Rifan Financindo ; Prinsip dan Tujuan Kerjasama Tim dalam Bisnis

www.ignaciosegovia.com

Rifan Financindo- Dalam suatu tim, jika para anggota yang tidak pernah saling berbagi informasi tentang perkembangan bisnis dan masalah yang sedang dihadapi, maka tim tersebut akan macet karena tidak terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik. Kurangnya kerjasama tim yang bermutu membuat para anggota tim menghadapi tantangan yang lebih besar yang semakin sulit ditangani. Dalam mengerjakan tugas setiap anggota saling mengharapkan satu sama lain atau mengerjakan tugas ganda akibatnya tugas-tugas yang diberikan tidak terselesaikan dengan baik.

Sebuah tim kerja semestinya berupaya agar dapat menghasilkan kinerja yang baik dibandingkan jika pekerjaan tersebut dilakukan secara perorangan. Secara teori, kerja tim alias teamwork merupakan kemampuan menjalin kerjasama menuju visi dan misi yang sama. Oleh karena itu, agar tidak keluar dari arti penting dari kerjasama, maka diharapkan setiap anggota mempunyai kesadaran dan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan visi dan misi tersebut. Agar menghasilkan kesuksesan dalam mengerjakan tugas, setiap anggota harus berpegang teguh kepada prinsip-prinsip kerjasama tim, yaitu:

  • Kepercayaan

Setiap anggota dalam tim harus saling percaya bahwa anggota lainnya mampu melaksanakan pekerjaan dengan hasil yang baik. Tanpa adanya rasa percaya yang dibangun akan timbul masalah sehingga pekerjaan tidak terselesaikan.

  • Ketulusan

Kepercayaan yang dibangun dalam tim harus dengan tulus, tidak timbul rasa saling curiga.

  • Totalitas

Dalam mewujudkan kerjasama yang baik, setiap anggota harus bekerja dengan total. Karena jika ada salah satu anggota yang tidak bekerja secara optimal maka akan menggangu kinerja anggota tim yang lainnya.

  • Kekompakan

Keberhasilan kerja tim ditentukan oleh kekompakan anggotanya. Kekompakan dalam kerjasama tim dapat terjalin jika setiap anggota paham terhadap tujuan bisnis.

  • Keadilan

Kerjasama dalam tim perlu diterapkan peraturan, mekanisme dan pembagian tugas secara jelas, agar terjadi keseimbangan dan tidak terjadi kecemburuan karena merasa pekerjaan yang diberikan lebih berat dari anggota lainnya.

  • Keberagaman

Banyaknya ide dan gagasan yang dihasilkan dari pemikiran anggota-angota yang beragam terkadang menimbulkan konflik. Namun jika dipahami dengan baik maka keragaman tersebut justru memiliki keuntungan tersendiri dalam mewujudkan tujuan bisnis.

  • Kebersamaan

Pemimpin bisnis berperan penting dalam menjalin kerjasama antar anggota-anggotanya. Pemimpin harus kreatif dalam menyatukan pribadi-pribadi semua anggota agar tetap kompak. Perbedaan budaya dan latar belakang membutuhkan waktu dan kepiawaian pemimpin dalam pengorganisasian yang baik.

  • Toleransi

Tidak semua anggota dapat menghargai kesepakatan yang telah ditetapkan. Untuk menghindari hal tersebut pemimpin bisnis harus terus memantau kerja anggota-anggotanya. Agar pekerjaan tidak terhambat setiap anggota memahami tujuan yang sama dengan anggota lainnya, karena hambatan kerja yang dihadapi bisa saja terjadi karena anggota kurang memahami pekerjaannya.

Prinsip-prinsip kerjasama tim menjadi hal penting bagi pemimpin dalam memantau perkembangan tim bisnisnya.? Setiap anggota harus mengerti tujuan dan menghindari sifat keegoisan diri di dalam tim. Anggota tim harus berkomunikasi secara efektif, memberikan potensi diri dan memberdayakan diri dalam mendukung visi tim sehingga tim menjadi lebih kompak. Tujuan kerjasama dalam tim di lingkungan kerja antara lain :

  1. Membangun komunitas dalam tim
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan bersama
  3. Menghindari konflik horizontal
  4. Menghasilkan keputusan yang kolektif
  5. Menciptakan kelompok okupasi dalam arti mengembangkan dan memelihara serta memulihkan fungsi tim.

Budaya teamwork dalam sebuah bisnis memang bukan hal asing lagi. Dengan demikian setiap anggota harus mampu mewujudkan kerjasama dalam timnya. Jika kerjasama tim dapat terus bertahan dan terjalin dengan baik, hal ini akan berdampak terhadap kualitas bisnis secara keseluruhan. -Rifan Financindo.

admin sai