Rifan Financindo – Enam Langkah Mudah Melakukan Detoks Digital

Enam Langkah Mudah Melakukan Detoks Digital – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Era digital semakin menyibukkan kita dengan perangkat-perangkat elektronik canggih. Era ini juga membuat kita selalu terhubung setiap waktu di manapun Anda berada.

Namun pernahkah Anda berpikir untuk menjauh sejenak dari keramaian dunia digital? Jika Anda sudah merasa terlalu jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan dunia digital, tak ada salahnya untuk sejenak beristirahat menikmati waktu senggang sendiri dan merasakan keberadaan lingkungan sekitar yang sebenarnya dengan melakukan detoks digital.

Detoks digital adalah sebuah cara sederhana, bebas dan sehat untuk kembali berhubungan dengan orang-orang yang dicintai, lingkungan dan diri sendiri. Banyak sekali manfaat yang didapat saat Anda menjalani ritual ‘cabut kabel’ ini, mulai dari menemukan keseimbangan hidup, mengurangi perasaan cemas, dan depresi.
Namun, menjauh dari perangkat teknologi dapat sedikit mengejutkan jika Anda tak mempersiapkan jauh-jauh hari. Berikut langkah-langkah mudah untuk mempersiapkan detoks digital seperti dilansir dari Huffington post.

1. Akuilah Anda memang membutuhkan

Pertama, taksir seberapa besar konektivitas telah merenggut tubuh dan pikiran. Jika Anda mengalami sindrom selalu merasa lelah karena tidur dengan telepon dan tak ingat kapan terakhir kali liburan, ini berarti Anda memang membutuhkan waktu istirahat bebas dari ponsel. Yakinlah bahwa cara ini, meskipun tak nyaman di awal, perlahan akan menyesuaikan dan menenangkan jiwa.

2. Buatlah rencana

Jangan hanya berbicara, buatlah rencana. Raih kalender dan berkomitmen untuk melakukan detoks digital.

Penelitian menunjukkan Anda akan berhasil mewujudkan rencana jika Anda menuliskan rencana dan mengumumkannya. Sebanyak 22 persen pria dapat mencapai tujuan yang dicatat, dan 10 persen wanita dapat mencapai rencana mereka jika mengumumkannya secara terbuka kepada keluarga atau teman-teman. Jadi catatlah dan umumkan rencana detoks digital Anda!

3. Biarkan mereka tahu

Mungkin Anda sedikit khawatir jika teman-teman menanyakan saat-saat Anda hilang sejenak dari dunia digital. Jadi, beritahu mereka sejak awal dengan membuat pengumuman melalui status Facebook atau Twitter jauh sebelum Anda melakukan detoks digital. Beritahu mereka dalam waktu dekat ini Anda akan sulit dijangkau, kecuali jika ada keadaan darurat.

Buatlah pengaturan otomatis untuk membalas email kerja agar dapat menjaga hubungan kerja terutama dengan atasan. Dengan memberitahu mereka sejak awal dapat membuat Anda semakin santai saat menikmati hari bebas perangkat teknologi.

4. Bayangkanlah saat santai bebas dari teknologi

Daripada memikirkan tentang hal-hal yang akan banyak terlewat saat Anda melakukan detoks digital, lebih baik fokuslah pada hal baik yang belum pernah ditemukan saat Anda hidup tanpa ponsel.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, melamun dapat membantu meningkatkan mood dan juga menciptakan hubungan baik dengan orang lain. Jadi mulailah membayangkan bagaimana suasana keheningan yang akan dirasakan.

5. Lakukan meditasi

Langkah ini mungkin agak sulit bagi banyak orang, tetapi ini sebenarnya penting. Sisihkan waktu sebelum memulai detoks digital agar Anda benar-benar berpikir tentang apa yang sebenarnya diinginkan dan butuhkan. Pikirkan apa yang sebenarnya Anda ingin capai.

Sebuah niat dapat menjadi alat yang cukup kuat untuk mewujudkan apa yang ada di dalam diri Anda. Sama seperti saat Anda melakukan yoga, aturlah niat sebelum lepas dari dunia terhubung, dengan menguatkan niat Anda akan lebih terbuka dan menerima pikiran.

6. Lepaskan colokan

Anda mungkin tak begitu menginginkannya, tetapi Anda sudah siap. Ambil plester dan papan luncur lalu berselancarlah di pantai yang sesungguhnya. Anda akan hidup dengan selamat meskipun tanpa teknologi sejenak dan mungkin suatu hari Anda akan ketagihan dan melakukannya lagi – RIFAN FINANCINDO

Sumber : cnnindonesia.com

Rifan Bandung