Rifan Financindo Berjangka – Sederhana Ala Warren Buffett Tak Pernah Pindah Rumah, Beli Mobil Harga Diskon

Sederhana Ala Warren Buffett Tak Pernah Pindah Rumah, Beli Mobil Harga Diskon – Rifan Financindo Berjangka

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Nama Warren Buffett sudah tak asing di telinga investor. Investor yang dikenal sebagai Oracle of Omaha ini merupakan CEO Berkshire Hathaway. Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh raja bisnis Amerika ini daripada hanya pekerjaannya. Terlepas dari kekayaan bersihnya senilai US$ 78 miliar, menurut Forbes, orang terkaya keenam di dunia menikmati kehidupan dengan selera sederhana, hidup hemat, dan dermawan yang murah hati. Berikut sekilas tips Warren Buffett untuk hidup hemat seperti yang dilansir Kontan dari Yahoo Finance.

1. Rumah Warren Buffett sama dengan yang dibelinya pada tahun 1958

Miliarder tinggal di rumah mewah, bukan? Itu bukan sosok Warren Buffett. Dia tinggal di kediaman yang sama di Omaha, Nebraska, yang dia beli pada tahun 1958 seharga 31.500 dollar AS, setara dengan sekitar 285.000 dollar AS pada dolar tahun 2020. Buffett tidak berniat menjual rumahnya sendiri.
Jika dikalkulasikan dengan nilai uang saat ini, Warren Buffett akan membayar sekitar 43 dollar AS per kaki persegi untuk rumah seluas 6.570 kaki persegi. Tapi hari ini, menurut nilai rumah saat ini yang terdaftar oleh kantor penilai pajak di Douglas County, Nebraska, tempat tinggal Warren Buffett, rumah itu bernilai sekitar 161 dollar AS per kaki persegi. Jika Anda ingin hidup seperti Buffett, pertimbangkan untuk membeli rumah lebih sedikit daripada yang Anda mampu. Alih-alih membayar pembayaran hipotek yang mahal, Anda akan dapat menggunakan lebih banyak uang untuk tabungan, pensiun, atau liburan.

2. Warren Buffett memulai hari dengan sarapan murah

Anda mungkin menganggap miliarder makan siang di restoran paling mewah, memesan telur Benediktus dan mimosa tanpa dasar. Atau, mereka menyewa koki pribadi yang dapat menyiapkan apa pun dan kapan pun mereka mau. Ternyata itu salah besar. Mengadopsi gaya hidup Warren Buffett tidak termasuk membayar harga tinggi untuk roti panggang Perancis gourmet harian yang disiapkan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

Kalau bicara soal makanan, investor miliarder ini dikenal bisa menghemat uang dengan mengambil rute makanan cepat saji. Bahkan, dia mungkin memulai harinya dengan perjalanan ke McDonald’s selama lima menit berkendara ke tempat kerja, lapor CNBC. Jika dia merasa kaya, dia akan berbelanja secara royal dengan menghabiskan 3,89 dollar AS untuk sandwich biskuit bacon, telur, dan keju. Jika pasar sedang turun, dia mungkin menghabiskan 3,19 dollar AS untuk sandwich sosis, telur, dan keju. Pada hari yang sangat buruk, dia membeli dua roti sosis seharga 2,38 dollar AS, menyatukannya dan mencucinya dengan Coke yang dia tuangkan sendiri. Buffett juga dikenal memilih makanan murah saat dia dalam perjalanan. Temannya, Bill Gates, menulis di blognya bahwa sarapan perjalanan Buffett mungkin terdiri dari sebungkus Oreo. “Satu hal yang mengejutkan untuk mengetahui tentang Warren adalah bahwa pada dasarnya dia bertahan untuk makan apa yang dia suka ketika dia berusia 6 tahun,” tulis Gates. “Dia memang melewati makanan bayi, tentu saja, tapi dia kebanyakan makan hamburger, es krim, dan Coke.

