Rifan Financindo – Tips Agar Tak Tertular Jika Ada Anggota Keluarga Yang Positif COVID-19

Tips Agar Tak Tertular Jika Ada Anggota Keluarga Yang Positif COVID-19 – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG РPandemi virus corona penyebab COVID-19 membuat siapapun waspada terhadap kondisi kesehatan dan lingkungan. Namun, kadang usaha tersebut tak juga berhasil, dan ada anggota keluarga yang terkena virus tersebut, oleh kerana itulah, penting bagi setiap orang belajar dasar-dasar tentang melindungi diri dan anggota keluarga agar tidak terkena virus corona COVID-19. Termasuk di dalam kriteria ini adalah kemungkinan ada keluarga yang terinfeksi virus corona.

Situasi juga bisa bagi yang tak dapat menjauhkan diri dari orang yang terinfeksi corona. Walhasil, pengetahun seputar virus corona sangat penting, social distancing merupakan cara yang paling efektinf untuk pencegahan. Selain itu menjaga kebersihan tangan dan mensterilkan permukaan benda di rumah sangat perlu dilakukan saat ini.

Agar tidak ikut terinfeksi virus corona, perlu melakukan zona isolasi. Langkah ini penting dilakukan jika anggota keluarga yang tinggal dengan kita telah didiagnosis positif virus corona penyebab COVID-19 dan perlu dirawat di rumah.

Lantas bagaimana cara menjaga orang lain supaya tidak tertular virus corona? Berikut cara supaya tak tertular virus corona jika anggota keluarga ada yang terinfeksi:

1. Siapkan Ruangan Terpisah untuk Si Penderita

Cara yang pertama adalah menyiapkan ruang terpisah untuk keluarga yang positif terkena virus corona penyebab Covid-19. Jika terbatas ruangannya, bisa menjaga jarak setidaknya 6 kaki antara orang yang sakit dengan orang lain di dalam rumah, kemudian lebih baik juga menggunakan kamar mandi terpisah. Namun jika di rumah tidak ada kamar mandi lain lagi, anggota keluarga yang sakit tersebut harus membersihkan kamar mandi setelah digunakan.

Dan juga membiarkan kamar mandi terbuka hingga 30 menit setelah digunakan si penderita. Jangan lupa selalu menutup toilet sebagai upaya membatasi partikel virus di lubang toilet supaya tidak menyebar di udara.

2. Rumah Memiliki Ventilasi yang Cukup

Cara ke tiga adalah memastikan rumah memiliki ventilasi yang cukup banyak. Lebih baik juga ada filter udara dan pembersih udara. Karena udara yang lembab dapat menyebabkan virus bisa hidup lebih lama. Aturan kelembapan udara yang ideal adalah antara 40-60 persen, anggota keluarga yang sakit harus menggunakan masker dan pelindung kepala jika ia berada di sekitar anggota yang lain. Jangan lupa untuk selalu mendisinfeksi semua permukaan yang habis digunakan orang yang sakit, hindari penggunaan perlatan bersama, seperti gelas, piring, handuk, tempat tidur, dan juga barang-barang lainnya.

Jika kita memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan biarkan anggota keluarga yang sakit tersebut berinteraksi dengan hewan peliharaan. Ini untuk mencegah penularan virus dari manusia ke hewan.

3. Bersihkan Seluruh Permukaan dengan Disinfektan

Selain peralatan makan, bersihkan juga dengan disinfektan semua permukaan yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, peralatan makan, gagang telepon, keyboard. Bersihkan barang-barang itu setiap hari, kemudian, ketika kita hendak membersihkan benda-benda di rumah, gunakan sarung tangan sekali pakai. Jauhkan barang-barang kotor dari tubuh.

Nah setelah itu, masukkan sarung tangan bekas, masker sekali pakai, dan barang-barnag yang sudah terkontaminasi lainnya ke dalam kantong sebelum membuangnya. Terakhir, pastikan terus memantau kesehatan si penderita. Jika ada gejala yang lebih parah maka segera hubungi petugas kesehatan.

Itulah cara menjaga agar tidak tertular virus corona saat ada anggota keluarga ada yang terinfeksi. Dengan upaya pencegahan penularan lebih baik untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Jangan asingkan keluarga yang terinfeksi virus. Tetap dukung dia supaya tidak putus asa untuk melewati ini bersama – RIFAN FINANCINDO

Sumber : liputan6.com

Rifan Bandung