PT Rifan – Tips Cari Kerja Di Tengah Pandemi Covid 19

Tips Cari Kerja Di Tengah Pandemi Covid 19 – PT Rifan

PT RIFAN BANDUNG – Mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 terbilang susah-susah gampang.

Menurut konsultan karir Danielle Beauparlant Moser, sebagian besar perusahaan mungkin tidak banyak membuka lowongan saat ini. Namun, tetap ada kok perusahaan yang menerima karyawan baru.

“Perusahaan mungkin belum bisa merekrut karena mereka mencoba mencari ide untuk melakukan bisnis secara virtual, tetapi mereka akan merekrut. Orang-orang yang melanjutkan membangun hubungan dan berbagi ide akan berada dalam posisi yang lebih baik saat perusahaan mulai merekrut,” kata Danielle.

Berikut adalah tips yang akan membantu Anda mencari pekerjaan selama pandemi menurut The Muse.

1. Pertimbangkan Seberapa Mendesaknya Pencarian Anda

Nancy Halpern, pendiri Political IQ, sebuah firma konsultan kepemimpinan berbasis di Manhattan mengatakan bahwa jika saat ini Anda bekerja, maka pikirkan tentang bagaimana membuat pekerjaan Anda lebih sesuai.

Dan, jika Anda tidak bekerja, jangan menganggap pekerjaan Anda berikutnya sebagai pekerjaan yang sempurna. Sebab mungkin itu adalah jangka pendek.

Jika Anda menganggur, maka pertimbangkan untuk mencari pekerjaan di mana pun untuk menemukan peluang sementara.

2. Terapkan Jaringan Serba Online

Pekerjaan saat ini lebih banyak dilakukan secara online, terutama untuk mendukung proses pemulihan pandemi. Itu artinya Anda perlu mencari strategi jaringan baru.

Carilah profesional yang berpikiran sama secara online dan tanyakan tentang acara virtual. Cari grup profesional untuk bergabung di Facebook dan LinkedIn.

Kedua platform menawarkan berbagai opsi dengan grup untuk setiap profesi. Misalnya, jika Anda mencari pekerjaan di bidang pemasaran, Anda dapat bergabung dengan grup Pemasaran Global dan Profesional Komunikasi LinkedIn.

3. Tetap jalin komunikasi

Mungkin Anda baru-baru ini mendapatkan wawancara yang menjanjikan dan tawaran pekerjaan sepertinya akan segera tiba, tetapi sekarang perusahaan telah beralih ke pekerjaan jarak jauh dan Anda belum mendengar kabar dari manajer perekrutan.

Bila terjadi demikian, hubungi manajer perekrutan melalui email, guna mengetahui bahwa mereka mungkin berusaha keras untuk membantu karyawan mereka terbiasa dengan pengaturan baru, kata Moser.

Pastikan Anda juga menunjukkan sikap yang bijaksana. Idenya adalah untuk terhubung dengan orang-orang dan menjalin komunikasi baik.

“Jaringan harus didorong oleh apa yang dibutuhkan perusahaan dan bagaimana itu cocok dengan negara adidaya Anda. Ini juga merupakan kesempatan untuk menunjukkan seperti apa Anda nantinya,” ungkap Moser.

4. Kumpulkan informasi

Krisis COVID-19 dapat memberikan gambaran unik tentang budaya perusahaan. Perhatikan bagaimana kepemimpinan menangani keadaan darurat ini dan memperlakukan karyawannya dengan mengikuti perusahaan di media sosial dan mengamati liputan media apa pun, kata Heidi Parsont, CEO dan pendiri TorchLight Hire di Alexandria, VA.

Misal, apakah perusahaan mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah? Apakah mereka mendukung pekerja dengan cara kreatif lainnya? Apakah mereka memberhentikan staf?

Ketika Anda memiliki kesempatan untuk wawancara, Anda akan dapat menunjukkan bahwa Anda memahami kekhawatiran yang dimiliki kepemimpinan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari pandemi ini, katanya.

5. Gunakan waktu yang baik

Pencari kerja sering kali melompat pada kesempatan pertama yang tersedia atau pergi ke pencarian mereka tanpa sepenuhnya mempertimbangkan apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Manfaatkan pasar kerja yang melambat dengan mendapatkan kejelasan tentang di mana Anda ingin bekerja dan jenis peran dan jabatan yang Anda cari.

Buatlah dokumen satu halaman yang mencantumkan industri target, perusahaan, jabatan, dan apa pun yang Anda cari. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa Anda harus mendaftar ke setiap postingan yang Anda lihat yang memenuhi beberapa atau semua kriteria Anda.

6. Tingkatkan keterampilan Anda

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk bekerja meningkatkan kualifikasi Anda. Analisis deskripsi pekerjaan dengan mencantumkan setiap keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan.

Kemudian pertimbangkan apakah Anda memiliki keterampilan yang tepat, apakah Anda memiliki keterampilan tetapi belum menggunakannya, atau jika Anda tidak memiliki keterampilan sama sekali.

Gunakanlah informasi tersebut untuk menentukan apa yang perlu Anda pelajari untuk menjadikan diri Anda kandidat yang lebih baik ketika pasar kerja kembali meningkat – PT RIFAN

Sumber : cnbcindonesia.com

Rifan Bandung