3. Warren Buffett membeli mobil dengan harga rendah

Meskipun beberapa CEO berkeliling dengan mobil jutaan dolar, Anda mungkin akan menemukan Warren Buffett mengendarai sesuatu yang jauh lebih sederhana. Dalam film dokumenter BBC, putrinya, Susie Buffett, mengatakan dia membeli mobil yang bisa dia dapatkan dengan potongan harga – seperti mobil yang rusak karena hujan es. Mobil-mobil itu diperbaiki dan tidak terlihat rusak karena hujan es dan menjadi bagian rutin dari gaya hidup Buffett.
Anda harus mengerti, dia menyimpan mobil sampai saya mengatakan kepadanya, ‘Ini semakin memalukan – waktunya untuk mobil baru,'” kata putrinya dalam film dokumenter itu. Warren Buffett juga memberi tahu Forbes pada tahun 2014 tentang kebiasaannya membeli mobil. “Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru,” katanya.

4. Warren Buffett menikmati hobi yang terjangkau

Komitmen untuk hidup seperti Warren Buffett tidak berarti semua bekerja dan tidak boleh bermain. Lagipula, bahkan miliarder pun punya hobi. Tetapi dibandingkan dengan CEO, investor, dan pengusaha terkenal lainnya, hobi Warren Buffett jauh lebih terjangkau. Misalnya, dia suka bermain bridge. “Jika saya bermain bridge dan seorang wanita telanjang lewat, saya bahkan tidak melihatnya,” kata Buffett dalam wawancara “Sunday Morning” di CBS News. Ya, Buffett memproklamirkan diri sebagai pecandu game bridge, dan Anda bahkan mungkin melihatnya bermain game sekitar 8 jam seminggu, menurut wawancara Washington Post dari 2017. “Saya pernah berkata bahwa saya tidak akan keberatan masuk penjara jika saya memiliki tiga teman sel yang tepat sehingga kami bisa bermain bridge sepanjang waktu,” katanya dalam wawancara. Saat Buffett tidak sibuk menjadi seorang maestro bisnis, Anda mungkin akan menemukannya sedang memetik ukulele dan juga bernyanyi. Dia bermain untuk investor dan di acara amal. Sebuah video dirinya memainkan alat musik dengan Gates bahkan menjadi viral setelah diunggah di blog Gates pada tahun 2016.

5. Buffett memperlakukan temannya dengan baik, tapi tidak secara berlebihan

Apa yang Anda berikan kepada teman yang juga seorang miliarder? Persahabatan lama Buffett dengan Gates sangatlah legendaris. Untuk menghormati ulang tahun ke-90 Buffett, tokoh terkemuka Microsoft menjelaskan di blognya apa yang membuat persahabatan mereka tetap kuat selama bertahun-tahun: “Dari semua hal yang saya pelajari dari Warren, yang paling penting mungkin adalah tentang persahabatan,” tulis Gates.
Seseorang yang juga saya kagumi – itulah gambaran sempurna tentang perasaan saya tentang Warren. Selamat ulang tahun, teman saya.” Dan Warren Buffett tidak mendapatkan rasa terima kasih Gates melalui tindakan muluk dan mahal. Sebaliknya, ini hanya tentang bagaimana dia memperlakukan orang lain. Dalam postingan blognya tahun 2016, Gates memberikan contoh bagaimana Warren Buffett adalah teman yang baik dan bijaksana, seperti mengemudi secara pribadi ke bandara untuk menjemput Gates setiap kali dia berada di kota kelahiran Buffett, sering menelepon dan mengirim kliping berita melalui surat yang menurutnya dianggap Gates dan istrinya akan menikmati.

