Rifan Financindo – Tips Menghindari Gerd Karena Tidur Usai Sahur

Tips Menghindari Gerd Karena Tidur Usai Sahur – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Usai sahur, kemudian tidur lagi. Mungkin masih banyak orang yang melakukan kebiasaan ini. Namun tahukah Anda, kebiasaan ini justru dapat memicu gangguan kesehatan?

Banyak ahli menegaskan untuk jangan langsung tidur usai makan, termasuk setelah sahur di momen bulan Ramadhan seperti saat ini.

Apa yang terjadi di dalam tubuh ketika langsung tidur setelah makan sahur?

Kondisi tidur setelah makan bisa memicu penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux D)

Gerd adalah penyakit asam lambung yang saat ini trennya semakin meningkat di masyarakat.

Makanan yang sudah tertelan masuk ke lambung akan kembali ke saluran esofagus jika kita dalam posisi terbaring sesaat setelah makan.

Tips tidur setelah sahur

Jika Anda tak bisa menahan kantuk, Imelda memberi beberapa tips jika ingin tidur usai sahur agar puasa tetap nyaman tanpa muncul gejala GERD.

Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah:

1. Posisi kepala agak tinggi

Tidur setelah sahur dapat dilakukan dengan posisi kepala yang agak tinggi, misalnya dengan menggunakan dua atau tiga bantal agar posisi kerongkongan lebih tinggi dari lambung.

2. Hindari makanan berlemak

Upayakan menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

Di antaranya seperti makanan yang digoreng, makanan yang banyak mengandung mentega, keju, dan daging olahan ketika sahur.

Dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak, kita membantu proses pengosongan lambung berjalan lebih cepat – RIFAN FINANCINDO

Sumber : kompas.

Rifan Bandung