RIFAN FINANCINDO | 9 Pelajaran Sukses Chris Gardner, Tuna

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO | 9 Pelajaran Sukses Chris Gardner, Tuna Wisma yang Jadi Kaya Raya

RIFAN FINANCINDO BANDUNG | Christopher Paul ‘Chris’ Gardner adalah seorang wirausahawan, investor, broker saham, pembicara motivasional, pengarang dan filantropis Amerika yang, pada awal 1980an, berjuang dengan keadaan ketunawismaan sambil membesarkan putranya yang masih balita.

Namun perjuangannya tidaklah sia–sia, Ia pun menjadi orang yang sukses. Ada buku biografi yang menceritakan tentang perjalanan dari Chris Gardner yaitu The Pursuit of Happyness yang diterbitkan pada Mei 2006. Kemudian buku tersebut dijadikan film.

Apa sajakah pelajaran yang bisa dipetik dari Chris Gardner, berikut ulasannya:

1. Menilai diri sendiri
Setiap orang mempunyai keterampilannya masing-masing. Mungkin itu keterampilan mengasuh anak, rasa ingin tahu Anda, imajinasi Anda atau gaya fashion yang unik. Pelajarannya di sini kita semua memiliki kemampuan dan bakat yang unik.

2. Lihatlah seseorang yang Anda kagumi
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengenali bakat Anda, lihatlah kepada orang lain Anda tahu siapa yang telah banyak pengalaman. Anda mungkin terkejut dengan bagaimana keterampilan Anda naik ke permukaan dengan melihat orang lain.

3. Di mana ada kemauan, ada jalannya
Ingatlah hal-hal yang memungkinkan Anda mencapai tujuan sebelumnya. Percaya pada diri Anda dan dalam sumber daya yang tak terbatas yang telah Anda siapkan.

4. Jadilah bergairah, tenang dan terus belajar
Berikut adalah tiga hal yang Chris Gardner katakan kepada pemilik bisnis atau pengusaha mana pun. Pelajaran pertama adalah Anda harus bersemangat dengan apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak bersemangat, Anda mengorbankan diri Anda setiap hari. Kedua, Anda harus tetap stabil, tenang dan fokus pada impian Anda. Anda akan menghadapi banyak rintangan, tapi Anda harus tetap menjalankan bisnis. Akhirnya, Anda harus selalu mau belajar dan beradaptasi.

5. Bersemangat tentang sesuatu
Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Anda harus memiliki hasrat yang kuat untuk itu sehingga Anda bisa menembus rintangan apapun, melompati rintangan untuk melihat penglihatan Anda. Gardner adalah orang pertama yang mengakui bahwa pada masa-masa awal karirnya, kekuatan motivasinya yang utama untuk menemukan pekerjaan adalah uang. Dia harus membayar uang sewanya, dia harus bisa membeli makanan dan pakaian, dan dia harus mengurus bukan hanya dirinya sendiri, tapi juga anaknya yang masih kecil.

Meski begitu, hanya dengan memilih untuk fokus pada karir yang benar-benar membuatnya senang, Gardner bisa naik ke puncak lapangan. Gardner akhirnya menemukan sesuatu yang bisa dia sukai dan dia tidak akan membiarkan kesempatan kebahagiaannya melewatinya.

6. Jadilah yang terbaik yang bisa Anda lakukan
Gardner mengaitkan kenaikannya ke puncak dari ibunya dan ‘genetika spiritualnya’, yang mendorong Gardner untuk memimpikan impian besar untuk dirinya sendiri dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Ibu Gardner adalah seorang guru terlahir alami. Dia suka melakukannya dan dia melakukannya dengan baik.

Tapi, setelah ditinggalkan oleh suaminya, dia mendapati dirinya berada dalam posisi untuk merawat 12 anak sendirian. Dia mengorbankan mimpinya mengajar untuk mengambil banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa mendukung keluarga dengan lebih baik.

Namun, dia mendorong Gardner untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dia lakukan. Komitmen untuk menjadi yang terbaik adalah sesuatu yang tidak pernah dia lupakan dan terus menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dia bisa.

7. Lindungi mimpimu
Selama masa-masa sulit, Chris bisa saja berhenti dan menyalahkannya pada keadaan, situasi, orang lain, istrinya, warna kulitnya. Tapi Ia tidak melakukan itu. Jika Anda menginginkan sesuatu, Anda harus melakukan apa yang diperlukan untuk mendapatkannya.

8. Jadilah tangkas
Ketika Gardner memulai, ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi karena dia gesit, dia bisa menangani semuanya. Gardner menyebutkan “Saya memulai bisnis saya di rumah saya dengan US$ 10.000. Saya tidak tahu Anda tidak bisa melakukannya, jadi saya melakukannya. Saya adalah kepala pemasaran, kepala penjualan, kepala perdagangan, petugas kepatuhan utama dan saya harus membersihkan tempat itu pada akhir hari”.

9. Punya rencana
Jika Anda memulai bisnis, harapan tidak cukup. Anda membutuhkan sebuah rencana yang jelas, singkat, menarik dan konsisten. Selain itu, Anda perlu berkomitmen terhadap apa yang Anda lakukan – Chris Gardner

Berikut adalah pelajaran sukses dari Chris Gardner, Semoga bermanfaat…

sumber : finance.detik.com

IT RFB BDG