PT Rifan Financindo Berjangka – Tangani Emosi Negatif Dengan Cara Sehat, Begini Tipsnya

Tangani Emosi Negatif Dengan Cara Sehat, Begini Tipsnya – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Semua orang tentu pernah mengalami masalah. Bahkan, terkadang beberapa masalah itu seakan di luar kendali, hingga membuat pikiran negatif muncul dan sakit hati pun kian parah. Namun, sebenarnya hal ini bisa ditangani secara sehat. Misalnya, dengan memahami dan menerima masalah yang menimpa. Meski sulit, menerima masalah itu dapat membuat kecemasan, kemarahan, dan kesedihan berkurang.
Contohnya, saat tidak diterima kerja, terimalah kalau orang lain patut menerimanya, meski kita merasa frustasi. Setelah menerimanya, kita bisa mencoba salah satu metode yang dapat menenangkan diri dan memanjakan kelima indera kita.
1. Mencoba untuk pergi ke tempat yang nyaman dan konsentrasi pada pemandanganya.
2. Mendengar sesuatu yang nyaman, seperti musik atau suara alami.
3. Mandi air hangat atau melakukan pijat.
4. Mentraktir diri sendiri.
5. Menyemprotkan parfum.
Perasaan negatif biasanya akan berlalu atau berkurang intensitasnya seiring waktu berjalan, dan mengalihkan perhatian sampai emosi mereda akan sangat membantu. Nah, untuk mengingatkan bagaimana mengalihkan perhatian dapat membantu, mungkin bisa mencoba beberapa langkah berikut ini. Pertama, cobalah aktivitas yang memerlukan pikiran dan konsentrasi. Lalu, fokuslah pada seseorang atau sesuatu di luar diri kita, menjadi relawan-misalnya. Setelah itu, bandingkan situasimu saat ini dengan situasi yang lebih buruk, misalnya saat mengalami sakit parah. Lalu, lakukan sesuatu yang akan menciptakan emosi berlawanan, seperti menonton film lucu saat sedih.
Kita juga bisa mengusir pikiran negatif dengan mendorongnya paksa dari pikiran, misalnya, dengan menulisnya di atas kertas.
Terakhir, buatlah “periode khawatir” dalam satu hari dan gunakan kesempatan itu untuk melewati pikiran yang bermasalah, untuk membantu kita mengidentifikasi apakah kekhawatiran kita realistis atau sebaliknya. Setelah itu, lalui kekhawatiran yang realistis dan temukan solusi untuknya. Namun perlu diingat, selain periode khawatir khusus, sisa hari merupakan zona bebas khawatir. Jadi, setiap pikiran atau kekhawatiran yang masuk ke dalam pikiran kita selama zona bebas khawatir harus ditangani hanya pada periode khawatir – PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Sumber : kompas.com

Rifan Bandung