6. Buffett menggunakan ponsel flip Nokia lama meski sudah ada smartphone

Warren Buffett kemungkinan tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk iPhone terbaru, meskipun dia sekarang menggunakannya. Miliarder itu mengungkapkan dalam wawancara CNBC Squawk Box Februari 2020 bahwa dia telah diberi beberapa iPhone, termasuk oleh Tim Cook. Dia menyatakan ponsel flip Nokia yang dia pegang selama bertahun-tahun telah hilang secara permanen dan dia sekarang menggunakan model iPhone terbaru, yaitu iPhone 11 pada saat wawancara.

7. Warren Buffett tidak boros belanja untuk pakaian desainer

Buffett menghindari setelan desainer kelas atas. Sebagai gantinya, ia secara eksklusif mengenakan setelan jas yang dibuat oleh seorang pengusaha penjahit Tiongkok bernama Madam Li, yang ia temui pada tahun 2007. “Mereka sangat cocok,” katanya tentang setelan itu dalam wawancara CNBC 2017. “Kami mendapat pujian dari mereka. Sudah lama sekali sejak saya tidak mendapat pujian atas penampilan saya, tetapi karena saya memakai setelan Madame Li, saya mendapat pujian sepanjang waktu.”

8. Kupon Warren Buffett

Warren Buffett membuktikan bahwa miliarder pun masih menghargai kesempatan untuk menabung. Dalam surat tahunan Bill dan Melinda Gates tahun 2017, Bill mengingat perjalanan yang dia lakukan dengan investor, di mana Warren Buffett membayar makan siang cepat saji mereka menggunakan kupon. Dia bahkan memberikan bukti berupa foto tentang ini. “Ingat tawa kita saat kita bepergian bersama ke Hong Kong dan memutuskan untuk makan siang di McDonald’s? Kamu menawarkan untuk membayar, merogoh saku, dan mengeluarkan… kupon!” Bill menulis. “Melinda baru saja menemukan foto saya dan ‘pemboros besar’ ini. Itu mengingatkan kami betapa Anda sangat menghargai penawaran yang bagus. “

9. Buffett telah bekerja di gedung kantor yang sama selama lebih dari 50 tahun

Warren Buffett tetap berada di gedung perkantoran yang sama sejak dia bergabung dengan Berkshire Hathaway pada 1960-an. “Ini adalah tempat yang berbeda,” kata Buffett tentang kantor pusat perusahaan Omaha dalam film dokumenter HBO 2017 “Becoming Warren Buffett,” lapor CNBC. “Kami memiliki 25 orang di kantor dan jika Anda kembali, jumlahnya sama 25 orang. Yang persis sama. Kami tidak memiliki komite di Berkshire. Kami tidak memiliki departemen hubungan masyarakat. Kami tidak memiliki hubungan investor. Kami tidak memiliki penasihat umum. Kami hanya tidak melakukan apa pun yang dilakukan orang hanya sebagai masalah bentuk,” jelasnya.

10. Warren Buffett memiliki pemikiran yang berbeda soal menghemat uang

Dalam biografi Roger Lowenstein tentang pebisnis, “Buffett: The Making of an American Capitalist,” penulis mengatakan bahwa setelah anak pertama Buffett lahir, ia mengubah laci lemari menjadi tempat tidur bayi alih-alih menghabiskan uang untuk keranjang bayi, lapor Forbes. Ketika menyangkut anak kedua keluarga, dia meminjam tempat tidur bayi daripada membelinya.

11. Warren Buffett menghargai hubungan di atas hal-hal material

Warren Buffett menjelaskan pilihannya untuk hidup hemat selama sesi Tanya Jawab 2009 yang dia lakukan dengan sekelompok siswa sekolah bisnis. “Anda tidak bisa membeli kesehatan dan Anda tidak bisa membeli cinta,” kata Warren Buffett, menurut blog Underground Value. “Saya adalah anggota dari setiap klub golf yang saya inginkan menjadi anggota. Saya lebih suka bermain golf di sini dengan orang-orang yang saya sukai daripada di lapangan golf termewah di dunia. Saya tidak tertarik pada mobil, dan tujuan saya bukan membuat orang iri – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : kompas.com

Rifan Bandung