PT Rifan Financindo Berjangka – Tips Bekerja Di Kantor Saat Pandemi

Tips Bekerja Di Kantor Saat Pandemi – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Bagi orang-orang yang tidak dapat bekerja dari rumah, seperti pedagang, karyawan toko, kurir, dan pekerjaan lainnya, menjaga di tempat kerja sangat penting untuk memperlambat penyebaran Covid-19. Orang-orang yang bekerja dari rumah memiliki kendali yang signifikan atas tempat kerja mereka. Namun, di kantor atau toko, sulit untuk mengontrol orang lain. Sebuah jajak pendapat pada Juni 2020 menemukan bahwa hanya 48 persen orang yang memakai masker setiap saat.

The Occupational Health and Safety Administration (OSHA) sangat menganjurkan para pekerja yang harus keluar rumah untuk menjaga jarak sosial, namun, apabila ini tidak memungkinkan, berikut adalah strategi untuk menjaga jarak sosial di tempat kerja

1. Tegas untuk jaga jarak

Hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Namun, banyak orang yang enggan bersikap asertif dengan rekan kerja yang terlalu dekat atau tidak memakai masker. Untuk menghadapi rekan kerja seperti itu, mungkin Anda perlu bersikap tegas dan jangan segan untuk menegurnya. Begitu pula jika Anda bekerja di bidang yang berhubungan dengan pelanggan, seperti pelayan restoran atau kasir minimarket, anda tidak perlu segan untuk menegur mereka ketika tidak menjaga jarak dengan pelanggan lainnya. Orang yang asertif dapat mencegah penyebaran penyakit mematikan, dan bahkan menyelamatkan nyawa.

2. Pakai masker

Seseorang yang memakai masker dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus, bahkan dalam jarak dekat. Masker paling efektif ketika semua orang memakainya, jadi orang harus mendorong rekan mereka untuk memakainya. Jika berhubungan dengan pelanggan, Anda juga harus bersikap tegas untuk mewajibkan mereka ketika mengenakan masker. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari masker, seseorang harus mengambil langkah-langkah berikut:

Memastikan masker menutupi hidung dan mulut. Memastikan masker pas, sehingga tidak ada celah. Kenakan masked dua lapis. Hindari menyentuh masker dengan tangan yang belum dicuci. Jangan melepas masker sembarangan.

3. Tanyakan tentang penerapan kebijakan kantor yang aman

Kebijakan tempat kerja yang mewajibkan masker, social distancing, dan aturan keselamatan lainnya dapat mempermudah untuk bersikap asertif dengan rekan kerja. Seseorang dapat meminta supervisor atau departemen sumber daya manusia untuk menerapkan rekomendasi berikut. Pekerja harus tinggal di rumah jika mereka sakit. Pekerja yang sakit harus segera mengisolasi dan tidak tinggal di area umum. Terapkan jam kerja yang fleksibel atau bekerja dari rumah. Pasang partisi untuk membuat lebih banyak penghalang. Gunakan selotip atau panduan lain untuk menandai 6 kaki, sehingga orang dapat dengan mudah melakukan jarak sosial.

4. Tanyakan tentang jadwal alternatif

Jika bekerja dari rumah memungkinkan, tanyakan opsi ini kepada pihak perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kebijakan pekerjaan lain, seperti pembatasan jumlah karyawan yang masuk atau menerapkan sistem shift. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan dan kontak di tempat kerja – PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : kompas.com

Rifan Bandung