PT Rifan Financindo – 8 Hal Yang Mempengaruhi Harga Emas

8 Hal Yang Mempengaruhi Harga Emas – PT Rifan Financindo

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Harga emas tak pernah stabil, kadang naik kadang turun. Sebenarnya apa yang dapat mempengaruhi harga emas? Nah, berikut beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga emas.

Emas sering digunakan sebagai standar nilai dari mata uang di dunia. Harga emas sering mengalami perubahan terkait dengan kondisi pasar. Lalu apa yang mempengaruhi kondisi pasar?

Krisis Global

Kenaikan harga emas sering kali disebabkan oleh krisis yang terjadi di dunia. Hal ini dikarenakan banyak orang yang kurang percaya pada pemerintah atau keadaan pasar global, yang sering disebut dengan krisis komoditas. Beberapa peristiwa yang terjadi di dunia biasanya dapat berdampak pada harga emas, karena emas dipandang sebagai penyelamat disaat terjadinya pergolakan ekonomi ataupun politik.

Inflasi

Hal lain yang mempengaruhi harga emas adalah inflasi dan devaluasi mata uang. Beberapa investor akan berfikir untuk membeli emas jika harga uang kertas mereka turun.

Nilai Dolar AS

Dolar Amerika Serikat masih menjadi mata uang cadangan dominan di dunia dan menjadikan dolar AS sebagai mata uang utama dalam perdagangan internasional. Jadi, ketika dolar menguat maka emas melemah, dan sebaliknya.

Ketidakstabilan Bank Central

Setiap negara pasti memiliki bank central masing-masing, misalnya saja Bank Central Eropa, Bank of Japan, ataupun Swiss National Bank. Keadaan ekonomi yang tidak teratur membuat emas menjadi barang yang menjanjikan untuk investasi. Jadi, semua orang berusaha untuk mendapatkan emas dan membuat uang kertas mengalami ketidakpastian.

Suku Bunga

Emas memang tidak ada kaitannya dengan bunga bank, seperti obligasi ataupun rekening tabungan. Namun, kenaikan harga emas seringkali membuat penurunan suku bunga. Dan, ketika suku bunga meningkat, maka maka harga emas bisa menurun.

Perhiasan dan Industri

Emas bukan hanya berharga untuk investasi, emas juga sering digunakan untuk perhiasan dan industri. Lebih dari setengah permintaan emas mengacu pada perhiasan. Umumnya permintaan tersebut banyak berasal dari China, Amerika Serikat, India,  dan beberapa negara dengan permintaan terbanyak. Misalnya saja seperti India, emas masih menjadi mata uang, kekayaan, dan sebuah hadiah penting.

Selain perhiasan, 12% permintaan emas digunkan untuk industri. Misalnya saja digunakan untuk perangkat elektronik, computer, perangkat medis, dan lainnya.

Produksi Emas

Produksi emas pertahun sekitar 2500 metric ton, dibandingkan dengan 165.000 metric ton (perkiraan) untuk memasok kebutuhan emas di seluruh dunia. Jadi, tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi persediaan emas. Selain itu, biaya produksi dapat mempengaruhi harga emas di dunia.

Pasokan Vs Permintaan

Pasokan emas dan permintaan terhadap emas sudah barang tentu akan mempengaruhi harga emas itu sendiri. Pasalnya, jika permintaan meningkat maka akan membuat harga emas pun ikut naik, terlebih lagi jika pasokan emas mulai berkurang – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : rifanfinancindo

Rifan Bandung