin dalam pelaksanaannya. Apapun pekerjaanmu, kamu perlu disiplin.

Kunci menjadi produtif salah satunya ialah harus disiplin. Mau itu bekerja di kantor atau dari rumah tetap perlu disiplin. Disiplin memang tidak mudah, perlu latihan. Jadi latih dirimu mulai hari ini untuk menjadi disiplin.

6. Produktif Tanpa Merasa Stres

Terus-terusan memikirkan pekerjaan akan memicu stres. Solusinya yaitu kamu harus mau merubah cara atau sistem bekerjamu agar lebih produktif. Sebagai seorang pekerja, milikilah semangat positif untuk menjadi produktif supaya kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa mengganggu waktu atau hari libur – PT RIFAN

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung