RIFANFINANCINDO | Penipuan berkedok Undangan Tes PT.Chevron

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO | Penipuan berkedok Undangan Tahapan Tes Seleksi PT.Chevron

RIFANFINANCINDO BANDUNG | Tadi siang, adik bungsu saya tiba-tiba mendapatkan sms yg isinya meminta adik saya untuk mengecek email terkait dengan undangan wawancara dari PT Chevron Indonesia.

Betapa kaget dan senangnya kami mendapatkan sms tersebut.
Selain karena sedang mencari pekerjaan, adik kami mendapatkan panggilan tes dari PT Chevron !! Ya, PT Chevron yg terkenal dengan gajinya itu ! ( Saya sendiri kepengin sekali kerja di Chevron hehe… )

Berikut ini adalah isi sms nya (pada screenshoot di bawah ini, nomor Pak Rizal Kurniawan sudah di save dan adik saya sudah mengirimkan sms konfirmasi — awalnya kami kurang waspada karena terlalu excited) :

Bagi orang awam rasanya cukup meyakinkan ya…
Saya juga sempat lengah, mungkin karena terlalu excited adik saya dipanggil chevron, saya sempat kurang waspada (saya sudah minta adik saya siap-siap, siap-siap packing, siap-siap beli kebutuhan yg kira-kira diperlukan dsb) juga membalas sms konfirmasi ke si “Bapak Chevron” itu.
Namun kemudian, untungnya kewaspadaan muncul lagi, saya minta adik saya untuk forward email nya. Dan Mulailah terlihatlah kejanggalan … alamat email pengirimnya janggal.
Meski email nya cukup rapi, jika dilihat lebih teliti, email tersebut berasal dari domain .in (India).
Ngapain coba, PT Chevron Indonesia pake domain India ?
Sekilas cukup meyakinkan… Menggunakan nama Registrant Organization:PT. Chevron Indonesia
Dan menggunakan alamat di pusat kota Jakarta.
Yang janggal adalah penggunaan alamat email gratisan yahoo.co (lihat bagian yg saya beri tanda panah merah).
Dari beberapa kejanggalan di atas (nomor sms, alamat email, domain yg aneh) saya menyimpulkan ini 90% penipuan.
Tentu sangat sedih dan ga karuan rasanya buat adik saya, dari yg awalnya merasa dipanggil ke Chevron dengan kandidat hanya beberapa orang, akomodasi ditanggung dst, dan kemudian mendapatkan informasi dari saya bahwa itu kemungkinan besar adalah penipuan.
Memang betul, saya sendiri baru 90% yakin itu penipuan ( mungkin karena masih ingin berharap ini nyata ), dan keyakinan akan 100% jika si travel agent ini menelpon ke Adik saya. Karena menurut saya tidak mungkin travel agent nya mengejar-ngejar kita.
Sayangnya sampai tulisan ini ditulis si travel agent tidak menghubungi adik saya lagi.
Awalnya saya mau coba telpon ke travel agent palsu ini, namun karena sedang tidak ada nomor lain yg aktif (jangan sampai nomor handphone utama kita tersebar di kalangan penipu, bisa jadi digunakan untuk yang macam-macam) akhirnya saya urungkan niat.
Dan saya katakan ke adik saya, kalo nanti ada telpon dari “travel agent” biar saya saja yg angkat, saya mau pura2 tertipu dan mencoba mencari informasi lebih lanjut.
Sampai di sini, sebenarnya belum ada kerugian finansial yg diderita adik saya (kecuali untuk sms konfirmasi ke Pak Rizal tsb).
Lalu modusnya bagaimana ? Penipuan semacam ini ujung-ujungnya pasti uang. Trus uangnya dari mana ?
Kemungkinan seperti ini, ketika menghubungi travel agent, maka si calon peserta akan diminta transfer uang ke mereka untuk pembelian tiket, hotel, antar jemput (akomodasi). Para calon korban yg sudah merasa mendapatkan “email resmi” bahwa biaya akomodasi akan diganti (reimbursh) mungkin akan dengan mudah mengeluarkan uang tersebut, toh nantinya di reimbursh … (sebenarnya, kalo pun ga di reimbursh saya tetep mau bayar sendiri kok, asal keterima Chevron, hahaha — curcol )
Pintarnya penipu ini, mereka menggunakan trik psikologis …
1. Undangan seleksi dari PT Chevron (siapa yg ga mau kerja di sana ?).
2. Dijanjikan adanya reimbursh.
3. Deadline yg sempit, sms sekitar jam 10 pagi dan deadline konfirmasi (dan bayar) travel agent jam 17.00
Selain itu mereka juga menggunakan perhitungan waktu yang terstruktur, jika ada korban yg merasa tertipu melaporkan kejadian ke Polisi, rekening penipu kemungkinan tidak sempat terblokir karena tersebut adalah hari sabtu di mana Bank tidak beroperasi. Ketika senin minta blokir sudah diambil uangnya.
Semoga tidak ada ada yg terkena penipuan berkedok Undangan dari PT Chevron Indonesia ini.
Untuk website resmi PT Chevron Indonesia, kalo tidak salah http://www.chevronindonesia.com/
Perhatikan website menggunakan domain .com
Dan ternyata ada link di website tersebut tentang penipuan semacam ini :
http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx
berikut kutipannya :

