Rifan Financindo – Bingung Pilih Karier, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menemukan Jawabannya

Bingung Pilih Karier, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menemukan Jawabannya – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Setiap orang punya jalur karier yang berbeda-beda. Ada yang cocok menjadi dokter dan ada pula yang menikmati bekerja di bidang seni. Namun, bagi sejumlah orang, memilih karier bukan hal yang mudah. Terkadang kita kesulitan menemukan bidang yang sesuai dengan kepribadian dan potensi kita.
Untuk mendapatkan jawaban tentang karier, tentunya kita tidak bisa hanya berdiam diri. Terdapat beberapa usaha yang bisa dilakukan, misalnya dengan mencari tahu dan menggali nilai yang ada di dalam diri. Tidak hanya itu, berikut ini masih ada 4 cara atau tips lain yang bisa kamu coba.

1. Temukan motivasi melalui tontonan

Kamu adalah satu dari sejumlah orang yang sedang berjuang menentukan jalur karier yang harus diikuti. Bila kamu masih bingung menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya, cobalah tonton sejumlah video di YouTube atau platform lainnya. Kamu bisa menemukan sejumlah orang yang punya pengalaman yang sama denganmu. Bisa jadi kamu bisa memetik sejumlah pelajaran dan mendapatkan masukan yang mampu mengarahkan langkahmu dalam memilih karier. Cobalah mencari video tentang cara menentukan tujuan hidup dan lainnya. Hal itu bisa ditemukan di berbagai kanal, misalnya TED Talk.

2. Ketahui keinginan dan preferensi kamu

Ada banyak orang yang berpikir bahwa pilihan hidup hanya terbatas pada 2 hal saja. Pertama, lakukan yang disukai saat ini. Kedua, lakukan yang disukai setelah mendapatkan banyak uang.
Namun sebetulnya kamu bisa membuat pilihan lain dengan menggali nilai yang ada di dalam diri. Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan dan kepuasan kamu, termasuk dalam memilih karier. Mungkin sejumlah pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk menemukan jalan yang tepat.
Pertama, apakah kamu lebih puas bekerja sendiri atau bekerja dengan tim? Kedua, apakah kamu suka dengan rutinitas jam kerja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore? Ketiga, apakah kamu menikmati mengetik di laptop sepanjang hari atau lebih senang bekerja di luar ruangan? Pikirkanlah gaya hidup kamu, kebiasaan, dan preferensimu untuk memilih karier yang sesuai.

3. Bertanya pada sejumlah orang

Orang yang menjalani karier di bidang yang disukai cenderung akan merasa bangga dengan pencapaiannya. Mereka umumnya suka berbicara tentang apa yang mereka lakukan dan menceritakan kembali kisah bagaimana mereka sampai di posisi tersebut. Nah, kamu bisa mencari orang yang demikian dan cobalah bertanya pada mereka. Jangan ragu untuk meminta masukan dan memulai obrolan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan saran yang baik dari orang yang berpengalaman. Di sisi lain, kamu memberikan mereka kesempatan untuk menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.

4. Coba segala kemungkinan

Kamu tidak akan pernah tahu suka atau benci dengan sesuatu tanpa mencoba. Cobalah mulai mengeksplor pengetahuan dan keterampilan kamu dengan melakukan hal yang mungkin kamu suka, serta kegiatan yang tidak pernah terpikirkan untuk dilakukan. Kamu bisa coba untuk membaca berbagai jenis buku, berbicara dengan sejumlah orang yang punya latar belakang berbeda, atau mempelajari setiap bidang yang ada. Selain menambah pengetahuan, kamu mungkin akan merasa bangga dengan usaha yang telah dilakukan. Bukan tidak mungkin bila semua ilmu itu nantinya bisa berguna di masa depan.

5. Mengobrol dengan teman

Terkadang teman bisa melihat potensi yang ada di dalam diri kamu. Mungkin saja kamu punya kelebihan yang belum disadari, tetapi teman-temanmu memperhatikannya. Bila sedang jalan bersama, cobalah untuk minta bantuan dari mereka dan tanyakan kira-kira bidang apa yang menurut mereka kamu kuasai. Bila jawabannya berbeda dari yang dibayangkan, itu bisa menjadi sebuah kejutan untuk kamu coba. Namun, bila jawabannya sesuai ekspektasi, itu bisa menambah rasa percaya diri untukmu – RIFAN FINANCINDO
Sumber : kumparan.com

Rifan Bandung