Rifan Financindo Berjangka – 4 Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

4 Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh di Era New Normal – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNGIndonesia tengah bersiap memasuki era tatanan kehidupan baru atau new normal, setelah tiga bulan lebih diimbau untuk di rumah saja dan menerapkan social distancing. Meski saat ini virus corona belum menghilang seutuhnya, pemerintah Indonesia secara bertahap memberlakukan masa transisi new normal per Juni 2020

New normal sendiri merupakan kehidupan baru yang harus dijalani masyarakat dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari COVID-19. Dengan new normal, masyarakat diharapkan melakukan kebiasaan-kebiasaan baru, seperti memakai masker saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun, hingga menghindari kerumunan dan selalu menjaga jarak.
Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk terus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, agar terhindar dari virus corona. Meski hal ini dianggap tidak mudah karena kita juga harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, nyatanya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di era new normal. Apa saja?

Jaga Asupan Makanan

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjaga asupan makanan. Pertanyaannya, kenapa makanan bisa memengaruhi daya tahan dan imunitas tubuh?

Menurut penuturan dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, dokter Spesialis Gizi Klinik yang berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, hal itu berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan, Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 70 persen sistem imun dipengaruhi oleh kesehatan saluran cerna. Maksudnya, jika saluran cerna sehat, maka daya tahan tubuh juga meningkat. Nah, untuk mendukung kesehatan saluran cerna itu kita harus mengonsumsi makanan yang sehat, Pada prinsipnya untuk mengatur pola makan yang sehat, kita harus memenuhi asupan gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga mencukupi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah, mengonsumsi buah dan sayur memang penting, namun pastikan bahwa Anda sudah memenuhi asupan nutrisi gizi seimbang.

Menjaga Kebersihan

Bukan hanya menjaga asupan makanan, di era new normal ini kita juga harus menjaga kebersihan agar terhindar dari virus dan bakteri berbahaya. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan saat beraktivitas di luar rumah. dr. Diana menyarankan kita untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri. Saat tidak menemukan air, Anda bisa menggunakan hand sanitizer, Selain menjaga kebersihan diri, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan benda-benda yang ada di sekitar. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air, hingga saklar lampu.

Rutin Berolahraga

Meski sudah boleh menjalankan aktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda tetap melakukan olahraga di dalam rumah untuk meminimalisir risiko tertular virus berbahaya. Anda bisa melakukan gerakan olahraga di rumah saja dengan melihat instruksi lewat YouTube atau kelas-kelas online, Pastikan untuk rutin olahraga minimal 3-5 kali seminggu dengan durasi 30 menit sehari, untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar

Istirahat Yang Cukup

Istirahat memiliki peran yang sama pentingnya dengan makanan dan olahraga. Alasannya, karena tidur sendiri bisa membantu memaksimalkan metabolisme tubuh sekaligus menjaga daya tahan tubuh, disarankan tidur minimal 6-8 jam setiap harinya. Menurutnya, dengan durasi tidur yang cukup, badan akan terasa lebih segar dan mood pun meningkat. Selain itu, fungsi organ tubuh juga bisa bekerja lebih maksimal – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung