PT Rifan – Langkah Awal Berinvestasi Khusus Pemula

Langkah Awal Berinvestasi Khusus Pemula – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Dari sekian banyak produk investasi, investasi saham merupakan salah satu investasi yang digemari banyak kalangan di masa sekarang. Terlebih lagi hanya dengan berinvestasi saja kita sudah mendapatkan uang tanpa harus keluar rumah. Namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui apa itu saham dan bagaimana cara memulai investasi nya.

Untuk kamu yang masih kebingungan dan pengin tau cara berinvestasi saham bisa ikutin nih langkah-langkahnya!

Sebelum itu, kita perkenalan dulu nih apa sih saham itu?

Arti sederhana dari saham adalah kepemilikan perusahaan, jadi kita mempunyai kepemilikan sebuah perusahaan terbuka, yang perlu digaris bawahi kepemilikan perusahaan ini sesuai persentase saham yang kita punya di perusahaan tersebut dengan ketentuan saham yang dapat dibeli seminimal mungkin satu lot saham atau 100 lembar saham.

Jika sudah tau pengertiannya, lanjut kita bahas langkah-langkahnya

Langkah pertama ialah belajar. Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan paling tinggi dibandingkan investasi yang lainnya. namun, dibalik keuntungan yang tinggi, risiko di baliknya juga cukup tinggi, salah satu cara untuk mengurangi risiko adalah mengetahui dunia saham tersebut. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memahami dunia investasi mulai dari membaca buku, menonton video investasi di youtube ataupun mengikuti medsos saham dan investasi.

Salah satu contoh buku bacaan mengenai investasi ialah The Intelligent Investor karya Benjamin Graham dan The Snowball karya Warren Buffett, langkah selanjutnya ialah memilih sekuritas. Sekuritas merupakan lembaga perantara antara kita dengan dunia pasar modal, contohnya reksa dana, saham, dan lainnya.

Ada banyak sekuritas di Indonesia, baik itu lokal maupun asing. Contoh sekuritas yang ada di Indonesia ialah IndoPremier Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas, jika kamu bingung dalam memilih sekuritas, pilihlah sekuritas yang sudah terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia, di sana terdapat banyak sekuritas, tinggal pilih salah satu yang membuat kamu cocok untuk berinvestasi di sana.

Langkah ketiga ialah membuka Rekening Saham. Setelah memilih sekuritas, kita sesegera mungkin membuka rekening saham dengan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, seperti KTP, SIM, ataupun Kartu Keluarga.

Jika sudah membuka rekening saham, langkah selanjutnya ialah men top-up deposit. Deposit diperlukan dalam investasi, karena saat kita ingin berinvestasi wajib memiliki modal (deposit). Masing-masing sekuritas memiliki kebijakan nya sendiri, ada yang mengharuskan kita top-up awal Rp 100.000 dan ada juga yang tidak mewajibkan untuk top-up.

Tetapi, saat kita ingin melakukan investasi awal, kita harus memiliki modal (deposit) dahulu sehingga mengharuskan untuk top-up.

Langkah terakhir ialah melakukan analisis. Pada dasarnya setelah kita mengikuti langkah-langkah sebelumnya kita dapat melakukan transaksi saham, hanya saja kita sebaiknya melakukan analisis terlebih dahulu.

Jangan sampai membeli saham hanya ikut-ikutan atau sekadar iseng saja, kita sebagai investor yang bijak ada baiknya menganalisa saham yang ingin kita beli.

Analisa yang dilakukan yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal. Analisa fundamental dengan melihat laporan keuangan dan kinerja perusahaan sedangkan analisa teknikal dengan melihat berita-berita ter-update tentang investasi – PT RIFAN

Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung