Rifan Financindo ; Sifat dan Prospek Investasi Logam

telegrafist

Rifan Financindo-Berkembangnya dunia perdagangan sekarang ini membuat para investor berlomba mencari ladang modal yang dinilai memiliki peluang pasar jangka panjang. Melihat perkembangan usaha industri tambang dan hasilnya menggiurkan membuat para pengusaha mulai melirik keuntungan dan penghasilan berbisnis komoditi logam. Sebagian orang berpendapat bahwa bisnis ini tergantung kepada kecakapan menjalankannya. Karena itu, kebanyakan masyarakat tertarik berinvestasi karena pertimbangan nilainya saja. Investasi logam saat ini begitu menjanjikan, karena dinilai memiliki keuntungan yang lebih menjanjikan dalam jangka panjang. Namun semakin banyaknya tawaran berinvestasi membuat calon investor bingung dalam mengambil keputusan.

Pilihan investasi logam

Beberapa jenis logam dan peluang keuntungannya sebagai alternatif calon investor :

  • Emas

Emas dianggap memiliki nilai investasi yang paling besar dan masa depan yang menjanjikan. Emas batangan atau logam mulia masih menjadi pilihan para investor karena memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan emas perhiasan. Selain itu, emas batangan tidak dikenakan pajak PPN sehingga dinilai lebih menguntungkan dibanding emas perhiasan. Harga jual emas batangan juga sangat tinggi, dan gampang terjual karena mempunyai nilai likuiditas yang tinggi dibanding logam lainnya. Tinggi rendahnya harga emas tergantung dari pergerakan nilai dollar. Jika nilai dollar menurun maka harga jual emas akan meningkat.

  • Perak

Investasi logam dalam bentuk perak juga sangat menjanjikan saat ini, hanya saja pemasarannya kurang diekspos sehingga orang lebih tertarik dengan emas. Sejak tahun 2002 harga perak sudah mengalami kenaikan drastis dibanding komoditas emas. Nilai perak hingga saat ini masih stabil. Para investor yang ingin bermain di perak harus memperhitungkan apakah ingin bermain dalam jangka panjang atau pendek. Perak sendiri diprediksikan 10 sampai 20 tahun kedepan mempunyai nilai yang masih stabil. Persentase kenaikan harga perak dengan emas tidak sama, namun pergerakan harga perak biasanya mengikuti pergerakan harga emas. Harga perak juga akan mengalami penurunan jika nilai dollar mengalami peningkatan.

  • Platinum

Ada? pilihan lain dalam berinvestasi yaitu platinum, meningkatnya permintaan platinum dari Industri Otomotif yaitu sekitar 70 sampai 80 persen, berimbas meningkatnya harga jual platinum. Karena itu dapat memberikan pengembalian harga yang cepat dan besar. Bagi investor yang ingin bermain di platinum untuk investasi jangka panjang sepertinya logam ini sangat sesuai, namun bagi yang membutukan pengembalian modal untuk jangka waktu 3 sampai 6 bulan, logam ini bukan pilihan yang tepat.

  • Tembaga

Minat terhadap investasi logam di sektor pertambangan (khususnya tembaga) sekarang ini mengalami penurunan dibanding jenis logam atau industri mineral lainnya. Sepanjang tahun 2013 harga tembaga turun hingga 9,4%. Hal ini disebabkan krisis yang dialami Amerika. Kisaran harga tembaga dari US$ 7.000-US$ 7.400 per metrik ton. Tembaga sekarang ini masih bergerak pada kisaran yang relatif kecil.

Setiap investasi tidak pernah lepas dari resiko untung dan rugi. Maka dari itu, investor harus siap menanggung resiko yang mungkin dihadapinya sebelum mulai menanam modal mereka. Pemain baru sebaiknya terlebih dahulu mempelajari informasi yang lebih akurat terkait pilihan investasi logam yang ada, serta keuntungan dan resiko masing-masingnya..

Jangka waktu investasi perlu dipertimbangkan, apakah mereka berinvestasi jangka panjang atau jangka pendek; apakah modal yang dibutuhkan ingin di tukar segera atau dalam waktu yang lama. Investor logam harus bisa membaca fluktuasi harga logam. Tren turun naiknya nilai mata uang terhadap jenis logam mulia sangat berpengaruh. Nilai dollar yang sekarang ini meningkat menyebabkan emas dan perak mengalami penurunan.-Rifan Financindo.

admin sai