RIFAN FINANCINDO | Menuju pengakuan UNESCO, becak wisata bakal

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – Menuju pengakuan UNESCO, becak wisata bakal disebar di Kota Lama

RIFAN FINANCINDO BANDUNG –  Pemerintah Kota Semarang semakin memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Kota Lama. Becak wisata bakal disediakan untuk menikmati nuansa eksotis setiap sudut dan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Lama.

Nantinya, becak akan menjadi moda transportasi utama di Kawasan yang tengah diperjuangkan memperoleh pengakuan sebagai salah satu world Heritage tersebut. Di kawasan tersebut pula sepenuhnya akan steril dari kendaraan bermotor.

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan, untuk menuju pengakuan sebagai World Heritage oleh UNESCO salah satu syaratnya adalah menghidupkan kembali roda kehidupan di Kota Lama.

“Untuk operasi becak di Kawasan Kota Lama ini dimulai setelah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang yang ke 470 pada bulan Mei mendatang,” kata dia, Kamis (13/4).

Untuk mempersiapkan pengoperasian becak tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya lomba melukis dan mural becak. “Becak wisata akan kita launching setelah semua tahapan itu berjalan,” ujar Mbak Ita, sapaan karibnya.

Ia berharap, becak bisa menjadi moda transportasi untuk mengunjungi bangunan Kota Lama seperti Monod Huis yang berfungsi sebagai sentra worksop batik, UKM Centre gedung Telkom, gedung Art Gallery, Out de Trap, Taman Srigunting, Gereja Blenduk, Taman Garuda, Polder Tawang, dan lainnya.

Sementara untuk pengemudi becak yang nantinya akan beroperasi di Kawasan Kota Lama, pihaknya akan menggandeng sejumlah pengemudi becak yang ada. Pengemudi tersebut akan diberikan pelatihan sebelum beroperasi.

“Kita rangkul pengemudi becak yang ada, kita beri pelatihan, becaknya kita hias, bisa dengan mural bisa dengan lukis. Yang mereka layani nanti kan wisatawan,” ujarnya.

Sebelumnya kendaraan dengan tonase melebihi tiga ton telah dilarang melewati Kawasan Kota Lama mulai Maret lalu. Selanjutnya Kawasan Kota Lama akan steril dari kendaraan bermotor dan beralih menggunakan becak.

 

sumber : merdeka.com

IT RFB BDG