RIFAN FINANCINDO – Harga Emas Naik

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO | Harga Emas Naik

RIFAN FINANCINDO BANDUNG | Harga emas naik pada akhir perdagangan Selasa dinihari (04/04) mengabaikan penguatan dolar AS, terpicu ketegangan geopolitik terkait pernyataan Presiden Trump terhadap Tiongkok dan Korea Utara.

Harga emas spot LLG naik lebih tinggi 0,34 persen menjadi $ 1,252.91 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni naik $ 2,80 untuk menetap di $ 1.254.

Analis mengatakan fokus sekarang beralih ke data payrolls AS pada Jumat yang bisa memberikan petunjuk lebih lanjut tentang arah suku bunga.

Mendukung emas adalah ketegangan geopolitik yang dipicu oleh Presiden Donald Trump yang pada hari Minggu mengulurkan kemungkinan menggunakan perdagangan sebagai tuas untuk mengamankan kerjasama Tiongkok terhadap Korea Utara.

Donald Trump telah memperingatkan bahwa AS akan mengambil tindakan sepihak untuk menghilangkan ancaman nuklir dari Korea Utara, kecuali Tiongkok meningkatkan tekanan pada rezim di Pyongyang.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Presiden AS mengatakan akan membahas ancaman dari program nuklir Kim Jong Un dengan Xi Jinping ketika ia menjadi tuan rumah bagi Presiden Tiongkok di resor Florida pekan ini, di pertemuan pertama mereka.

Emas sering dianggap sebagai alternatif investasi selama masa ketidakpastian geopolitik dan keuangan.

Indeks dolar mencapai tertinggi dua minggu sebelumnya, naik 0,16 persen pada 100,51.

Belanja konsumen AS hampir tidak naik pada bulan Februari di tengah keterlambatan pembayaran restitusi pajak penghasilan, tetapi lompatan tahunan terbesar inflasi dalam hampir lima tahun mendukung ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini.

Emas Spot meraih keuntungan kuartalan sekitar 8,4 persen pada hari Jumat, menandai kuartal terbaik dalam setahun, sebagian besar didorong oleh ketidakpastian kebijakan Trump dan pemilihan umum di Eropa.

Manajer hedge fund dan manajer uang mengangkat posisi net long mereka di COMEX emas untuk minggu kedua berturut-turut dalam seminggu hingga tanggal 28 Maret dan mendorong sedikit perak, Data Commodity Futures Trading Commission menunjukkan pada Jumat.

Dalam logam mulia lainnya, perak tempat beringsut turun 0,27 persen menjadi $ 18,17 per ons tapi diadakan di dekat level tertinggi empat minggu.

Platinum naik 1,13 persen menjadi $ 955,70, setelah mencatat kuartal terbaik dalam setahun. Paladium naik 0,87 persen pada $ 801,95 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik terpicu pelemahan bursa Wall Street. Namun jika dollar AS terus menguat akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,255 – $ 1,257, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support 1,251 – $ 1,249.

sumber : vibiznews.com

IT RFB BDG