Rifan Financindo ; Tips Bisnis ? Memikat Konsumen Wanita

kerryandco.comRifan Financindo- Pengaturan strategi dalam berbisnis adalah hal yang sangat penting. Syarat utama untuk sukses dalam bisnis adalah mengenali segmen konsumen sasaran. Penyusunan strategi bisa dilakukan dengan belajar dari pengalaman, rekan bisnis, tips bisnis, pelatihan dan lain sebagainya. Memiliki produk yang tersegmentasi sebenarnya kurang dianjurkan dalam memulai bidang usaha, sebab ini memperkecil ruang gerak anda dengan pangsa pasar yang sedikit. Namun demikian, ada sisi positif yang bisa anda ambil dengan memiliki pasar yang tersegmentasi.

Misalkan saja kita menjual produk-produk wanita. Dengan cara ini, anda bisa lebih memfokuskan segala taktik dan strategi untuk menggaet konsumen. Untuk memulai bisnis dengan pasar tersebut, tentulah anda harus pintar melihat trend wanita, produk yang banyak atau selalu dicari, dan segala hal yang memiliki hubungan dengan wanita. Fashion, kosmetik, dan hal-hal yang berbau kecantikan adalah beberapa pilihan produk anda.

Berikut adalah beberapa tips bisnis yang bisa anda coba jika hendak berkecimpung dalam penjualan produk untuk wanita:

  • Promo

Sejak zaman dahulu kala sudah terlihat bahwa kaum hawa senang dengan adanya potongan harga. Contoh kecil, coba kita perhatikan ibu yang sedang berbelanja di tukang sayur, untuk mendapatkan potongan harga hingga seribu rupiah, mereka akan rela menghabiskan banyak waktu ?merayu? tukang sayur tersebut. Dalam hal ini, seandainya saja ada tukang sayur B, yang lewat dengan promo potongan harga ?beli satu ikat bayam gratis satu ikat? sudah barang tentu tukang sayur B akan dipilih.

  • Bonus

Bagi anda yang pernah ikut dalam arisan ibu-ibu, anda tentu kalau wanita akan memilih produk yang disertai bonus dibanding produk yang tidak menyediakan bonus. Misalkan ibu A bercerita, bahwa kemarin dia baru saja membeli kebaya dengan harga yang sedikit lebih mahal, terkadang muncul ibu B yang menceritakan hal yang sama ditambah dengan ?mending jangan beli disitu bu, beli ditoko Z aja, dapat bonus selendang lagi?. Percakapan itu tentunya didengar oleh ibu-ibu yang lain, bahkan bukan mustahil, ibu A yang sudah membeli kebaya akan datang ke toko Z untuk membeli kebaya hanya untuk mendapatkan bonusnya saja.

  • Coba Gratis

Sebenarnya tips bisnis ini bisa diklasifikasikan ke dalam promo. Coba gratis (free trial) biasanya berlaku untuk semua tipe konsumen, tidak hanya wanita, pria juga suka mencoba sesuatu yang gratis. Tetapi ada sedikit resiko dalam tipe promo yang satu ini; ada kalanya ketika sudah mencoba calon kostumer malah tidak jadi membeli. Untuk itu butuh sedikit tenaga ekstra untuk meyakinkan kostumer agar membeli ketika sudah mencoba produk yang anda tawarkan. Sebagai saran, ada baiknya promo coba gratis ini diberikan untuk jenis-jenis produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen tersebut.

  • Iklan

Bagaimana mungkin anda bisa berharap ada pembeli yang berkunjung, kalau mereka tidak tahu produk yang anda jual? Iklan menjadi sebuah tips bisnis yang sangat bagus untuk memperkenalkan produk dan semua jenis promo yang anda tawarkan. Iklan terbukti efektif untuk menjaring konsumen. Dari sekian banyak orang yang melihat iklan anda, tentu saja ada yang akan terpancing untuk mencoba. Jika kita memang belum memiliki cadangan dana untuk iklan, anda bisa mencoba untuk memaksimalkan jejaring sosial yang ada pada saat ini. Bisa juga dengan membuat website perusahaan, membuat halaman di jejaring sosial, atau berbagi info kedalam forum-forum yang memiliki topik mengenai hal-hal yang berhubungan dengan wanita.

Jika anda menerapkan hal ini secara konsisten, konsumen anda tidak akan lari kemana-mana. Pastikan juga, selain promosi yang baik, konsumen butuh pelayanan yang maksimal, terutama jika anda menjual produk-produk yang membutuhkan layanan purna jual. Semoga beberapa tips bisnis ini bisa memberikan pencerahan dan juga membantu anda dalam mengembangkan usaha.? -Rifan Financindo.

admin sai