Pengumuman Waspada Penipuan Rekrutmen

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan rekrutmen calon pekerja Chevron, kami memberitahukan bahwa informasi dan pengumuman tahapan rekrutmen Chevron secara resmi dapat diperoleh melalui situs rekrutmen www.careers.chevronindonesia.com.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan Chevron.

Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi dan berharap informasi berikut dapat berguna:
Chevron tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi Karyawan
Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain “@careers.chevronindonesia.com” atau “chevron.com” (contoh:admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com)

OK, setelah tau bahwa ini adalah penipuan, selanjutnya adalah menelusuri bagaimana si penipu bisa punya alamat email dan handphone adik saya ?
Karena pengetahuan akan hal tersebut bisa mencegah terulangnya menjadi target penipuan kembali.

Hasilnya, alamat email dan no hp adik saya didapatkan dari cv adik saya yg dikirimkan ke amail ke email hrd@chevronindonesia.in per awal Mei 2015. Alamat email ini didapat dari website lowongan kerja (adik saya kebetulan lupa alamatnya).

Hasil penelusuran saya di google dengan keyword alamat email hrd@chevronindonesia.in menemukan beberapa hit salah satunya menuju ke :
http://www.ranseloke.com/iklan/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-2015-id8564

dan

http://for-indonesia.com/site/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-1-kepala-produksi-ks-2-staff-administrasi-sa-3-sekretaris-skr-4-supervisior-sr-5-customer-service-cs-sumatra-riau-balikpapan-jawa-barat-jakar/

Tampaknya PT Chevron sering dijadikan target imingiming pencari kerja, lowongan lain yg saya yakin juga penipuan (karena menggunakan emain gmail ) :

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-dumai-riau.1H1BCwF1EzP

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-tapanuli-tengah.1l1d1KXd11RX#

Dan beberapa lagi, bisa dicari sendiri via google :)

So, lebih barhati-hatilah dalam mencari info lowongan kerja. Untuk perusahaan besar, biasanya lowongan di publish di website resminya. Ada beberapa website untuk pencari kerja yg memang cukup bonafide, Anda boleh drop CV di situ.

Pada akhirnya, tetaplah rasional ketika mendapatkan tawaran pekerjaan yg luar biasa, apalagi jika ada pengeluaran finansial di awal. Coba berhenti sejenak, kemudian cek dan ricek kembali.

Dan bagi yg pengin tau “sensasi” ditipu, mungkin bisa kirim email dengan cv fresh graduate ke alamat email tersebut. >:))

edited 24 Mei 2015 8.44 PM :
Luar biasa, ternyata sindikat penipuan sudah mengupload contoh surat palsu dari chevron namun diberi judul SURAT RESMI PT CHEVRON, dan di uploadnya pun di website yg dari namanya cenderung dipercaya : http://www.academia.edu/8959662/SURAT_RESMI_PT_CHEVRON_PACIFIC_PEKANBARU

Perlu saya tegaskan, surat di link tersebut di atas adalah PALSU yang digunakan oleh penipu.
Luar biasa ya, rapi sekali cara kerjanya.

sumber : silverant.blogspot.co.id

IT RFB BDG